Polda Metro Siapkan Pengamanan Massa Demo 21 Mei

Oleh Liputan6.com pada 21 Mei 2022, 06:33 WIB
Diperbarui 21 Mei 2022, 06:37 WIB
Polisi Tangkap 2 Tersangka Mutilasi di Bekasi
Perbesar
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya telah menerima pemberitahuan terkait demo yang diikuti sejumlah elemen masyarakat, Sabtu (21/5/2022). Sejumlah elemen masyarakat akan turun ke jalan dalam rangka memperingati hari reformasi.

"Polda Metro sudah mendapat pemberitahuan dari elemen yang menyampaikan pendapat di muka umum. Untuk kegiatan hari ini Jumat (20/5), juga ada termasuk DPR/MPR termasuk besok. (Estimasi massa) ya kalau untuk massa kurang lebih 500," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan.

Dengan adanya pemberitahuan tersebut, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah personel untuk mengawal dan mengamankan aksi demo tersebut secara humanis.

"Tentunya Polda Metro Jaya akan menyiapkan pengamanan terhadap elemen yang akan menyampaikan pendapat di muka umum, terkait dengan apa yang mereka sampaikan kepada kita jumlah peserta dan sebagainya," jelasnya.

"Polisi akan mengawal, khususnya Polda Metro Jaya akan mengamankan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Tentunya dengan protap yang kita miliki dan juga secara humanis tentunya," sambungnya.

Lalu, terkait dengan jumlah personel yang akan mengawal aksi tersebut. Nantinya akan lebih banyak daripada massa aksi unjuk rasa.

"(Personel) Nanti akan kami sampaikan. Melihat eskalasi yang ada di lapangan. Pengamanan tentunya lebih dari jumlah massa yang hadir," ujarnya.


Diminta Tertib

Selain itu, dirinya mengimbau kepada massa aksi untuk tetap tertib dalam menyampaikan pendapatnya di muka umum dan tidak disusupi oleh orang lain.

"Tentunya kami mengimbau kepada semua elemen yang mau menyampaikan pendapat di muka umum, sebagaimana di atur nomor 9 tahun 1998 tentunya juga harus menjaga ketertiban umum dan ruang publik yang lain. Kemudian juga tidak tersusupi oleh orang-orang lain yang nanti merusak daripada acara penyampaiaan pendapat ini," ungkapnya.

Zulpan juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap melakukan kegiatan sehari-harinya seperti biasa saja. Karena, pihaknya akan menjamin keamanan untuk warga yang tidak ikut melakukan aksi.

"Saya juga menginbau kepada masyarakat tetap beraktivitas biasa. Polda Metro Jaya akan menjamin keamanan semua masyarakat, termasuk kegiatan perekonomian agar tidak terganggu. Semuanya aktivitas seperti biasa," tutupnya.


Tidak Terprovokasi

Sebelumnya Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengingatkan sejumlah elemen yang melakukan unjuk rasa untuk tetap menjaga situasi ketertiban dan tidak terprovokasi dengan oknum-oknum yang membuat kericuhan.

"Imbauannya agar menjaga situasi tetap tertib, aman dan menghargai masyarakat pengguna jalan lainnya. Jangan sampai disusupi oleh kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab," kata Dedi.

Sumber: Nur Habibie/Merdeka.com

Infografis Demo 11 April 2022 dan Tuntutan Mahasiswa. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Demo 11 April 2022 dan Tuntutan Mahasiswa. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya