Sukses

Raja Juli Antoni: Saya Yakin PSI Jateng Jadi Kebun Mawar Paling Subur di Pemilu 2024

Raja Juli menyakini PSI akan mengirimkan banyak kadernya duduk sebagai wakil rakyat dalam Pemilu 2024 nanti.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni menyakini PSI Jawa Tengah (Jateng) akan menjadi "kebun mawar" paling subur pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Saya yakin PSI Jateng akan panen kursi pada Pemilu 2024," kata Juli melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (22/5/2022) dilansir Antara.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri kopi darat wilayah (kopdarwil) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Jateng dalam menyambut tahapan verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang akan dimulai pada Agustus 2022.

Raja Juli menyakini partai berlogo kepalan tangan menggenggam bunga mawar berwarna putih tersebut akan mengirimkan banyak kadernya duduk sebagai wakil rakyat. Baik di tingkat provinsi, kabupaten dan kota.

"Insya Allah tiap kabupaten kota akan punya banyak kursi, punya fraksi utuh," harap dia.

Secara umum, Juli mengatakan tujuan utama kopdarwil untuk memastikan kelengkapan administrasi dalam rangka kesiapan seluruh DPD PSI se-Jateng dalam menyambut verifikasi KPU. Setelah itu, dilanjutkan pembekalan kepada seluruh DPD terkait aturan dan proses pencalegan.

"Kopdarwil jadi momentum bagi konsolidasi PSI agar semakin solid menuju 2024," jelas dia. 

Pada kesempatan tersebut, juga diumumkan restrukturisasi kepengurusan DPW PSI Jateng yang awalnya dipimpin oleh Ken Ragil Turyono, digantikan oleh Yuli Zuardi Rais yang merupakan Direktorat Infrastruktur Keanggotaan DPP PSI.

"Ini dilakukan sebagai wujud keseriusan PSI dalam rangka pemenangan Pemilu 2024," kata Juli. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seleksi Caleg PSI Jakarta

Sebelumnya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta telah secara resmi membuka proses seleksi calon anggota legislatif untuk DPRD DKI Jakarta. Proses seleksi caleg PSI Jakarta dilakukan oleh Komite Seleksi Caleg yang diketuai oleh Patriot Muslim.

"Proses seleksi caleg PSI Jakarta kita buka hingga tahun 2023, target kami ada 2.000 pendaftar, warga DKI Jakarta yang terdorong untuk membenahi ibukota, yang akan diseleksi untuk menjadi 106 nama yang akan masuk dalam surat suara,” jelas Patriot dalam keterangannya, Kamis, 12 Mei 2022. 

Pada tahun 2019, PSI Jakarta juga melakukan hal yang serupa dengan membuka pendaftaran seleksi caleg secara terbuka, pada pemilu tersebut PSI Jakarta memperoleh 8 (delapan) kursi di DPRD Provinsi DKI Jakarta.

"Seleksi Caleg PSI Jakarta memegang nilai meritokratis, profesional, dan terbuka. Oleh karena itu, siapapun yang memiliki kesamaan visi dan misi dengan PSI Jakarta, kami nantikan berkas pendaftarannya," imbuh Patriot.

"Ketika kami membuka pandaftaran caleg pada tahun 2019, antusiasme masyarakat sangat tinggi padahal saat itu PSI Jakarta masih baru. Saat ini, warga DKI Jakarta sudah melihat Fraksi PSI hadir dan kerja untuk rakyat, kami optimistis antusiasme orang yang ingin menjadi caleg PSI akan semakin tinggi," ujar Michael Victor Sianipar, Ketua DPW PSI DKI Jakarta ketika menjelaskan visi PSI untuk 2024.

Adapun seleksi caleg PSI Jakarta terbagi menjadi lima tahapan. Yaitu pemberkasan, uji solidaritas, juri rakyat, wawancara panelis, dan polling anggota.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Joko WIdodo Widodo (Jokowi) melantik Raja Juli Antoni menjadi Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.

    raja juli antoni

  • PSI