Moncer Pimpin BUMN, Erick Thohir Dinilai Bisa Kantongi Dukungan Partai

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 24 Mei 2022, 11:11 WIB
Diperbarui 24 Mei 2022, 13:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Perbesar
Menteri BUMN sekaligus Ketua Pelaksana KPC-PEN Erick Thohir menyambut kedatangan bahan baku vaksin Sinovac di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (31/5/2021). (Dok Kementerian Komunikasi dan Informatika)

Liputan6.com, Jakarta Komentar positif dari Ketua Pimpinan Pusat GP Ansor Sumantri Suwarno kepada Menteri BUMN Erick Thohir ditanggapi Pakar komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing. Menurut Emrus, pria karib disapa ET itu memang memiliki modal sebagai pemimpin ulung.

"Di bawah kepemimpinan Erick Thohir, saya pikir Menteri BUMN ini memiliki kepemimpinan yang tegas untuk menata Kementerian BUMN," tutur Emrus dalam keterangan diterima, Selasa (24/5/2022).

Selain ketegasan dalam memimpin, kebijakan Erick dalam melebur BUMN diyakini bisa meningkat dan efisiensi dan kinerja perusahaan plat merah tersebut.

"Erick Thohir mampu melakukan efisiensi di BUMN, termasuk me-merger sejumlah BUMN," urai Emrus.

Karena sejumlah poin tersebut, Emrus meyakini bukan tidak mungkin Erick punya modal masa depan untuk mendapat dukungan partai politik. Bahkan dia meyakini, tidak ada salahnya jika partai politik melakukan deklarasi untuk mengusung Erick untuk 2024.

"Tidak ada salahnya partai menyatakan mendeklarasikan secara tegas, jadi tegas dari partai pengusung, tegas juga yang diusung, menyatakan dukungan menjadi calon presiden," Emrus menandasi.

Diketahui sebelumnya, Erick Thohir sempat bertandang ke siaran podcast milik GP Ansor. Bertindak sebagai host, Ketua Pimpinan Pusat GP Ansor Sumantri Suwarno, mengatakan, gerak cepat Erick dengan BUMN saat penanganan awal Covid-19 menjadi hal yang patut diapresiasi.

"Kalau kita lihat penanganan Covid-19 dari sisi kesehatan maupun ekonomi, pada titik hari ini kita boleh berbangga bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang cukup berhasil," kata Sumantri dalam podcast yang tayang di kanal Youtube GP Ansor pada 19 Mei 2022.

Sumantri lantas terheran, soal ritme kerja Erick yang dinilai tidak kenal lelah saat bekerja. Bahkan, menurut pengakuan petinggi BUMN kepadanya, mereka merasa capek.

"Saya ketemu dengan salah satu pejabat BUMN, saya tanya itu Pak Erick itu gak punya capek? Direksi BUMN aja capek sekali," tanya pria yang juga dikenal sebagai politisi senior PDIP ini.

Menjawab hal tersebut, Erick mengatakan saat awal masa pandemi masyarakat Indonesia tengah dalam keadaan terpuruk. Selaku Menteri BUMN, dirinya memiliki amanah untuk lebih giat lagi dalam bekerja.

"Dalam situasi itu peran pemerintah, peran BUMN, peran tokoh-tokoh masyarakat menjadi sangat diperlukan karena apalagi di awal Covid-19 terjadi goncangan yang memerlukan solusi yang sangat cepat," kata Erick yang juga merupakan bagian dari Barisan Ansor Serbaguna (Banser).

Erick mencontohkan, pada awal Covid-19 melanda Indonesia, Maret 2022, Indonesia memiliki kesulitan untuk mendapatkan masker karena harganya yang mahal mencapai Rp 100 ribu. Bersama Kimia Farma, Erick mengambil kebijakan untuk melakukan operasi pasar masker murah seharga Rp 5.000.

"Kalau kita berdiam diri akan menjadi masalah besar buat kita, masyarakat dan bangsa Indonesia, karena itu harus intervensi dengan mencari segala jalan," jelas Erick.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Erick Puji GP Ansor

Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi peran Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang tetap menjaga dan membantu kegiatan ekonomi masyarakat bawah ketika pandemi Covid-19.

Menteri BUMN mengatakan saat pandemi merebak, peran GP Ansor yang tetap menjaga dan membantu kegiatan ekonomi di level terbawah masyarakat dan juga swasta yang menguasai 57 persen perekonomian Indonesia merupakan cermin sikap kebersamaan yang harus terus dijaga, baik di saat kondisi krisis maupun ketika situasi tengah stabil.

"Momentum hari ini menandakan tidak selamanya, semua tergantung ke pemerintah atau BUMN. Sikap bersatu dan saling gotong royong yang tumbuh dari semua kalangan selama COVID jauh lebih penting, dan hari ini kita bisa melihat hasilnya. Ini karena peran dari seluruh masyarakat," ujar Erick Thohir dikutip dari Antara, Sabtu (21/5/2022).

Erick juga memuji dan mengapresiasi kiprah GP Ansor dalam mendukung stabilitas pertumbuhan Indonesia selama pandemi COVID-19 yang selama dua tahun melanda tanah air dan juga dunia .

Momentum keberhasilan Indonesia dalam penerapan kebijakan pembatasan masyarakat dan tetap menjaga pergerakan ekonomi agar tetap berdenyut tak lepas dari semangat gotong royong yang dilakukan seluruh lapisan masyarakat.

"Saya tahu benar apa yang dilakukan Gerakan Pemuda Ansor ketika bersama-sama rakyat, alim ulama, tokoh masyarakat, pemerintah daerah, pemerintah pusat, dan BUMN saling gotong royong dalam menghadapi pandemi COVID-19," ucapnya.

"Respon cepat dan sikap pemerintah pusat yang giat menerapkan beberapa kebijakan sosial dan ekonomi direspon positif oleh seluruh masyarakat sehingga kita bisa melewati pandemi ini dengan predikat berhasil," kata Erick Thohir.

 

 


Dukung Kebijakan Pemerintah

Oleh karena itu, Erick yang juga merupakan anggota kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) berharap GP Ansor juga mendukung kebijakan pemerintah atas situasi positif yang kini tengah dinikmati Indonesia yang dinilai berhasil mengelola situasi pandemi secara baik.

"Meskipun endemi diperkirakan akan terjadi tiga bulan lagi, namun saya lihat masyarakat sudah lebih percaya diri. Ini harus didukung pemerintah, salah satunya seperti kegiatan mudik lebaran," tuturnya.

"Kami tak hanya membebaskan mudik masyarakat, namun kami juga menyiapkan hal-hal detil agar mudik berjalan lancar serta tetap menjaga prokes dan masker, meskipun tidak perlu lagi menjaga jarak. Jangan lagi ditakuti-takuti. Justru kita harus dorong pertumbuhan dan masyarakat bersosialisasi, namun tetap waspada dan tetap saling gotong royong," tutup Menteri BUMN Erick Thohir.

Infografis Ragam Tanggapan Ketum Parpol Vs Tokoh Populer di Bursa Capres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Ragam Tanggapan Ketum Parpol Vs Tokoh Populer di Bursa Capres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya