Tepis Isu Keretakan, Airlangga Hartarto Sebut Golkar Masih Solid

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 19 Mei 2022, 01:01 WIB
Diperbarui 19 Mei 2022, 01:01 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.
Perbesar
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan, isu miring soal partainya pecah kongsi dan kudeta dirinya sebagai ketua adalah tidak benar.

Dia memastikan, seluruh kadernya solid menyukseskan Partai Golkar untuk Pemilu 2024.

"Itu kata siapa? Kata siapa? Golkar solid. Kalau Golkar solid jangan bikin cerita di luar-luar," kata Airlangga menjawab wartawan usai Acara Silaturahmi Akbar di Markas DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Rabu (18/5/2022).

Dia menambahkan, soliditas Partai Golkar dibuktikkan dengan hadirnya para petinggi dan senior partai saat acara silaturahmi yang diadakan malam ini.

Menurutnya, seluruh anggota baik di tingkat pusat dan provinsi hadir secara daring dan luring. Ini menurutnya sebagai bukti bahwa partai Golkar sampai hari ini masih solid

"Seluruhnya datang kan tadi Pak Akbar Tandjung juga datang, Pak Agung Laksono juga datang," kata Airlangga.

Sebelumnya ramai diperbincangkan soal gangguan soliditas Partai Golkar. Selain itu, muncul juga kabar soal penggulingan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Isu liar itu kemudian dibantah Waketum Partai Golkar HAM Nurdin Halid (NH).

Menurut dia, untuk melakukan hal tersebut harus dibentuk kepanitiaan untuk mengadaka musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) dan hal tersebut tidak sederhana harus mengikuti tata aturan partai.

"Saya kira untuk melakukan munaslub itu hal tidak mudah, harus merujuk konstitusi partai," kata Nurdin saat dikonfirmasi, Kamis 12 Mei 2022.

 


Merasa Bahagia

Diketahui, Airlangga Partai Golkar menggelar acara silaturahmi akbar bersama seluruh anggota DPP Partai Golkar dan Ketua DPD Partai Golkar Tingkat Provinsi se-Indonesia, Rabu (18/5/2022).

Pantauan di lokasi pukul 19.00 WIB, Rabu (18/5/2022), duduk di kursi terdepan adalah Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Airlangga tampak ditemani sejumlah politisi senior Golkar, seperti Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Terlihat pula duduk satu meja dengan mereka seperti Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita, Ketua Dewan Pakar Partai Golkar HR Agung Laksono, dan Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung.

"Ini yang pertama sejak pandemi Covid-19. Selama dua tahun kita halal bi halal secara daring dan malam ini kita bisa hadir sepenuhnya di markas Partai Golkar," kata Airlangga dalam sambutannya di ruang pertemuan Kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli, Jakarta Barat, Rabu (18/5/2022).

Airlangga mengaku bahagia karena dapat melihat para pengurus partai dari tingkat provinsi dan para senior partai juga ormas Partai Golkar bisa hadir dalam acara malam ini.

"Semoga ibadah puasa kita diterima Allah, saya juga memohon maaf atas segala kekhilafan," Airlangga menutup.

 

 


Konsisten

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menyatakan Golkar tetap konsisten akan mengusung Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai calon presiden 2024.

"Golkar sendiri ya kita masih kosnsiten hasil munas partai Golkar di mana Pak Airlangga sebagai capres. Tapi tentu kita juga harus mendengarkan pandangan-pandangan parpol lain," kata Ace di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (18/5/2022).

Meski demikian, Ace menyebut Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) belum membahas detail siapa capres yang akan mereka usung.

"Hingga saat ini memang koalisi masih belum bicara soal figur capres maupun cawapres ya, kita masih membahas tentang politik gagasannya, platofrm apa, visi apa, serta bagaimana strategi pemenangan,” ujar dia.

Meski demikian, Ace menyebut pihaknya optimis Airlangga bakal diterima KIB untuk menjadi capres pada Pilpres 2024. Sebab, Airlangga adalah partai terbesar di koalisi tersebut.

"Golkar kan sebagai partai terbesar di koalisi itu, itu penting. Nah tentu hingga saat ini kan kita belum bicara siapa figur ya. Yang kita bicarakan adalah politik gagasan itu, di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan hal-hal yang ditawarkan pada masyarakat," pungkas dia.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya