Sukses

Car Free Day di Jakarta Kembali Dibuka Pekan Ini, Catat Lokasinya

Syafrin memastikan di lokasi HBKB tidak akan ada kegiatan partisipan dan Pedagang Kaki Lima (PKL). Para pengunjung diwajibkan untuk scan QR Code PeduliLindungi atau menunjukkan minimal sertifikat vaksin kedua.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menerapkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) dengan pola terbatas. CFD sempat dihentikan karena Indonesia mendeteksi adanya kasus Covid-19 pada Maret 2020.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan pelaksanaan HBKB untuk meningkatkan kualitas udara di ibu kota. HBKB dimulai Minggu, 22 Mei 2022 pukul 06.00 sampai 10.00 WIB.

"HBKB terbatas boleh dilakukan hanya untuk kegiatan olahraga," katanya melalui keterangan tertulis, Jumat (20/5/2022).

Syafrin memastikan di lokasi HBKB tidak akan ada kegiatan partisipan dan Pedagang Kaki Lima (PKL). Para pengunjung diwajibkan untuk scan QR Code PeduliLindungi atau menunjukkan minimal sertifikat vaksin kedua.

Syafrin mengimbau masyarakat yang mengunjungi lokasi HBKB harus tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Seluruh masyarakat pengunjung HBKB yang akan beraktivitas di lokasi pelaksanaan HBKB terbatas agar memenuhi ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan untuk kebaikan bersama, serta kami imbau untuk tetap membawa masker untuk digunakan saat suasana sangat ramai," ujar Syafrin.

Berikut lokasi pelaksanaan HBKB di Jakarta:

1. Jl. Jend. Sudirman – Jl. MH Thamrin (Patung Arjuna Wijaya s.d. Patung Pemuda Membangun)

2. Jl. Sisingamangaraja (Patung Pemuda Membangun s.d. CSW), Jakarta Selatan

3. Jl. Tomang Raya (Simpang Tomang s.d. Business Hotel Tomang), Jakarta Barat

4. Jl. Danau Sunter Selatan (Simpang Karya Beton s.d. GOR Sunter), Jakarta Utara

5. Jl. Suryo Pranoto (Simpang Harmoni s.d. Simpang RSUD Tarakan), Jakarta Pusat

6. Jl. Pemuda (Simpang Arion s.d. Simpang TU-GAS), Jakarta Timur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Solo Sudah Terapkan CFD

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo juga telah membuka kembali kegiatan car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor pada Minggu, 15 Mei 2022. Langkah Pemkot Solo mengaktifkan kembali CFD yang telah selama dua tahun vakum lantaran adanya tren penurunan angka kasus Covid-19.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjelaskan berdasarkan rapat evaluasi COVID-19 pasca Lebaran telah ditentukan adanya pelonggaran aktivitas sesuai aturan PPKM Level 2. Salah satunya adalah mengoperasionalkan kembali CFD pada pertengahan bulan Mei ini. 

"Untuk CFD kita buka lagi pada 15 Mei atau Minggu akhir pekan ini," ujar Gibran di Balai Kota, Selasa (10/5/2022)

Putra sulung Jokowi ini menyebutkan kembali digelarnya CFD bakal dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo. Sementara untuk teknis pelaksanaan diatur Dinas Perhubungan (Dishub).

"Dishub Solo yang mengatur teknisnya. Yang jelas tidak ada perubahan signifikan dalam CFD sebelumnya," sebutnya.

 

 

Reporter: Titin Supriatin 

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.