Sukses

Infografis Geliat Bursa Capres 2024, Prediksi Ketum Parpol vs Tokoh Populer

Beberapa ketua umum parpol mulai unjuk gigi dalam bursa kandidat capres 2024. Mereka bersaing, bahkan mulai dipasangkan dengan sejumlah tokoh populer yang mempunyai elektabilitas tinggi dalam survei Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa calon presiden maupun calon wakil presiden atau capres-cawapres 2024 semakin menggeliat dalam beberapa bulan terakhir. Sejumlah partai politik atau parpol dan kelompok relawan saat ini kian menjagokan kandidat masing-masing dalam bursa, terutama untuk kandidat capres 2024.

Para kandidat terdiri dari ketua umum parpol, politikus atau elite partai, hingga tokoh populer yang punya elektabilitas tinggi dari hasil survei sejumlah lembaga. Paling tidak ada belasan tokoh populer yang kerap masuk peringkat elektabilitas untuk Pemilihan Umum Presiden atau Pilpres 2024.

Kalangan lembaga survei bahkan terus memuktahirkan data risetnya. Setiap bulan ada saja lembaga survei yang mempublikasi hasil riset terhadap kandidat capres, termasuk mulai mengadu antar-pasangan kandidat capres-cawapres.

Utak-atik capres-cawapres bukan hanya soal elektabilitas. Dukungan langsung dari mesin parpol maupun kelompok relawan juga mulai muncul ke permukaan. Termasuk pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu pada 12 Mei 2022. Satu per satu kandidat capres 2024 pun dimunculkan di koalisi besutan Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, dan Partai Persatuan Pembangunan.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan memang masih jauh untuk menentukan kandidat capres-cawapres yang bakal diusung pada Pilpres 2024. Namun, sejauh ini ada dua nama kandidat menyeruak, yakni Ketua DPR Puan Maharani dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Termasuk, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang diwacanakan berduet dengan Puan Maharani.

Tak ketinggalan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Saat membuka Rakernas V Projo di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu 21 Mei 2022, Jokowi meminta para relawan bersabar menunggu keputusan siapa yang akan dia dukung sebagai capres di Pemilu 2024.

Siapa saja masuk bursa kandidat Capres 2024 dari elite parpol maupun tokoh populer? Bagaimana elektabilitas para tokoh dalam beberapa bulan terakhir? Bagaimana pula ragam tanggapannya? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Geliat Bursa Capres 2024, Prediksi Ketum Parpol Vs Tokoh Populer

3 dari 4 halaman

Infografis Elektabilitas Tokoh Kandidat Capres Versi 4 Lembaga Survei

4 dari 4 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Ketum Parpol Vs Tokoh Populer di Bursa Capres 2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.