Sukses

Car Free Day di Kota Bekasi Kembali Digelar pada 29 Mei 2022

Masyarakat di Kota Bekasi diimbau tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) selama berlangsungnya kegiatan car free day ata CFD.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi bakal kembali menggelar car free day (CFD), setelah sempat dihentikan selama kurang lebih dua tahun akibat pandemi Covid-19. Kegiatan ini digelar menyusul dikeluarkannya kebijakan lepas masker di ruang terbuka.

CFD telah dilangsungkan di DKI Jakarta pada Minggu 22 Mei 2022. Sedangkan di Kota Bekasi, CFD rencananya mulai digelar akhir pekan ini, tepatnya Minggu 29 Mei 2022.

"Mudah-mudahan karena DKI juga sudah melaksanakan, kemudian kita masih dalam wilayah aglomerasi, segera kita buka untuk CFD di Kota Bekasi," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Yayan Yuliana, Selasa (24/5/2022).

Menurut Yayan, pihaknya masih membahas lebih lanjut terkait persiapan dan teknis pelaksanaan CFD sehingga nantinya tidak menjadi wadah penyebaran Covid-19.

"Untuk pelaksanaan kita sedang bahas secara internal. Kita sedang kaji dari segi kesehatan, dari segi lainnya," ujar dia.

Yayan pun mengimbau agar masyarakat Kota Bekasi tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) selama berlangsungnya kegiatan CFD. Pasalnya, kegiatan ini akan melibatkan massa dalam jumlah besar, sehingga diperlukan kepatuhan prokes.

"Kalau memang memungkinkan untuk dilaksanakan, insyaallah akan kita laksanakan CFD Minggu ini (29/5)," tandasnya.

Kegiatan CFD di Kota Bekasi, dilangsungkan setiap hari Minggu di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bekasi Selatan. Penutupan jalan akan dilakukan di sepanjang Flyover Summarecon hingga Simpang BCP.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Car Free Day Jakarta

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan kembali memberlakukan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) mulai Minggu, 22 Mei 2022.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, CFD kali ini akan dilaksanakan dengan pola terbatas.

"Dalam rangka meningkatkan kualitas udara Jakarta, maka Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) akan kembali dilaksanakan dengan pola terbatas. Pelaksanaan dimulai hari Minggu, 22 Mei 2022, pukul 06.00 – 10.00 WIB," kata Syafrin dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/5/2022).

Dia menjelaskan teknis pelaksanaan HBKB terbatas di Jakarta nantinya hanya bisa diikuti oleh masyarakat untuk berolahraga. Sehingga tidak boleh ada aktivitas lain selain olahraga di area CFD.

"HBKB terbatas boleh dilakukan hanya untuk kegiatan olahraga," kata Syafrin.

Kadishub DKI memastikan bahwa di kawasan CFD nantinya dipastikan tidak akan ada kegiatan partisipan dan pedagang kaki lima.

Selain itu, pengunjung CFD diwajibkan untuk scan QR Code PeduliLindungi atau menunjukkan minimal Sertifikat Vaksin kedua.

Meski aturan pembatasan sudah longgar, Pemprov DKI Jakarta tetap mengimbau masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) seperti menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

"Seluruh masyarakat pengunjung HBKB yang akan beraktivitas di lokasi pelaksanaan HBKB terbatas agar memenuhi ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan untuk kebaikan bersama, serta kami imbau untuk tetap membawa masker untuk digunakan saat suasana sangat ramai," ucap Syafrin Liputo.

3 dari 4 halaman

Masyarakat Antusias Ikuti CFD Jakarta

Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau lebih dikenal Car Free Day (CFD) kembali diberlakukan di Jakarta hari ini, Minggu (22/5/2022). CFD dimulai pukul 06.00-10.00 WIB.

Ada enam titik yang dijadikan tempat CFD di Jakarta hari ini. Mengingat masih digelar dalam situasi Covid-19 masyarakat yang mengikuti CFD tetap diharuskan untuk mengikuti protokol kesehatan.

Berdasarkan pantauan, pelaksanaan CFD di Jalan Jenderal Sudirman – Jalan MH Thamrin berlangsung tertib dan menerapkan protokol kesehatan. Hanya sebagian kecil masyarakat yang terlihat tidak menggunakan masker.

Selain itu, juga tidak ditemukan pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang ruas Jalan Jendral Sudirman hingga Jalan MH Thamrin.

Masyarakat yang mengikuti CFD dari titik ini diharuskan untuk melakukan scan kode batang (QR Code) PeduliLindungi yang disiapkan Dishub Pemprov DKI Jakarta yang berjaga Di depan Bundaran Patung Kuda.

Meski harus menerapkan protokol kesehatan sedemikian rupa, masyarakat yang datang mengikuti CFD mengaku senang dan antusias. Tak sedikit dari mereka yang datang membawa serta seluruh anggota keluarga.

"Senang banget ya, karena kan kemarin-kemarin itu tidak bisa. Saya juga perginya ini bawa semuanya, anak sama suami," kata Laila, Minggu (22/5/2022).

4 dari 4 halaman

Polda Metro Ingatkan PKL Dilarang Berjualan di Area CFD Jakarta

Pemerintah Provinsi (Pemporv) DKI Jakarta menggelar perdana Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) dengan pola terbatas pada hari ini, Minggu (22/5/2022). CFD digelar di enam titik di Jakarta.

Mengingat digelar masih dalam situasi pandemi Covid-19, Pemprov DKI dan Kepolisian memutuskan melarang pedagang kaki lima (PKL) berjualan di kawasan CFD yang berlangsung dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB ini.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, bahwa HBKB di Jakarta hanya untuk masyarakat yang ingin berolahraga. Sedangkan pedagang masih belum diizinkan berjualan di area CFD.

"Ini masih terlarang untuk pedagang kaki lima (PKL). Jadi CFD hanya masyarakat yang mau berolahraga," ujar Sambodo kepada awak media, Minggu (22/5/2022).

Sambodo mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Dalam hal ini, kepolisian bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta akan memantau aktivitas masyarakat. Rencananya aplikasi PeduliLindungi akan dipasang di titik-titik HBKB.

"Kami akan memantau pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) nantinya mereka berolahraga tentu kalau ada yang berkerumun akan kita imbau untuk tetap menjaga prokes," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.