Alasan Anies Pakai Kata Hajatan Rayakan HUT Jakarta: Istilah yang Sangat Betawi

Oleh Winda Nelfira pada 24 Mei 2022, 11:16 WIB
Diperbarui 24 Mei 2022, 16:43 WIB
Anies Baswedan
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat berada di Kepulauan Seribu. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Pulau bidadari, Kepulauan Seribu menjadi tuan rumah pencanangan HUT ke-495 DKI Jakarta yang berlangsung hari ini, Selasa (24/5/2022). Kepulauan Seribu dipilih sebagai salah satu langkah untuk membangkitkan sektor wisata di kawasan tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, ada beberapa alasan yang melatarbelakangi Pemprov DKI memilih Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu sebagai tempat awal rangkaian HUT DKI Jakarta.

"Lokasi dimulainya hajatan ini, kita selenggarakan di Kepulauan Seribu. Kenapa kita pilih di Pulau Bidadari pagi ini kita ingin mengirimkan pesan bahwa Jakarta itu terdiri dari daratan dan kepulauan. Tidak ada kota besar di dunia yang memiliki daratan dan kepulauan seperti Jakarta. Satu-satunya di dunia," kata Anies dalam sambutannya, di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Selasa (24/5/2022).

Menurut Anies, dibandingkan dengan kota besar lain di dunia, hanya Jakarta yang memiliki daratan dan kepulauan. Dia menjelaskan bahwa Jakarta memiliki 111 pulau. Di antara pulau-pulau tersebut, 11 pulau berpenghuni dan 7 pulau menjadi kegiatan pariwisata.

"Bisa di cek seluruh kota besar di dunia itu semua hanya daratan saja. Dan Jakarta adalah megapolitan terbesar di belahan selatan dunia. Dan kita punya daratan di Pulau Jawa dan kepulauan yang kita sebut Kepulauan Seribu," kata dia.

Alasan kedua, kata Anies terkait tajuk "Jakarta Hajatan" yang dipilih. Anies menjelaskan kata hajatan yang mempunyai arti selebrasi dan perayaan dipilih untuk menggantikan istilah Hari Ulang Tahun (HUT). Hajatan juga menjadi simbol pencapaian Pemprov DKI selama ini.

"Tahun ini kita menggunakan istilah Jakarta Hajatan untuk menggantikan Hari Ulang Tahun (HUT). Dan hajatan itu istilah yang sangat Betawi. Kalau dengar hajatan pasti sudah langsung tahu karena ada syukurannya, senangnya, doanya, dan perayaaannya. Jadi ini adalah sebuah kata yang semua orang langsung tahu maknanya," jelasnya.

Selain itu, dalam pencanangan HUT DKI Jakarta sekaligus Launching Nomad Island ini, Anies menambahkan pihaknya telah menyiapkan sekitar 9.000 titik jaringan internet gratis di seluruh Jakarta termasuk kawasan wisata di Kepulauan Seribu.

"Kami siapkan 'free wifi'. Ini dikebut ketika pandemi masyarakat harus kerja dari rumah, kami turun tangan menyiapkan akses 9.000 titik, gratis," katanya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tema Hajatan Jakarta

 Pemprov DKI Jakarta mengusung tema Kolaborasi, Akselerasi, Elevasi, dalam rangkaian HUT yang akan dimulai Selasa 24 Mei 2022.

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali mengatakan, tema ini hadir sebagai pesan optimisme sekaligus bukti pada seluruh elemen di kota, maupun dunia atas ragam usaha yang telah dan akan dilakukan ibukota.

"Hal tersebut dilakukan dengan dasar semangat kolaborasi sebagai identitas Kota Jakarta. Semangat mendorong pertumbuhan guna menghadapi ragam isu global tersebut sebagai akselerasi untuk mewujudkan visi mengangkat warga maupun dunia," kata dia di Balairung, Balaikota Jakarta, Senin (23/5/2022).

Marullah menegaskan, Jakarta Hajatan sendiri muncul sebagai suatu bentuk branding baru yang bersifat berkelanjutan pada setiap perayaan HUT DKI Jakarta di tahun-tahun berikutnya.

"Hajatan itu memiliki makna celebrate atau selebrasi. Yang kental dengan nuansa Indonesia, seperti misalnya resepsi, selametan, dan sejenisnya akan sebuah pencapaian," kata dia.

Marullah melanjutkan bahwa seluruh rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495 akan melibatkan berbagai lapisan masyarakat sebagai kolaborator serta tamu-tamu undangan yang berasal dari mancanegara.

Rangkaian perayaan Jakarta Hajatan ke-495 akan dibuka dengan Pencanangan Jakarta Hajatan ke-495 di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu pada Selasa 24 Mei 2022.

Infografis Selain Anies Baswedan, 6 Gubernur Akhiri Masa Jabatannya di 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Selain Anies Baswedan, 6 Gubernur Akhiri Masa Jabatannya di 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya