Sukses

Ada Demo di DPR dan Patung Kuda, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Sejumlah elemen massa yang terdiri dari buruh dan mahasiswa akan menggelar aksi demo pada hari ini, Sabtu (21/5/2022)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah elemen masyarakat yang terdiri dari buruh dan mahasiswa akan menggelar aksi demo pada hari ini, Sabtu (21/5/2022). Informasi yang diterima dari pihak kepolisian, massa terpecah menjadi dua lokasi yakni Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat dan Gedung DPR/MPR.

"Jadi ada dua tempat di DPR dan Patung Kuda," kata Kasat Lantas Wilayah Jakarta Pusat, Kompol Purwanta kepada wartawan, Sabtu (21/5/2022).

Purwanta menerangkan, 1.500 peserta unjuk rasa berkumpul di kawasan Patung Kuda. Sementara itu, untuk di kawasan DPR/MPR jumlahnya pesertanya ratusan.

"Rencana jam 11 siang massa akan berdatangan," ucap dia.

Purwanta menyampaikan, telah menyiapkan skenario rekayasa lalu lintas di dua lokasi tersebut. Namun, sifatnya situasional tergantung situasi yang terjadi pada saat aksi berlangsung.

Purwanta melaporkan pada pukul 09.50 WIB, situasi arus lalu lintas masih lancar.

"Untuk persiapan sudah dilaksanakan sementara. Kalau tidak mendesak tidak ada penutupan atau pengalihan arus seperti biasa saja," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Massa Diminta Jaga Ketertiban

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengingatkan peserta unjuk rasa mematuhi undang-undang yang berlaku.

"Tentunya kami mengimbau kepada semua elemen yang mau menyampaikan pendapat di muka umum sebagaimana diatur Nomor 9 tahun 1998 tentunya juga harus menjaga ketertiban umum dan ruang publik yang lain," ujar dia.

Zulpan mengatakan, rencana unjuk rasa telah disampaikan ke pihak kepolisian. Menurut dia, peserta sendiri berjumlah 500 orang.

Zulpan mengatakan, pihaknya telah mengerahkan sejumlah personel untuk mengamankan selama aksi unjuk rasa berlangsung.

"Polisi akan mengawal, khususnya Polda Metro Jaya akan mengamankan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya tentunya dengan protap yang kita miliki dan juga secara humanis tentunya," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.