Sukses

Cara BNPT Rayakan HUT Mendapat Apresiasi

Dia mengatakan, BNPT dengan cara sederhana, namun tepat telah melakukan ajakan kepada masyarakat seluas-luasnya untuk berpartisipasi pada acara ulang tahun lembaga tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Para pegiat media sosial (medsos) menyambut antusias ajakan terbuka Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) kepada masyarakat luas untuk berpartisipasi dalam 'Kompetisi Desain Maskot BNPT'.

Mereka umumnya mengatakan, cara BNPT untuk melibatkan seluas-luas peran serta publik dalam acara yang digelar untuk menyambut HUT ke-12 BNPT, 16 Juli mendatang, itu merupakan cara cerdas dan kreatif. Salah satu pegiat medsos, Nirmala Firdaus, mengaku sangat antusias dengan kegiatan tersebut.

Dia mengatakan, BNPT dengan cara sederhana, namun tepat telah melakukan ajakan kepada masyarakat seluas-luasnya untuk berpartisipasi pada acara ulang tahun lembaga tersebut.

"Apalagi, caranya pun tidak rumit, sangat sederhana. Tetapi dengan cara sederhana pula masyarakat bisa mengenal BNPT melalui situs, media sosial yang dimiliki BNPT, bahkan BNPT TV," ujar Ketua Garuda Siber NKRI, Nirmala, dalam keterangannya, seperti dilansir Antara.

Garuda Siber NKRI merupakan lembaga yang banyak berperan mengangkat di media sosisl isu-isu toleransi, persatuan bangsa dalam bingkai NKRI, sosial kemasyarakatan, masalah kenegaraan dan partisipasi masyarakat tersebut. Hal itu ditunjukkan Nirmala dengan membuktikan efektifnya cara-cara gampang sebagai syarat keikutsertaan masyarakat dalam lomba yang menjanjikan banyak hadiah menarik tersebut.

"Misalnya, peserta diminta mem-follow dan subscribe akun media sosial resmi BNPT, akun Youtube Humas BNPT serta BNPT TV," kata dia.

"Itu artinya membuka kesempatan agar media-media penting diseminasi informasi BNPT tersebut dikunjungi, dikenal dan pada gilirannya menjadi saluran informasi tepercaya di masyarakat," tambahnya.

Nirmala yakin, kesan pertama publik terhadap akun-akun media sosial BNPT tersebut akan membuat mereka menjadi follower akun-akun itu.

"Pasalnya, akun-akun medsos BNPT, mulai dari Instagram, akun YouTube dan BNPT TV, penuh dengan konten-konten yang kreatif dan menarik, sehingga informasi yang hendak disampaikan BNPT pun sampai dan tertanam secara efektif dan kognisi pemirsa," ucap Nirmala.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hari Kebangkitan Nasional

Ia mengaku wajibnya peserta untuk mem-follow akun medsos BNPT itu sebagai langkah cerdas, karena akan membuat publik mengenal lebih dulu akun-akun tersebut.

"Jadi, dengan menariknya konten di akun-akun itu, memang yang diperlukan hanyalah kesan pertama. Selanjutnya masyarakat sendiri akan enjoy dengan konten-konten kreatif di akun-akun medsos tersebut," ujarnya.

Tidak hanya dikenal sebagai pegiat medsos yang antusias, Nirmala sendiri dikenal sebagai aktivis yang penuh kreativitas. Misalnya, pada 20 Mei lalu, bersama Forum Relawan, Nirmala sebagai Ketua Panitia menggelar perayaan Hari Kebangkitan Nasional di Monumen Kebangkitan Nasional, Solo.

Perayaan Kebangkitan Nasional diyakini Nirmala merupakan tonggak sejarah awal dari kesadaran bahwa Indonesia merupakan bangsa yang bersatu dan besar.

"Kita juga harus mengingat semangat pantang menyerah para pejuang kebangsaan terdahulu dan menerapkanya pada masa kini untuk bangkit dari pandemi dan krisis multidimensi yang sedang melanda dunia," kata Nirmala saat itu.

Tidak hanya dihadiri perwakilan dari berbagai organisasi relawan seluruh Indonesia, acara tersebut merangkum ribuan peserta karena juga disiarkan secara daring.

Yang sangat pas dengan kondisi saat ini, puncak acara peringatan tersebut diisi dengan pembacaan pernyataan sikap yang antara lain menegaskan tekad untuk menjunjung kebhinekaan bangsa Indonesia dan menolak segala macam bentuk intoleransi.

Sebagaimana diberitakan banyak media massa arus utama, dalam rangkaian peringatan HUT ke-12, BNPT antara lain menggelar Kompetisi Desain Maskot BNPT. Desain dan model maskot tersebut disyaratkan harus memiliki makna tentang toleransi, persatuan dan Indonesia yang penuh harmoni. Salah satu persyaratannya adalah mem-follow akun-akun media sosial BNPT yang akan membuka intensi lebih jauh antara masyarakat dengan lembaga negara tersebut.

Sumber: Antara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.