PAN Tidak Menolak Cak Imin Jadi Capres 2024, Asal Menang

Oleh Delvira Hutabarat pada 23 Mei 2022, 13:27 WIB
Diperbarui 23 Mei 2022, 13:27 WIB
Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin.
Perbesar
Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin saat menyampaikan pidato awal tahun 2022. (Foto: Dokumentasi PKB).

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi angkat bicara soal keinginan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin bergabung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dengan syarat diusung menjadi capres 2024.

Viva menyebut PAN tidak mempermasalahkan keinginan Cak Imin asal PKB bisa menjamin Cak Imin menang Pilpres 2024. “PAN tidak menolak Cak Imin jadi Capres, asal menang,” kata Viva saat dikonfirmasi, Senin (23/5/2022).

“Jika KIB akan mengusung Cak Imin sebagai Capres, maka di atas hitungan kertas harus menang. Kalau tidak menang, kan dada jadi sesak, mata berkunang-kunang, dan tensi darah naik, he he,” sambungnya.

PAN sangat mengapresiasi bila PKB mau merapat ke Koalisi Indonesia Bersatu. Hal itu akan membuat koalisi semakin banyak berwarna.

“PAN merasa senang dan bergembira jika PKB dapat bergabung di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama PAN, Golkar, dan PPP. Jika PKB bergabung di KIB maka, pertama, warna dan substansi platform KIB untuk visi Indonesia dan pemerintahan masa depan akan semakin baik dan komprehensif,” kata dia.

Dengan bergabungnya PKB, Viva menyebut hal itu akan menambah kekuatan politik dalam berkontestasi di pilpres 2024 karena akan menambah potensi suara sebab masing-masing partai tentu memiliki basis konstituen yang militan dan ideologis, sehingga pasangan calon yang akan diusung KIB berpotensi dapat memenangkan pilpres.

“Juga menambah keindahan warna pelangi kebangsaan di KIB karena kekuatan Nasionalis - Relijius, KIB semakin terlihat terang dan nyata,” kata dia

Apalagi, dengan sifat humoris Cak Imin, Viva menyatakan hal itu akan membuat ceria KIB. “Suasana politik di KIB akan meriah, segar, dan menyenangkan dengan kehadiran Cak Imin, sebagai figur politisi yang humoris, yang mengemas masalah politik dengan bahasa ringan dan intelektual,” kata dia.

Oleh karena itu nantinya KIB akan mengukur terlebih dahulu kriteria dan variabel penilaian dalam merumuskan dan menetapkan paslon, baik dari sisi likeabilitas, elektabilitas, dan variabel penting lainnya.

“Makanya, sebaiknya Cak Imin dan PKB bergabung saja dulu dengan KIB. Saya yakin, Golkar dan PPP perasaannya akan sama dengan PAN senang dan gembira. Ayo Cak Imin, ojo kesuwen untuk bergabung bersama dan mengarungi samudera politik di kapal KIB,” pungkasnya

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pernyataan Cak Imin

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyatakan siap bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu. Koalisi tersebut digagas oleh Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Namun, ada syarat PKB bergabung Koalisi Indonesia Bersatu. Dia ingin diusung jadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 nanti.

"Saya siap bergabung asal capresnya saya," ujar Gus Muhaimin dalam keterangannya, Minggu (22/5/2022).

Wakil Ketua DPR RI ini menyambut baik gagasan koalisi tersebut sebagai ikhtiar untuk menyamakan kekuatan. "Saya menyambut baik itu, moga-moga nanti calonnya sama. Nggak tahu capresnya siapa," kata Cak Imin.

Dia menyatakan, PKB sangat terbuka untuk menjalin komunikasi dengan partai manapun dalam menyongsong Pemilu 2024. Dia mengaku di DPR pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan berbagai pihak. Namun, belum ada yang dibidik secara khusus.

"Kita terbuka," ucap Gus Imin.

Dia kembali menegaskan bakal maju sebagai capres pada Pemilu 2024 mendatang.

Safari politik untuk menyatukan langkah dan mendapatkan dukungan sudah dilakukan ke berbagai daerah di Indonesia. Saat ini, PKB memiliki modal sekitar 10 persen, sehingga untuk bisa maju sebagai capres diperlukan tambahan sekitar 10 persen lagi kursi di parlemen.


Klaim Didorong Warga NU

Cak Imin mengklaim, banyak dorongan dari berbagai kalangan, terutama warga nahdliyin yang menginginkannya maju sebagai capres pada Pemilu 2024 mendatang.

"Insyaallah kita siap bersama-sama menyukseskan pemilu dan maju sebagai capres. Itu keinginan sebagian besar warga kita, terutama nahdliyin dan nahdliyat supaya kita punya presiden yang mewakili warga nahdliyin," tutur Cak Imin.

Oleh karena itu, sebagai Ketum PKB, dia akan terus berikhtiar agar harapan masyarakat tersebut bisa terwujud. 

“Dalam survei-survei terakhir kita sudah di posisi 2, bersaing dengan Gerindra. Kita berharap pada 2024 nanti, kita minimal bisa merebut juara dua, syukur bisa terus melaju,” harap dia.

Infografis Mengintip Survei Bursa Capres 2024
Perbesar
Infografis Mengintip Survei Bursa Capres 2024 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya