Sukses

Harga Cabai di Depok Mengalami Kenaikan

Namun, di sisi lain, ketika harga cabai naik, harga daging di Kota Depok malah mengalami penurunan.

Liputan6.com, Jakarta - Usai Hari Raya Idul Fitri, sejumlah kebutuhan pokok mengalami penurunan harga. Namun, terdapat harga kebutuhan pokok lainnya yang mengalami kenaikan, salah satunya cabai yang terpantau naik di UPT Pasar Cisalak, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

Kepala UPT Cisalak Pasar, Muhammad Sahal, mengatakan, pasca Hari Raya Idul Fitri harga kebutuhan pokok telah mengalami penurunan. Hal itu berdasarkan pemantauannya di sejumlah pedagang sayur-mayur dan sembako.

"Ada yang mengalami penurunan, ada juga yang mengalami kenaikan, yaitu cabai," ujar Sahal saat ditemui Liputan6.com, Rabu (19/5/2022).

Sahal menjelaskan, harga cabai yang mengalami kenaikan yakni cabai rawit merah dan hijau. Cabai rawit hijau Rp41 ribu per kilogram yang sebelumnya Rp35 ribu, dan cabai rawit merah Rp43 ribu per kilogram sebelumnya Rp41 ribu per kilogram.

"Jadi kenaikan harga untuk cabai rawit hijau Rp6 ribu per kilogram dan cabai rawit merah Rp2 ribu per kilogram," papar Sahal.

Sahal mengungkapkan, kenaikan harga cabai sudah terjadi sejak puasa hingga saat ini. Kenaikan tersebut disebabkan faktor cuaca yang tidak menentu, dan transportasi pengangkutan terkendala karena mudik lebaran.

"Sedangkan kebutuhan warga mengalami peningkatan, namun untuk ketersediaan barang masih mencukupi," ungkap Sahal.

Sahal menuturkan, untuk harga daging yang sebelumnya mengalami kenaikan, kini telah menurun. Sebelumnya harga daging mencapai Rp160 ribu per kilogram, kini menjadi Rp140 ribu per kilogram. Untuk minyak goreng kemasan masih terpantau pada harga Rp24 ribu per liter.

"Untuk minyak goreng curah seharga Rp21 ribu per liter," tutur Sahal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Stabil

Sementara, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok, Sony Hendro mengatakan, secara umum terdapat sejumlah komoditas mengalami penurunan harga. Namun, terdapat beberapa kebutuhan pokok lainnya belum stabil dan fluktuatif.

"Memang penurunan harga tidak terlalu jauh dari harga sebelumnya, namun tetap stabil," kata Sony.

Sony mengungkapkan, harga bawang merah yang sebelumnya mencapai Rp60 ribu per kilogram kini menjadi Rp35 ribu per kilogram. Pada bawang putih biasa saat ini mencapai Rp27 ribu per kilogram dan bawang putih cutting mencapai Rp37 ribu per kilogram.

"Stok pangan di Kota Depok tetap aman namun warga kami ingatkan tetap membeli kebutuhan pokok sesuai kebutuhan," pungkas Sony.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.