3 Hal soal Fahmi Idris Mantan Menteri Perindustrian Era SBY yang Berpulang

Oleh Maria Flora pada 22 Mei 2022, 15:36 WIB
Diperbarui 22 Mei 2022, 15:44 WIB
Mantan Menteri Fahmi Idris Meninggal Dunia
Perbesar
Politisi Partai Golkar Fahmi Idris. (Liputan6 TV)

Liputan6.com, Jakarta Mantan Menteri Perindustrian Fahmi Idris meninggal dunia di ruang ICU RS Medistra, pukul 10.00 WIB. Dia akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta hari ini, Minggu (22/5/2022).

Kabar berpulangnya pria kelahiran 1943 tersebut, pertama kali diketahui dari sang putri lewat akun resmi Twitter-nya. 

Atas kepergian sang ayah, Fahira juga meminta dibukakan pintu maaf seluas-luasnya atas kesalahan yang pernah dilakukan politikus Partai Golkar itu selama hidupnya.

"Akan di semayamkan di Rumah Duka,cMampang Prapatan IV Nomor 20, Jakarta Selatan. Mohon dimaafkan Ayah Fahmi Idris jika selama hidup memiliki salah dan khilaf. Akan di Kuburkan di Tanah Kusir," ujar Fahira di akun @fahiraidris, Minggu. 

Sebelum terjun ke dunia politik dan menduduki sejumlah posisi strategis dalam pemerintahan Presiden SBY dalam Kabinet Indonesia Bersatu, Fahmi dikenal pula sebagai pengusaha sukes. Bakatnya menurun dari sang ayah, Haji Idris Marah Bagindo sebagai seorang pedagang.

Dia memulai usahanya bersama rekan-rekan eksponen 66 dengan mendirikan PT Kwarta Daya Pratama, 1969. Kemudian aktif dalam 10 perusahaan. Di antaranya, PT Kodel (Kelompok Delapan) yang bergerak di bidang perdagangan, industri, dan investasi.

Berikut sederet kabar atas berpulangnya Fahmi Idris hingga rekam jejak politiknya yang dihimpun Liputan6.com:


1. Meninggal Pukul 10.00 WIB

Politikus senior Partai Golkar Fahmi Idris.
Perbesar
Politikus senior Partai Golkar Fahmi Idris. (Merdeka.com/ Muhammad Genantan Saputra)

Politikus senior Partai Golkar Fahmi Idris meninggal dunia pada Minggu (22/5/2022). Mantan menteri perindustrian ini meninggal dunia sekitar pukul 10.00 WIB.

Kabar tersebut disampaikan oleh Fahira Idris yang merupakan putri dari Fahmi Idris.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Telah berpulang. Bp. Prof. H. Fahmi Idris bin Idris Marah Bagindo. Saat ini, masih di ICU RS. Jam 10.00 wib wafat," ujar Fahira dikutip dari akun Twitternya @fahiraidris, Minggu.

Fahira pun memohon maaf kepada seluruh pihak jika Fahmi Idris memiliki salah semasa hidupnya. "Mohon dimaafkan Ayah Fahmi Idris jika selama hidup memiliki salah dan khilaf," kata Fahira.

Kerabat almarhum, advokat Juju Purwantoro menyampaikan rasa duka mendalamnya atas meninggalnya Fahmi Idris. Dia pun berdoa untuk Fahmi Idris.

"Almarhum sebagai salah seorang pembina & Senior IKB-UI (Ikatan Kel Besar UI) semoga Husnul Khotimah.. diampuni dosanya dan diterima amal ibadahnya," kata Juju Purwantoro saat dihubungi Liputan6.com, Minggu. 

 


2. Dimakamkan di TPU Tanah Kusir

Fahmi Idris Hadir dalam Diskusi Babak Baru Partai Politik Indonesia-Jakarta
Perbesar
(Ki-ka) Pengamat Politik Hanta Yudha, Calon Ketua Umum Partai Golkar Ade Komarudin, Kader Senior Partai Golkar Fahmi Idris seusai diskusi partai politik di Jakarta, Jumat (29/4/2016). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Fahmi Idris akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, siang ini, pukul 13.00 WIB. Menurut sang putri, Fahira Idris, ayahnya meninggal dunia di ICU RS Medistra, pada pagi tadi, sekitar pukul 10.00 WIB. 

Sebelum dimakamkan, almarhum disemayamkan di rumah duka di Mampang Prapatan IV Nomor 20, Jakarta Selatan.

Banyak warganet yang merespons kabar duka ini, dengan mengucapkan rasa duka sedalam-dalamnya dan memanjatkan doa.

"Innalillahi Wa Inna Illaihi Raaji'un. Allahumagfirlahu Warhamhu Wa'afihi Wafu'anhu. Turut berduka cita yg sedalam²nya, semoga wafat dlm keadaan Husnul Khatimah & keluarga yg ditinggalkan diberikan kekuatan, ketabahan serta keikhlasan. Aamin," tulis seorang warganet.

"Semoga Almarhum Bapak Fahmi Idris Bin Marah Bagindo diampuni dosa-dosanya dan keluarga yang ditinggalkannya diberikan ketabahan dan kesabaran oleh Alloh SWT, Aamiiin," cuit yang lainnya.

"Innalillahi wainnailaihi rojiuun, Allahumaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu… Turut Berduka Cita uni, semoga Allah Ta’ala beri kesabaran, keikhlasan dan kekuatan untuk uni dan keluarga yang ditinggalkan," ujar pengguna Twitter lainnya.

Kabar Fahmi Idris meninggal juga mengundang perhatian sejumlah tokoh publik, yang salah satunya adalah tokoh NU muda dan praktisi teknologi informasi, Ainun Najib.

"inna lillahi wa inna ilaihi roji’un 🙏 turut berduka mbak Fahira," tulisnya.


3. Sosok Fahmi Idris hingga Jejak Rekam Politik

Yeni Fatmawati, Calon Istri Fahmi Idris
Perbesar
Seperti apakah gaya Yeni Fatmawati, calon istri Fahmi Idris?

Dikutip dari perpusnas.go.id, Fahmi lahir di Jakarta 20 September 1943. Beliau adalah seorang pengusaha sekaligus politikus Indonesia. Fahmi adalah Menteri Perindustrian dalam Kabinet Indonesia Bersatu, dilantik pada tanggal 7 Desember 2005.

Sebelumnya Fahmi pernah menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam kabinet yang sama sebelum digantikan oleh Erman Suparno dalam perombakan (Reshuffle) yang dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 7 Desember 2005.

Terkait pendidikan, Fahmi berkuliah dari fakultas ekonomi Universitas Indonesia (UI). Pada tahun 1984, Fahmi bergabung dengan Partai Golkar, sejak tahun 1998 hingga 2004, Fahmi menjadi Ketua DPP Golkar Jakarta. 

Ia dikenal juga sebagai aktivis 66, ia memulai usahanya bersama rekan-rekan eksponen 66. Mereka mendirikan PT Kwarta Daya Pratama, 1969. Kemudian aktif dalam 10 perusahaan. Di antaranya, PT Kodel (Kelompok Delapan) yang bergerak di bidang perdagangan, industri, dan investasi.

Suami dari Kartini Hasan Basri ini mulai aktif dalam politik praktis pada 3 Maret 1984. Ia bersama sejumlah eksponen 66, bergabung dengan Golkar karena ia melihat adanya aspek kemanusiaan yang menampung semua persamaan pikiran dan hobi di Golkar.

Infografis 9 Panduan Imunisasi Anak Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 9 Panduan Imunisasi Anak Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya