Sukses

Uya Kuya Ungkap Alasan Laporkan Medina Zein ke Polisi: Biar Jera dan Tobat

Uya Kuya telah diperiksa sebagai saksi pelapor oleh penyidik Polda Metro Jaya atas laporannya terhadap Medina Zein terkait kasus dugaan penipuan jual beli mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Artis Surya Utama atau yang akrab dipanggil Uya Kuya menempuh jalur hukum terkait dugaan penipuan yang dilakukan selebgram Medina Zein ketika proses jual-beli mobil. Uya Kuya pun mengungkap alasannya.

"Saya bicara di sini karena saya diancam, digertak dan ternyata banyak korban lain mengalami hal yang sama di situ tergerak. Ini tidak bisa dibiarin harus ada efek jera," kata Uya Kuya di Polda Metro Jaya, Rabu (25/5/2022).

Uya menerangkan, tindakan Medina Zein harus mendapat perhatian. Uya khawatir jika dibiarkan semakin banyak orang yang menjadi korban penipuan.

"Karena kalau enggak sampai kapan dia akan melakukan hal ini berulang-ulang ke orang lain. Biar ada efek jera, biar bisa tobat biar bisa hidup normal jangan menipu lagi," ucap Uya Kuya.

Uya Kuya didampingi istrinya Astrid Kuya diperiksa sebagai pelapor hari ini, Rabu (25/5/2022). Uya mengaku tak mengingat jumlah pertanyaan yang dilontarkan penyidik. Adapun, materi seputar kronologis sampai terjadinya tindak pidana penipuan.

"Banyak banget pertanyaanya yang berhubungan kronologis seperti di mana kenal mbak MZ. Saya pikir singkat ternyata ditanya sangat detail," ujar dia.

Uya mengungkap, kerugian yang ditanggung akibat ulah Medina Zein mencapai Rp 100 juta. Adapun, bukti dugaan terjadi penipuan juga telah diserahkan kepada penyidik.

Uya membeberkan bukti yang diserahkan ke polisi antara lain berupa surat perjanjian, bukti transfer, bukti chat dan rekaman pembicaraan suara antara dirinya dengan Medina Zein, dan rekening koran bank.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukti Transfer Palsu

"Saat transfer down payment (dp) dan MZ berikan saya bukti transfer Rp 100 juta ternyata palsu. Saya sudah cek pada jam yang sama tidak ada transfer yang masuk," ujar dia.

Uya meyakini, penyidik Polda Metro Jaya akan bersikap profesional menangani persoalan ini. Uya juga tak berharap uang yang sempat disetorkan ke rekening Medina Zein bisa kembali.

"Saya yakin Polda Metro terbaik dan profesional saya yakin kasus berjalan dengan sebagaimana mestinya saya yakin. Kalaupun masalah uang saya balik engga, saya tidak peduli. Kita serahkan ke polisi dan saya yakin polisi bisa menanggani kasus ini dan juga menjalankan kasus secara profesional," ujar dia.

Saat dikonfirmasi, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Auliansyah Lubis membenarkan adanya pemeriksaan Uya Kuya sebagai pelapor dugaan penipuan yang menjerat Medina Zein. "Iya mas (ada pemeriksaan Uya Kuya)," ucap Auliansyah saat dihubungi.

 

3 dari 3 halaman

Laporan Penipuan Jual Beli Mobil

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan membenarkan terkait laporan yang dilayangkan Uya Kuya terhadap Medina Zein. Dia mengatakan, kaitannya dengan dugaan penipuan.

Zulpan menerangkan, Uya Kuya bersama Medina Zein terlibat perjanjian jual-beli mobil. Ketika itu, Uya Kuya telah menyetorkan uang sejumlah Rp150 juta

"Namun ternyata tidak terjadi jual-beli mobil tersebut sementara uangnya sudah ditransfer. Itu yang dilaporkan kurang lebih 4 hari lalu," ujar dia, Kamis (19/5/2022).

Zulpan mengatakan, laporan sedang ditelaah oleh penyidik. Tak menutup kemungkinan, pelapor akan dimintai keterangan.

"Ya tentu nanti akan dipelajari data-data lengkap, alat bukti lengkap nanti akan diagendakan," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.