Sukses

Masyarakat Antusias Ikuti CFD Jakarta yang Kembali Digelar Mulai Hari Ini

Pelaksanaan CFD di Jalan Jendral Sudirman – Jalan MH Thamrin Jakarta berlangsung tertib dan menerapkan protokol kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau lebih dikenal Car Free Day (CFD) kembali diberlakukan di Jakarta hari ini, Minggu (22/5/2022). CFD dimulai pukul 06.00-10.00 WIB.

Ada enam titik yang dijadikan tempat CFD di Jakarta hari ini. Mengingat masih digelar dalam situasi Covid-19 masyarakat yang mengikuti CFD tetap diharuskan untuk mengikuti protokol kesehatan.

Berdasarkan pantauan, pelaksanaan CFD di Jalan Jendral Sudirman – Jalan MH Thamrin berlangsung tertib dan menerapkan protokol kesehatan. Hanya sebagian kecil masyarakat yang terlihat tidak menggunakan masker.

Selain itu, juga tidak ditemukan pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang ruas Jalan Jendral Sudirman hingga Jalan MH Thamrin.

Masyarakat yang mengikuti CFD dari titik ini diharuskan untuk melakukan scan kode batang (QR Code) PeduliLindungi yang disiapkan Dishub Pemprov DKI Jakarta yang berjaga Di depan Bundaran Patung Kuda.

Meski harus menerapkan protokol kesehatan sedemikian rupa, masyarakat yang datang mengikuti CFD mengaku senang dan antusias. Tak sedikit dari mereka yang datang membawa serta seluruh anggota keluarga.

"Senang banget ya, karena kan kemarin-kemarin itu tidak bisa. Saya juga perginya ini bawa semuanya, anak sama suami," kata Laila, Minggu (22/5/2022).

"Ya cuma itu saja tadi sempat terhambat soalnya kan pakai scan aplikasi PeduliLindungi, biasanya tidak menggunakan," lanjut Laila.

Ada juga Narni yang datang pagi-pagi sekali bersama kedua saudaranya untuk mengikuti CFD. Mereka datang dari Pondok Ranggon, Jakarta Timur.

"Saya datang dari jam setengah enam tadi sama saudara-saudara. Senang banget CFD ada lagi, dulu setiap minggu saya ke sini, biasanya bawa suami juga," kata dia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PKL Dilarang Berjualan

Pemerintah Provinsi (Pemporv) DKI Jakarta menggelar perdana Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) dengan pola terbatas pada hari ini, Minggu (22/5/2022). CFD digelar di enam titik di Jakarta.

Mengingat digelar masih dalam situasi pandemi Covid-19, Pemprov DKI dan Kepolisian memutuskan melarang pedagang kaki lima (PKL) berjualan di kawasan CFD yang berlangsung dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB ini.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, bahwa HBKB di Jakarta hanya untuk masyarakat yang ingin berolahraga. Sedangkan pedagang masih belum diizinkan berjualan di area CFD.

"Ini masih terlarang untuk pedagang kaki lima (PKL). Jadi CFD hanya masyarakat yang mau berolahraga," ujar Sambodo kepada awak media, Minggu (22/5/2022).

Sambodo mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Dalam hal ini, kepolisian bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta akan memantau aktivitas masyarakat. Rencananya aplikasi PeduliLindungi akan dipasang di titik-titik HBKB.

"Kami akan memantau pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) nantinya mereka berolahraga tentu kalau ada yang berkerumun akan kita imbau untuk tetap menjaga prokes," ujar dia.

Berikut enam titik HBKB atau CFD di Jakarta hari ini:

1. Bundaran Patung Kuda sampai Bundaran Senayan;

2. Traffic Light Harmoni sampai Rumah Sakit Tarakan;

3. Danau Sunter Selatan sampai GOR Sunter;

4. Traffic Light Tomang sampai Tomang Business Hotel;

5. Traffic Light CSW sampai Bundaran Senayan; dan

6. Simpang Pemuda sampai Simpang Tugas.

3 dari 3 halaman

Urai Konsentrasi

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali menggelar Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) mulai hari ini, Minggu (22/5/2022).

Mengingat digelar masih dalam situasi pandemi, Pemprov DKI Jakarta dan aparat kepolisian memutuskan untuk memperluas kawasan CFD di enam titik. HBKB berlangsung dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB ini.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, kawasan HBKB diperluas untuk mengurai konsentrasi mayarakat supaya tidak hanya berkumpul di kawasan Jalan Sudirman-Thamrin.

"Tadinya pelaksanaan HBKB bergiliran. Menimbang dan mengingat dan usulan para warga kita laksanakan sekaligus 6 lokasi yakni Sudirman-Thamrin, Tomang, Sunter dan Pemuda," ucap Sambodo kepada awak media, Minggu (22/5/2022).

Sambodo mengingatkan, masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Dalam hal ini, kepolisian bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta akan memantau aktivitas masyarakat. Rencananya apilikasi PeduliLindungi akan dipasang di titik-titik CFD.

"Kami akan memantau pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) nantinya mereka berolahraga tentu kalau ada yang berkerumun akan kita imbau untuk tetap menjaga prokes," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, Pemprov DKI Jakarta kembali menerapkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) dengan pola terbatas. HBKB sempat dihentikan karena Indonesia mendeteksi adanya kasus Covid-19 pada Maret 2020.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan pelaksanaan HBKB untuk meningkatkan kualitas udara di ibu kota. HBKB dimulai Minggu, 22 Mei 2022 pukul 06.00 sampai 10.00 WIB.

"HBKB terbatas boleh dilakukan hanya untuk kegiatan olahraga," katanya melalui keterangan tertulis, Jumat (20/5/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.