DKI Jakarta Libatkan 100 UMKM Terbaik Jualan di Ajang Formula E

Oleh Winda Nelfira pada 22 Mei 2022, 21:55 WIB
Diperbarui 22 Mei 2022, 21:55 WIB
Ajang Formula E Jakarta Siap Digelar
Perbesar
Foto udara memperlihatkan Jakarta International E-Prix Circuit di kawasan Ancol, Jakarta, Selasa (17/5/2022). Federation Internationale de Automobile (FIA) Formula E Jakarta E-Prix menyatakan ajang balap mobil listrik pada 4 Juni mendatang diharapkan mampu memberi kontribusi positif terhadap kebangkitan ekonomi pascapandemi COVID-19 yang bakal dirasakan pelaku usaha dan masyarakat melalui Jakarta E-Prix. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta telah melakukan kurasi terhadap UMKM yang akan dilibatkan dalam ajang Formula E atau Jakarta E-Prix 2022 di Jakarta Creative Hub (JCH), Jakarta Pusat.

Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, pihaknya telah mengundang sekitar 160 UMKM untuk mengikuti kurasi pada Rabu, 18 Mei 2022 lalu.

Dari 160 UMKM yang diundang, hanya UMKM terbaik yang akan dipilih untuk memasarkan produknya di gelaran Formula E.

"Kita undang 160 UMKM terbaik untuk ikut kurasi, dan akan disaring lagi menjadi 100 UMKM terbaik untuk bisa menjual produknya di ajang Formula E Jakarta tanggal 4 Juni mendatang," jelas Ratu, di Jakarta, Minggu (22/5/2022).

Selain itu, lanjut Ratu, sebanyak 10 orang kurator bersertifikat juga telah disiapkan untuk menyeleksi produk-produk terbaik dari UMKM tersebut.

Ratu menyatakan bahwa sebanyak 160 UMKM ini berasal dari Jakpreneur yang dikenal sebagai program UMKM binaan Pemprov DKI Jakarta. Saat ini, lebih dari 300 ribu UMKM Jakpreneur sudah mulai menggunakan digitalisasi dalam mengembangkan usahanya.

UMKM yang nantinya lolos kurasi akan menggunakan QRIS sebagai metode pembayarannya. Pembayaran dengan metode ini dinilai akan lebih memudahkan transaksi dan proses monitor pada setiap omzet penjualan produk UMKM pada ajang Formula E.

"Dengan adanya QRIS Jakpreneur, kami dapat memonitor perkembangan UMKM binaan, baik per event maupun jangka panjang. Sehingga, dapat membuat kebijakan yang tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan UMKM," jelasnya.


Taman Impian Jaya Ancol Ditutup untuk Umum Saat Formula E

Foto: Melihat Kesibukan Pekerja Jelang Balapan Formula E di Jakarta
Perbesar
Lintasan balap sirkuit yang berlokasi di Ancol Timur, Tanjung Priok, Jakarta itu tampak sudah rapi dan siap digunakan. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

 

Saat ini, sebanyak 100 UMKM baik produk kering seperti keripik dan produk basah seperti masakan berkuah dipastikan akan mendapat tempat berjualan dengan fasilitas lengkap untuk melayani penonton Formula E tanpa dipungut biaya.

Adanya ajang Formula E, kawasan Taman Impian Jaya Ancol rencananya akan ditutup untuk umum pada 4 Juni 2022. Oleh karena itu, hanya pemilik tiket Formula E yang dapat mengakses kawasan tersebut.

"Khusus hari Sabtu 4 Juni 2022, Ancol dan seluruh unit rekreasi di dalamnya tidak dibuka untuk umum, hanya khusus pemilik tiket Jakarta E-Prix saja, yang tiketnya dijual melalui Ancol.com dan jakartaeprixofficial.com," demikian informasi yang dipublikasi melalui Instagram @ancoltamanimpian, Minggu (22/5/2022).

Masyarakat umum baru dapat mengakses wilayah Taman Impian Jaya Ancol pada Minggu 5 Juni 2022.

Sementara itu, tiket dengan berbagai kategori sudah dijual sejak Minggu, 1 Mei 2022. Tiket kategori Grandstand menjadi favorit bagi penonton berdasarkan laporan Kamis 19 Mei 2022.

Infografis Sirkuit Formula E Dilarang di Monas. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Sirkuit Formula E Dilarang di Monas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya