Pemprov DKI Jakarta Menyediakan Paket di Pulau Bidadari untuk Digital Nomad

Oleh Winda Nelfira pada 24 Mei 2022, 20:59 WIB
Diperbarui 24 Mei 2022, 20:59 WIB
Sudut-Sudut Eksotis dalam Benteng Martello di Pulau Bidadari
Perbesar
Benteng Martello di Pulau Bidadari. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mempromosikan bahwa kawasan Kepulauan Seribu bisa menjadi opsi pilihan sebagai tempat bekerja secara daring sekaligus berwisata (digital nomad) yang kini mulai berkembang dan menjadi tren di masyarakat.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata menambahkan pihaknya bersama dengan manajemen Pulau Bidadari sudah menyiapkan sejumlah paket liburan seperti one day one trip untuk berlibur sambil bekerja.

"Nah paketnya itu pertama tentunya dapat fasilitas long trip boat dan dapat memutari pulau sejarah Cipir, Onrust, Kelor dan juga disini kita fasilitasi untuk kebutuhan akomodasi," kata Andhika, di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Selasa (24/5/2022).

Paket ini, lanjut dia, kelak bisa didapat melalui platfrom yang akan disediakan Dinas Pariwisata dan Manajemen Pulau Bidadari. Nantinya juga akan disediakan satu fitur dengan konsep Nomad Island.

Andhika menjelaskan bahwa lima hari ke depan usai pencanangan ini, akan membawa para influencer dan para nomaden untuk bekerja di Pulau Bidadari.

"Jadi benar-benar ini kita aktivasi menjadi salah satu spot untuk bekerja sambil leisure-nya. Dan juga ini searah dan selaras dengan kebijakan bekerja, bahkan sekarang sudah ada istilah work from anywhere seperti itu kan. Dan jadi memang Pemprov-nya harus memberi contoh terlebih dahulu seperti itu," kata dia.

 


Anies Baswedan Promosikan Kepulauan Seribu

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mempromosikan bahwa kawasan Kepulauan Seribu bisa menjadi opsi pilihan sebagai tempat bekerja secara daring sekaligus berwisata (digital nomad) yang kini mulai berkembang dan menjadi tren di masyarakat.

"Digital nomad Ini entitas baru, ini unik, mereka bekerja tetapi gak terbatas lokasi. Kami ingin mereka memiliki produktivitas tinggi dan mobilitas tinggi itu bisa memanfaatkan Kepulauan Seribu," kata dia saat acara pembukaan Jakarta Hajatan, di Pulau Bidadari, Selasa (24/5/2022).

Menurutnya, saat ini Jakarta termasuk dengan wilayah Kepulauan Seribu telah memiliki beragam fasilitas yang cukup untuk menunjang para Digital Nomad.

"Jad ketika ingin kerja dari pulau enggak perlu jauh-jauh tinggal 30 menit ketika kita mau kerja, digital nomad ini para nomaden ini ketika beraktivitas dengan suasana beda maka datanglah ke Kepulauan Seribu," ujar Anies.

 


Dapat Pilih Pulau

Dia memaparkan, dari 111 pulau yang ada, para digital nomad ini dapat memilih 11 pulau berpenduduk, serta 7 pulau untuk kegiatan wisata guna mengisi waktu senggang saat kerja.

"Intinya enggak perlu jauh-jauh akan dapatkan suasana baru dan biaya murah, waktu singkat, living expenses atau biaya tinggal terjangkau, jadi dapat suasana baru produktivitas tinggi, biaya murah," ucap Anies.

Disamping itu, Anies juga menambahkan pihaknya menyiapkan sekitar 9.000 titik jaringan internet gratis di seluruh Jakarta termasuk kawasan wisata di Kepulauan Seribu.

"Kedua di Jakarta kita bangun fasilitas wifi ada 9.000 titik di Jakarta itu free akses internet. Bisa akses seluruh kota, di sisi lain warga punya smart handphone itu 100 persen memiliki," tuturnya.

"Jadi warga punya hp masalahnya di pulsa. kita siapkan free wifi. Ini dikebut ketika pandemi masyarakat harus kerja dari rumah, kami turun tangan menyiapkan akses 9000 titik gratis. Masyarakat tinggal datangi titik itu untuk jual beli jual produk, kirim pekerjaannya," sambungnya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya