Fakta-Fakta Wanda Hamidah Dipolisikan Mantan Suami, Daniel Patrick Hadi Schuldt

Oleh Maria Flora pada 19 Mei 2022, 14:51 WIB
Diperbarui 19 Mei 2022, 14:56 WIB
[Fimela] Wanda Hamidah
Perbesar
Wanda Hamidah (Instagram/wanda_hamidah)

Liputan6.com, Jakarta - Nama Wanda Hamidah kini tengah jadi perbincangan hangat publik. Dia diduga telah melakukan perusakan rumah hingga penistaan terhadap mantan suaminya, Daniel Patrick Hadi Schuldt. 

Laporan terhadap Wanda Hamidah tersebut dibenarkan oleh Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Depok, AKBP Yogen Heroes Baruno, yakni pada Selasa, 17 Mei 2022.

"Kita menerima laporan dari seseorang terkait masalah yang kita kenakan pasal 167, 406, dan 335 ayat 2. Jadi (Wanda Hamidah) memasuki pekarangan merusak rumah, dan melakukan penistaan," kata Yogen dikutip dari YouTube KH Infotainment.

Lanjut Yogen, pemicu perselisihan berkenaan soal kesepakatan Wanda Hamidah dan Daniel terkait pengembalian hak asuh anak mereka, Malakai Ali Schuldt.

Menyikapi laporan mantan suami Wanda Hamidah, Yogen menyebut Kepolisian berencana memanggil mantan politikus tersebut untuk dimintai keterangan.

"Proses akan kita lanjutkan terus sampai berikutnya ya. Kita akan memanggil saksi yang lain dan memanggil terlapor," Yogen menegaskan.

Lantas, apa tanggapan Wanda Hamidah terkait laporan mantan suaminya, Daniel Patrick Hadi Schuldt atas tuduhan perusakan dan penistaan?

Lewat akun Instagram resminya, perempuan 44 tahun itu memberikan klarifikasinya. Mantan politikus tersebut mengatakan kabar terkait dirinya melakukan perusakan tidak dijelaskan secara detail duduk perkaranya.

"Dalam hal ini saya sudah dilaporkan dan menjadi konsumsi media, yang tidak dijelaskan secara utuh dan hanya dari satu pihak. Saya akan coba jelaskan bahwa teman-teman mungkin tahu saya divorce dengan ayahnya Malakai," kata Wanda Hamidah.

Berikut sejumlah fakta Wanda Hamidah dilaporkan mantan suami atas dugaan perusakan rumah hingga penistaan dihimpun Liputan6.com


1. Kronologi Wanda Hamidah Dilaporkan

[Fimela] Wanda Hamidah
Perbesar
Wanda Hamidah (Instagram/wanda_hamidah)

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Depok, AKBP Yogen Heroes Baruno, membeberkan penyebab Daniel Patrick Hadi Schuldt melaporkan mantan istrinya, Wanda Hamidah, ke polisi.

Menurut Yogen, semua bermula dari proses pengembalian hak asuh anak mereka, Malakai Ali Schuldt, pada 15 Mei 2022, malam. Seharusnya, Yogen menerangkan, mantan suami Wanda Hamidah mengembalikan Malakai ke rumah perempuan berusia 44 tahun ini.

Pria yang bercerai dari Wanda pada 10 September 2019 ini diketahui menepati janjinya untuk mengantarkan putranya ke rumah sang mantan istri. Namun, dijelaskan Yogen, saat proses pengantaran anak ke rumah Wanda, yang bersangkutan tak ada di rumah.

"Sudah diantarkan tapi terlapor (Wanda Hamidah) tidak ada, kemudian dibawa kembali oleh pelapor (Daniel)," Yogen mengisahkan kronologi Wanda Hamidah dilaporkan ke polisi seperti dikutip saluran YouTube KH Infotainment, Selasa, 17 Mei 2022.

Yogen kembali menjelaskan, Wanda yang mendapati anak dari pernikahannya dengan Daniel tak ada di rumah, memutuskan untuk membawa pulang anaknya dengan menyatroni kediaman Daniel.

Di rumah Daniel, kata Yogen, Wanda diduga melakukan perusakan hingga penistaan. "Terlapor diduga masuk ke pekarangan, merusak rumah, dan melakukan penistaan," Yogen menambahkan. 

Saat ini, polisi masih terus melakukan pemeriksaan terhadap laporan yang dibuat mantan suami Wanda Hamidah. Jika terbukti bersalah, mantan anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta tahun 2009 ini berpeluang terkena jerat hukum dengan ancaman 8 bulan kurungan.


2. Respons Wanda Hamidah

[Fimela] Wanda Hamidah
Perbesar
Wanda Hamidah (Instagram/wanda_hamidah)

Atas laporan mantan suaminya, belakangan Wanda telah pula memberi klarifikasinya di akun Instagram terverifikasinya, Rabu, 18 Mei 2022.

Dalam klarifikasinya, ia menyebut kabar yang beredar tidak menjelaskan secara detail duduk perkara aksi perusakan rumah mantan suami Wanda Hamidah yang bermula dari ikhtiar menjemput anak usai syuting dua hari.

Wanda Hamidah menyebut ada pembagian waktu bertemu anak. Sabtu dan Minggu adalah hak Daniel Patrick bertemu buah hatinya, Malakai Ali Schuldt. Minggu malam, saatnya anak kembali ke pelukan Wanda Hamidah.

"Kemarin seperti biasa, hari Sabtu Minggu, Malakai bersama ayahnya. Kemudian hari Minggu malam seharusnya Malakai sudah dikembalikan kepada saya," Wanda Hamidah membeberkan.

"Yang terjadi adalah Malakai tidak dikembalikan kepada saya. Hal itu membuat saya panik dan saya marah sekali. Bahkan, ayahnya Malakai berusaha menghilangkan jejak ya," ia menyambung.

Wanda Hamidah mendatangi rumah lama bekas suaminya namun yang bersangkutan sudah tak ada. Ia lantas menelepon Daniel Patrick untuk menanyakan alamat rumah yang baru namun tidak diangkat.

"Saya telepon tidak diangkat-angkat karena saya enggak tahu di rumah yang baru sekarang. Kemudian, ada teman yang memberi tahu saya di mana rumah dia. Saya datang ke situ," ungkap Wanda.


3. Akui Lakukan Perusakan

[Fimela] Wanda Hamidah
Perbesar
Wanda Hamidah (Instagram/wanda_hamidah)

Terkait laporan perusakan rumah, aktris kelahiran Jakarta, 21 September 1977, mengakuinya. Saat kesabaran tiba di perbatasan, Wanda Hamidah nekat menerobos rumah Daniel Patrick.

"Saya menerobos masuk dan tidak dibukakan pintu. Benar saya merusak pintu dan jendela karena rasa frustasi saya, dan kerinduan saya, dan kemarahan saya," ia mengakhiri.

Hingga saat ini, kata Wanda Hamida, Malakai masih berada di tangan mantan suaminya. Sebagai ibu, wanita 44 tahun itu akan melakukan segala cara untuk bisa bertemu dengan membawa buah hatinya kembali ke pelukannya. 

"Segala daya dan upaya akan saya lakukan untuk medapatkan hak saya kembali dan memeluk Malakai kembai ke pelukan saya. Saya akan perjuangkan hak saya sebagai seorang ibu," ujar Wanda Hamida dikutip dari Instagramnya, Rabu, 18 Mei. 

Terkait kasus hukum yang dilaporkan mantan suaminya ke Polres Metro Depok, Jawa Barat pada 17 Mei 2022, Wanda Hamidah enggan bicara banyak. Ia menyerahkan sepenuhnya masalah ini kepada kuasa hukumnya

"Untuk masalah proses hukum saya tidak akan berpanjang lebar, silahkan tanya ke pengacara Tegar Putu Hena," kata Wanda Hamidah.

 


4. Pesan Wanda Hamidah untuk Buah Hatinya

[Fimela] Wanda Hamidah
Perbesar
Wanda Hamidah (Instagram/wanda_hamidah)

Melalui unggahan videonya di Instagram, selebritis yang terjun ke dunia politik menyampaikan salamnya buat sang buah hati. Bahwa, ia dan anak-anaknya yang lain mengaku sangat merindukan Malakai.

 "Untuk Malakai kalau Malakai melihat ini, we miss you so much. ibu abang dan kaka kangen sekali dangan Malakai," ujar Wanda Hamidah sambil meneteskan air mata dikutip dalam Instagramnya, Rabu, 18 Mei 2022.

Wanita yang mengawali kariernya sebagai model sampul majalah pada tahun 1991 melanjutkan, dirinya berharap Malakai bisa kembali berada dalam dekapannya. Wanda Hamidah juga ingin anaknya bisa kembali bersekolah dan melakukan aktifitasnya seperti sedia kala.

"Mudah mudahan malakai bisa kembali dengan ibu kembali kepangkuan ibu dan bisa kembali sekolah, mendapatkan hak malaikai mendapatkan hak pendidikan dan malakai bertemu denagnguru-guru dan teman-teman Malakai dan bisa melakukan kegiatan Malakai, mengaji, basket, taikondow, we miss you," jelasnya.

Sebagai seorang ibu, Wanda Hamidah akan melakukan segala cara agar sang buah hati kembali kepadanya. Apalagi ia berhak mengurus dan mengasuh Malakai sesuai dengan keputusan pengadilan.

"Segala daya dan upaya akan saya lakukan untuk mendapatkan hak saya kembali dan memeluk Malakai kembai kepelukan saya. Saya akan perjuangkan hak saya sebagai seorang ibu," ujar Wanda Hamidah.


5. Ingatkan Mantan Suami Putusan Inkrah Pengadilan Agama

[Fimela] Wanda Hamidah
Perbesar
Wanda Hamidah (Instagram/wanda_hamidah)

Sebagai informasi, Wanda Hamidah dan Daniel Patrick bercerai pada September 2019.

Bintang film Imperfect lantas mengingatkan sang mantan soal hasil keputusan Pengadilan Agama Jakarta Selatan yang berkekuatan hukum tetap, bahwa hak asuh dan pemeliharaan anak jatuh ke pihak ibu.

“Tapi yang terjadi sebaliknya. Saya tidak disambut dengan baik, saya panik, saya frustasi, saya marah setelah kerja dua hari syuting dan rindu sekali dengan anak saya. Lelah juga,” Wanda Hamidah menyambung.

Ia mengingat, pada malam itu, pulang syuting dari Puncak menempuh perjalanan darat 4 sampai 5 jam menuju Jakarta. Terbakar lelah dan kangen anak, Wanda Hamidah nekat menerobos rumah mantan suami.

"Dan secara putusan pengadilan ketika perceraian kami, Malakai berada dalam pengasuhan dan pemeliharaan saya yang sudah diputuskan inkrah, berkeputusan tetap oleh hakim,” katanya dalam video tersebut.

Infografis Boleh Lepas Masker Kode Keras Pandemi ke Endemi Covid-19
Perbesar
Infografis Boleh Lepas Masker Kode Keras Pandemi ke Endemi Covid-19 (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya