Sukses

Formula E Jadi Rangkaian Jakarta Hajatan, Anies: Pesan DKI Ikut Kurangi Emisi Karbon

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menanggapi soal Formula E yang masuk dalam salah satu rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495. Anies menjelaskan masuknya gelaran balap itu akan menjadi pesan keikutsertaan Ibu Kota dalam upaya meminimalisir polusi udara.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menanggapi soal Formula E yang masuk dalam salah satu rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495. Anies menjelaskan masuknya gelaran balap itu akan menjadi pesan keikutsertaan Ibu Kota dalam upaya meminimalisir polusi udara.

"Jadi event Formula E adalah pesan kepada kita dan pesan kepada dunia bahwa kami penduduk Jakarta ikut ambil tanggung jawab mengurangi emisi karbon di udara," kata Anies di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Selasa (24/5/2022).

"Sehingga kita bersama-sama, dengan penduduk dunia lainnya ambil tanggung jawab di dalam menghadapi global warming dan climate change," lanjut Anies.

Selain itu perhelatan Formula E, lanjut Anies, juga akan mengirimkan pesan bahwa Jakarta tengah mempersiapkan diri menjadi kota modern.

"Event Formula E mengirimkan pesan bahwa Jakarta bersiap untuk menjadi kota modern yang lingkungan hidupnya bersih karena mobilitas penduduknya mengandalkan kendaraan umum yang berbasis energi listrik," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tenaga Listrik

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyebutkan saat ini beberapa transportasi umum di Jakarta sudah menggunakan tenaga listrik. Dia berharap jumlahnya akan bertambah dari tahun ke tahun.

"Sekarang di Jakarta kita sudah ada 30 bus yang menggunakan tenaga listrik dan harapannya ke depan, tahun ini nanti bisa 100 bus bertenaga listrik. Dan nanti di akhir 2030 seluruh armada angkutan umum kita menggunakan listrik," katanya.

3 dari 3 halaman

Lancar

Dia berharap agar Formula E yang diselenggarakan 4 Juni 2022 mendatang dapat berlangsung lancar. Sebab, mata dunia akan tertuju ke Indonesia khususnya Jakarta saat gelaran balap mobil listrik itu.

"Harapannya berjalan lancar sukses. Nama baik Indonesia berada di dalam kancah dunia. Ini adalah kesempatan dimana dunia menyaksikan Jakarta, menyaksikan Indonesia. Kita ingin menjadi tuan rumah yang baik. Kita ingin menunjukan kepada semua bahwa Jakarta sudah bersiap untuk memasuki era baru, dimana kita menggunakan energi terbarukan untuk mobilitas," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.