Adik Jokowi dan Ketua MK Langsung Dapat E-KTP dan KK Baru Usai Menikah

Oleh Liputan6.com pada 26 Mei 2022, 20:05 WIB
Diperbarui 26 Mei 2022, 20:05 WIB
Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin menghadiri pernikahan Ketua MK Anwar Usman dengan Idayati di Solo, Jawa Tengah, Kamis (26/5/2022). Idayati merupakan adik Jokowi. (Sumber Foto: Sekretariat Wakil Presiden)
Perbesar
Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin menghadiri pernikahan Ketua MK Anwar Usman dengan Idayati di Solo, Jawa Tengah, Kamis (26/5/2022). Idayati merupakan adik Jokowi. (Sumber Foto: Sekretariat Wakil Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman telah mempersunting adik Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Idayati. Pernikahan Anwar Usman dan Idayati digelar di Gedung Graha Saba Buana, Kota Solo, Jawa Tengah, hari ini, Kamis (26/5/2022).

Usai menikah, kedua mempelai langsung mendapat KTP elektronik atau E-KTP dan Kartu Keluarga (KK) baru. Dokumen kependudukan itu diterbitkan langsung oleh Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surakarta.

Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudan Arif Fakrulloh yang menyerahkan langsung dokumen kependudukan baru itu kepada kedua mempelai. Penyerahan E-KTP dan KK baru itu disaksikan langsung oleh Presiden Jokowi.

"Terima kasih Kadis Dukcapil Surakarta Mas Pramono yang menyiapkan masing-masing KTP-el dengan status menikah serta KK baru bagi Ketua MK Pak Anwar Usman dan Ibu Idayati," kata Zudan dikutip dari siaran pers, Kamis (26/5/2022).

Menurut Zudan, penerbitan dokumen kependudukan dalam waktu cepat dan proaktif ini sudah sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Menurutnya, layanan berkarakter proaktif itu visioner atau memiliki visi jauh ke depan.

Dia menyebut petugas Dukcapil yang proaktif dan responsif adalah kunci dari kinerja layanan yang tinggi.

"Tak hanya reaktif menunggu perintah atasan, tapi bergerak melayani tanpa diminta. Ini jiwa pelayanan yang harus dimiliki oleh jajaran Dinas Dukcapil di mana pun," katanya.

Sementara Anwar Usman menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Dukcapil. Dirinya tak menyangka begitu cepat mendapatkan dokumen kependudukan usai menikah.

Akad nikah adik Jokowi dan Anwar Usman digelar tadi pagi pukul 09.00 WIB. Presiden Jokowi bertindak sebagai wali adiknya. Sementara Wakil Presiden Ma'ruf Amin hadir sebagai saksi mempelai wanita, Panglima TNI Andika Perkasa sebagai saksi dari pihak laku-laki.

 

Reporter: Titin Supriatin

Merdeka.com

 


Wapres dan Panglima TNI Jadi Wali Pernikahan

Pernikahan Adik Jokowi dan ketua Mk
Perbesar
Prosesi ijab qabul per ikahan adik Presiden Jokowi, Idayati dengan Ketua MK, Anwar Usman.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin beserta Ibu Wury Ma'ruf Amin menghadiri pernikahan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dengan Adik Presiden Joko Widodo, Idayati, di Solo, Kamis (26/5/2022).

Sekitar pukul 09.00 WIB, Wapres Ma'ruf tiba di Gedung Graha Saba Buana, Jalan Letjen Suprapto Nomor 80 B, kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Wapres mengenakan setelan jas hitam dan kemeja putih berbalut dasi merah.

Wapres Ma'ruf bertindak sebagai saksi pernikahan mempelai wanita yakni adik Jokowi, sedangkan tampak Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang menjadi saksi pernikahan dari mempelai pria yakni Ketua MK.

Prosesi akad nikah diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al- Qur'an yang dilakukan oleh Agus Maarif, dan bertindak sebagai penghulu M. Arba'in Basyar, serta nasihat pernikahan diberikan oleh Nasaruddin Umar.

Acara yang berlangsung hangat dan khidmat ini turut disaksikan oleh Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo.

Usai memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai, Wapres Ma'ruf beserta Ibu Wury Ma'ruf Amin beranjak ke bandara untuk kembali ke Jakarta.


Sah, Ketua MK dan Adik Jokowi Jadi Suami Istri

6 Momen Pernikahan Adik Presiden Jokowi dan Ketua MK, Digelar di Yogyakarta
Perbesar
Anwar Usman dan adik Presiden Joko Widodo, Idayati, menikah hari ini. (Sumber: Instagram/weddingorganizer_pengantinprod)

Kebahagiaan sedang dirasakan oleh adik Presiden Jokowi, Idayati dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman. Keduanya kini telah resmi menjadi pasangan suami istri setelah melangsungkan akad nikah di gedung Graha Saba Buana, Solo, Kamis (26/5/2022), sekitar pukul 10.00 WIB.

Dalam acara akad nikah tersebut, selain dihadiri putra dan putri kedua pengantin, keluarga, kerabat, hadir pula sejumlah tamu undangan dan pejabat negara. Presiden Jokowi hadir menjadi wali nikah dari adiknya, Idayati. Sedangkan Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin hadir menjadi saksi dari calon pengantin perempuan.

 Tak hanya itu, Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa turut hadir untuk menjadi saksi pernikahan. Menantu Hendropriyono itu bertugas menjadi saksi untuk calon pengantin laki-laki, Anwar Usman.

Mengenakan pakaian adat Jawa, keduanya tampat serasi bersanding saat prosesi ijab kabul. Dengan sekali tarikan napas, Anwar Usman berhasil mengucapkan janji suci di hadapan penghulu, saksi, dan tamu undangan yang hadir. Penghulu yang menikahkan keduanya merupakan Kepala KUA Banjarsari, Arbain Basyar.

"Saudara Prof Dr H Anwar Usman SH MH bin H Usman saya nikahkan dan saya jodohkan dengan saudari perempuan saya Idayati binti Notomohiharjo nikah dengan engkau dengan maskawin seperangkat alat salat dan sebuah jam tangan dibayar tunai," kata Presiden Jokowi yang menjadi wali nikah Idayati.

"Saya terima nikahnya dan jodohnya Idayati binti Notomiharjo dengan mahar tersebut tunai," timpal Anwar Usman

Saksi nikah pengantin perempuan KH Ma'ruf Amin dan saksi pengantin pria Jenderal Andika Perkasa menyatakan sah. pasangan adik Jokowi dan Ketua MK kini telah resmi menjadi pasangan suami istri.


Para Pejabat dan Elite Parpol Foto Bareng Pengantin

Adik Presiden Jokowi, Idayati dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman sah menjadi suami istri.
Perbesar
Adik Presiden Jokowi, Idayati dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman sah menjadi suami istri.

Adik Presiden Jokowi, Idayati dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman sah menjadi suami istri. Keduanya sudah melangsungkan akad nikah di gedung Graha Saba Buana, Solo, Kamis (26/5/2022), sekitar pukul 10.00 WIB.

Selain dihadiri keluarga, kerabat dekat, akad nikah turut dihadiri pejabat negara. Adapun Presiden Jokowi hadir menjadi wali nikah dari adiknya, Idayati. Sedangkan Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin hadir menjadi saksi dari calon pengantin perempuan. Sementara, Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa turut hadir untuk menjadi saksi pernikahan dari pengantin laki-laki, Anwar Usman.

Pantauan dari siaran langsung televisi, para tamu undangan nampak berfoto bersama pengantin baru. Nampak Menhan Prabowo bersama Sekjen Gerindra Ahmad Muzani berfoto bersama Idayati dan Anwar. Selain itu nampak pula Ketua KPK dan istri berfoto bersama pengantin.

Tak hanya foto sendiri-sendiri, para jajaran pejabat negara dan politikus juga nampak foto bersama pengantin. Di antara yang ikut bergabung foto bersama adalah Menkeu Sri Mulyani, Ketua Umum NasDem Surya Paloh, Menparekraf Sandiaga Uno hinvva MenpanRB Tjahjo Kumplo nampak kompak berfoto dan menunjukkan tangan berbentuk hati.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya