Masa Jabatan Akan Berakhir, Bupati Lanny Jaya Ajak Masyarakat Dukung Pembentukan DOB di Papua

Oleh stella maris pada 20 Mei 2022, 21:31 WIB
Diperbarui 20 Mei 2022, 21:37 WIB
Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom
Perbesar
Bupati Lanny Jaya,Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom dalam acara ucapan syukur berakhirnya masa jabatan/Istimewa.

Liputan6.com, Jayawijaya Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom mengajak masyarakat Lapago mendukung penuh program pemerintah yang hendak membentuk Daerah Otonom Baru (DOB) di Papua. Dia juga meminta agar masyarakat tak terhasut dengan pihak yang beranggapan bahwa kebijakan pemekaran itu justru membuat masyarakat Papua menjadi terpuruk.

Hal itu disampaikan Befa saat memberi sambutan dalam acara Bakar Batu di Distrik Wamena, Jayawijaya, Kamis (19/5). Kegiatan tersebut digelar dalam rangka pengucapan syukur berakhirnya masa jabatan Bupati Lanny Jaya, masa jabatan Ketua Asosiasi Bupati Pegunungan Tengah Papua, dukungan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan pemekaran DOB.

Menurutnya, pemekaran daerah Pegunungan Tengah Papua harus direalisasikan secara nyata. Alasannya, kebijakan tersebut sepenuhnya untuk kebaikan masyarakat Papua. Apabila pembangunan berjalanan dengan baik, maka masyarakatlah yang akan menikmatinya.

 

Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom
Perbesar
Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom/Istimewa.

"Saya meminta agar masyarakat pulang dari sini langsung memikirkan perkataan saya dan kami, bupati ini berpikir untuk masa depan masayarakat Lapago," terang Befa.

Selain itu, dirinya juga mengimbau, para pihak tertentu agar berhenti menyebarkan sikap pesimistis terkait kebijakan pemekaran. Menurutnya, pemimpin harus menyebarkan sikap optimistis, memikirkan masa depan yang lebih baik, dan melindungi masyarakatnya. 

Selain itu, dia juga meyakini, kebijakan pemekaran ini dapat membuat kehidupan masyarakat lebih baik dan sejahtera di masa mendatang. Adapun kegiatan Bakar Batu tersebut dihadiri berbagai pihak. 

Mulai dari Bupati Jayawijaya, Bupati Yahukimo, Bupati Mamberamo Tengah, Bupati Yalimo, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), Ketua DPRD Jayawijaya, Ketua Umum Forum Komunikasi Pemekaran Lapago, hingga berbagai pihak terkait lain. Gelaran itu juga diikuti 25.000-an orang yang berasal dari se-wilayah Lapago.

Masyarakat Lapago yang hadir pun turut menyampaikan dukungannya terhadap rencana pembentukan DOB di Pegunungan Tengah Papua. Mereka meyakini kebijakan tersebut untuk kemajuan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

(*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya