Sukses

Evaluasi Mudik Lebaran, Jokowi Minta Rekayasa Lalu Lintas Diperbaiki

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pelaksanaan mudik Lebaran 2022 berjalan dengan lancar.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pelaksanaan mudik Lebaran 2022 berjalan dengan lancar. Kendati begitu, dia menilai masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki agar mudik lebaran tahun depat dapat berjalan lebih baik lagi.

Salah satu yang harus diperbaiki yakni, soal manajemen rekayasa lalu lintas. Mulai dari, manajemen ganjil genap, one way, hingga contra flow di jalan tol maupun non tol.

"Terus kita perbaiki, kita sempurnakan manajemen rekayasa lalu lintas, mulai dari manajemen ganjil-genap, one way, contraflow, di jalan tol maupun di nontol sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan dan juga tersedianya rest area yang representatif dan mencukupi jumlahnya," jelas Jokowi saat memimpin rapat terbatas evaluasi mudik, sebagaimana dilihat di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (25/5/2022).

Selain itu, dia meminta jajarannya untuk memperluas kapasitas pengangkutan kendaraan menuju pelabuhan penyebrangan. Kemudian, Jokowi memerintahkan agar waktu antre kendaraan untuk naik angkutan penyeberangan dipangkas.

"Juga penambahan kapal penyeberangan dan perluasan dermaga yang pada seperti di Pelabuhan Merak, ini harus dilihat secara detail lagi," ujarnya.

Jokowi juga mengingatkan para menteri terkait unruk memperhatikan jalan non tol di jalur selatan secara lebih detail. Menurut dia, sarana prasarana, SPBU, penerangan dan rest area di jalur selatan harus disiapkan untuk mudik Lebaran 2023.

Disisi lain, dia meminta fasilitas di bandara, pelabuhan, statiun, dan terminal diperbaiki. Khususnya, fasilitas rest area serta penambahan kapasitas angkutan kereta api saat mudik.

"Kemudian juga maksimalkan pelaksanaan mudik gratis. Saya rasa kalau ini dilakukan, tahun depan kita akan lebih baik lagi," tutur Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tambah Rest Area

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa pemerintah akan membangun 10 rest area di jalan tol rute Jakarta-Semarang. Dia menyebut ada 100 hektare lahan yang bisa dibangun rest area sebagai lokasi masyarakat beristirahat saat mudik.

"Tentang titik-titik rest area kami usulkan yang dari Jakarta sampai ke Semarang dulu karena kalau yang di sana tidak ada hal tertentu yang masalah. Jadi kami perhatikan pada saat kami melaju ke Semarang atau dari Semarang ke sini kelihatan sekali masih banyak tanah-tanah kosong," ungkap Budi Karya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (24/5/2022).

"Kalau itu dilakukan pembebasan pasti memberikan keuntungan bagi developer itu nanti akan menjadi satu properti yang menguntungkan secara integrated terhadap jalan tol," sambung dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Mudik lebaran adalah tradisi pulang kampung yang dilakukan menjelang Hari Raya Idulfitri.

    Mudik Lebaran