Sukses

Airlangga: Koalisi Indonesia Bersatu Masih Buka Peluang Partai Lain Bergabung

Airlangga mengungkapkan, KIB masih membuka peluang untuk parpol lain bergabung dalam visi yang sama menyejahterakan rakyat, kendati tiga parpol ini sudah cukup untuk mengusung capres-cawapresnya sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Koalisi Indonesia Bersatu yang terdiri dari tiga partai politik, Golkar, PAN, dan PPP, berniat melanjutkan pembangunan yang telah dicapai Presiden Joko Widodo, apabila mereka mampu memenangkan Pemilu 2024.

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menyatakan, PAN, PPP, serta partainya memiliki pengalaman di pemerintahan. Bukan hanya di pemerintahan Presiden Jokowi, ketiga partai itu juga memiliki pengalaman di pemerintahan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Airlangga mengungkapkan, KIB juga masih membuka peluang untuk parpol lain bergabung dalam visi yang sama menyejahterakan rakyat, kendati tiga parpol ini sudah cukup untuk mengusung capres-cawapresnya sendiri.

Namun, KIB membuka pintu bagi partai lain yang ingin bersama memperjuangkan yang baik di era pemerintahan saat ini dan memperbaiki yang masih kurang di masyarakat.

"Komunikasi dengan seluruh partai politik cair. Jadi kerja sama dengan partai politik bersifat inklusif. Terbuka untuk semua," ujarnya.

Airlangga menuturkan, agenda terdekat Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibentuk Golkar, PAN, dan PPP yakni mengawal pemerintahan Jokowi hingga tuntas pada 2024.

"Kita akan mengawal pembangunan sampai dengan 2024 dan tentunya melanjutkan apa-apa yang dilakukan dan yang baik untuk di periode selanjutnya," terang Airlangga dalam keterangannya, Kamis (19/5/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengalaman di Pemerintahan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menjelaskan, pengalaman yang dimiliki ketiga parpol di pemerintahan begitu dibutuhkan untuk melanjutkan pembangunan di periode mendatang.

"Ketiga partai politik ini membunyai kesamaan yaitu sama-sama mempunyai pengalaman di pemerintahan, sama-sama punya pengalaman di DPR, sama-sama punya pengalaman di MPR," ucapnya.

Airlangga menambahkan, KIB juga sesuai dengan harapan Presiden Jokowi. "Tentunya pengalaman dalam mengatasi pembangunan ini sudah didalami ketiga partai ini, dan tentunya ini cocok dengan apa yang diharapkan Pak Presiden," katanya.

Dia menyampaikan, kerja sama Golkar, PAN, dan PPP didasari visi dan misi yang sama untuk Indonesia, yaitu membangun masyarakat Indonesia yang makmur, kaya, dan sejahtera. Ketiga parpol ini juga berupaya mendegradasi polarisasi akibat perhelatan politik yang terjadi sejak Pilpres 2019.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.