Sukses

Polisi: Perluasan Kawasan CFD Jakarta untuk Urai Konsentrasi Warga di Sudirman-Thamrin

Pemprov DKI Jakarta kembali menggelar Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) mulai hari ini, Minggu (22/5/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali menggelar Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) mulai hari ini, Minggu (22/5/2022).

Mengingat digelar masih dalam situasi pandemi, Pemprov DKI Jakarta dan aparat kepolisian memutuskan untuk memperluas kawasan CFD di enam titik. HBKB berlangsung dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB ini.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, kawasan HBKB diperluas untuk mengurai konsentrasi mayarakat supaya tidak hanya berkumpul di kawasan Jalan Sudirman-Thamrin.

"Tadinya pelaksanaan HBKB bergiliran. Menimbang dan mengingat dan usulan para warga kita laksanakan sekaligus 6 lokasi yakni Sudirman-Thamrin, Tomang, Sunter dan Pemuda," ucap Sambodo kepada awak media, Minggu (22/5/2022).

Sambodo mengingatkan, masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Dalam hal ini, kepolisian bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta akan memantau aktivitas masyarakat. Rencananya apilikasi PeduliLindungi akan dipasang di titik-titik CFD.

"Kami akan memantau pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) nantinya mereka berolahraga tentu kalau ada yang berkerumun akan kita imbau untuk tetap menjaga prokes," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, Pemprov DKI Jakarta kembali menerapkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) dengan pola terbatas. HBKB sempat dihentikan karena Indonesia mendeteksi adanya kasus Covid-19 pada Maret 2020.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan pelaksanaan HBKB untuk meningkatkan kualitas udara di ibu kota. HBKB dimulai Minggu, 22 Mei 2022 pukul 06.00 sampai 10.00 WIB.

"HBKB terbatas boleh dilakukan hanya untuk kegiatan olahraga," katanya melalui keterangan tertulis, Jumat (20/5/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar 6 Lokasi CFD Jakarta

Syafrin memastikan, di enam lokasi CFD Jakarta tidak akan ada kegiatan partisipan dan Pedagang Kaki Lima (PKL). Para pengunjung diwajibkan untuk scan QR Code PeduliLindungi atau menunjukkan minimal sertifikat vaksin kedua.

Syafrin mengimbau masyarakat yang mengunjungi lokasi HBKB Jakarta harus tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Seluruh masyarakat pengunjung HBKB yang akan beraktivitas di lokasi pelaksanaan HBKB terbatas agar memenuhi ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan untuk kebaikan bersama, serta kami imbau untuk tetap membawa masker untuk digunakan saat suasana sangat ramai," ujar Syafrin.

Berikut enam titik HBKB atau CFD di Jakarta hari ini:

1. Bundaran Patung Kuda sampai Bundaran Senayan;

2. Traffic Light Harmoni sampai Rumah Sakit Tarakan;

3. Danau Sunter Selatan sampai GOR Sunter;

4. Traffic Light Tomang sampai Tomang Business Hotel;

5. Traffic Light CSW sampai Bundaran Senayan; dan

6. Simpang Pemuda sampai Simpang Tugas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.