Sukses

Libur Kenaikan Isa Almasih, Monas Diserbu Pengunjung tapi Masih Tutup

Kawasan Monas, Jakarta Pusat diserbu wisatawan dari berbagai daerah, mulai dari Sulawesi hingga Sumatera pada libur Kenaikan Isa Almasih. Namun para pengunjung kecewa karena Monas masih ditutup untuk masyarakat umum.

Liputan6.com, Jakarta - Momen libur nasional dalam rangka memperingati Kenaikan Isa Almasih pada hari ini, Kamis (26/5/2022) dimanfaatkan sebagian masyarakat yang tak merayakan untuk berlibur ke tempat wisata. Salah satunya ke Tugu Monumen Nasional (Monas).

Kawasan wisata Monas yang terletak di Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat ini selalu menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk mengisi waktu libur. Tak hanya oleh warga lokal, ikon Ibu Kota ini juga sangat diminati oleh wisatawan dari luar Jakarta.

Namun sayangnya, hingga saat ini kawasan Monas masih ditutup untuk masyarakat umum akibat pandemi Covid-19.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, sejumlah wisatawan yang sudah terlanjur datang ke kawasan Monas hanya bisa berkeliling dan berfoto di depan gerbang pintu masuk.

Laini, salah satu wisatawan dari Tanjung Priok, Jakarta Utara mengaku tidak mengetahui informasi bahwa Monas masih ditutup untuk kunjungan wisata. 

"Iya tidak tahu, padahal saya datang jauh-jauh cuma buat liburan, bawa anak liburan, ternyata tutup," kata Laini kecewa saat ditemui di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis siang.

Begitu pula dengan Hafid. Wisatawan asal Kota Makassar, Sulawesi Selatan yang datang bersama istrinya ini mengaku kecewa karena Monas masih ditutup untuk kunjungan wisata. Padahal sejumlah tempat wisata di Ibu Kota sudah kembali beroperasi sejak lama.

"Saya kecewa ya karena yang saya tahu itu Covid-19 sudah menurun kondisinya. Ini saja saya buka masker, saya ingin merdeka, bebas," kata Hafid.

Hafid mengaku baru mengetahui informasi Monas ditutup setelah bertanya pada petugas Pembinaan dan Pengamanan Dalam (PAMDAL).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diserbu Wisatawan dari Makassar hingga Sumatera

Petugas PAMDAL, Hendrawan mengatakan, pihaknya belum mengetahui informasi pasti kapan Monas akan dibuka untuk kunjungan wisata.

Dia menjelaskan pada libur nasional atau tanggal merah seperti hari ini, kunjungan wisatawan memang lebih meningkat dibanding hari biasa. Bahkan tak sedikit wisatawan yang datang dari luar Kota Jakarta.

"Hari ini memang cukup ramai, ada yang dari Makassar, Sumatera tapi banyak yang tidak mengetahui Monas ditutup. Jadi tadi banyak yang nanya kenapa Monas ditutup, gitu," kata Hendrawan.

Namun PAMDAL Monas tidak merekap jumlah pengunjung yang mendatangi ikon Ibu Kota ini pada hari libur Kenaikan Isa Almasih. Mengingat para wisatawan tidak sampai masuk ke area Monas.

3 dari 3 halaman

Wagub DKI Ingin Kembali Buka Monas untuk Wisata

Pemerintah Provinsi atau Pemprov DKI Jakarta berharap bisa membuka kembali kawasan Monumen Nasional (Monas) untuk masyarakat umum. Saat ini, Pemprov DKI masih berupaya untuk mewujudkannya.

Namun, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengungkapkan, kapan tepatnya Monas kembali dibuka untuk masyarakat umum, belum dapat dipastikan.

"Pokoknya Pemprov akan mengupayakan sebaik mungkin, secepat mungkin berbagai fasilitas yang ada yang dimiliki oleh Pemprov yang dapat dipergunakan untuk kepentingan masyarakat yang positif ya," kata Wagub DKI Riza Patria, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (24/5/2022).

Riza menuturkan, kenginannya itu terkait dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Dia menambahkan, sejumlah kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak masih dalam tahap penyesuaian oleh Pemprov DKI Jakarta, termasuk salah satunya segi pariwisata.

"Penyesuaian-penyesuaian, silakan nanti tanya dinas-dinas terkait ya. Pokoknya tanya sama dinas terkait, umpamanya tadi pariwisata ini sedang dirumuskan, ya segera," jelas Riza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.