Sukses

Survei SMRC: 76,7 Persen Warga Puas Atas Kinerja Jokowi

Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei tentang “Kepuasan Publik terhadap Pengelolaan Mudik dan Kinerja Presiden Jokowi”.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei tentang “Kepuasan Publik terhadap Pengelolaan Mudik dan Kinerja Presiden Jokowi”.

Hasilnya, kepuasan publik pada kinerja Presiden Joko Widodo mengalami peningkatan. Dalam sebulan terakhir, kepuasan atas kinerja Jokowi naik dari 65,5% pada survei 12-15 April 2022 menjadi 76,7% dalam survei terakhir 10-12 Mei 2022.

“Sebanyak 76,7 persen warga mengaku sangat atau cukup puas dengan kinerja presiden. Sementara yang menyatakan kurang atau tidak puas sama sekali sebanyak 20,9 persen. Ada 2,4 persen yang tidak menjawab,” kata Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas dalam keterangannya, Rabu (18/5/2022).

Abbas menjelaskan bahwa kepuasan pada kinerja presiden tampak berhubungan dengan penilaian warga atas kinerja pemerintah menangani wabah COVID-19 dan penyelenggaraan mudik.

“Sekitar 76 persen warga merasa sangat atau cukup puas dengan kerja pemerintah dalam penyelenggaraan mudik tahun ini. Yang merasa kurang atau tidak puas sama sekali sekitar 9 persen, dan yang tidak tahu atau tidak jawab 15 persen,” kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Covid-19

Sementara itu, sekitar 75 persen warga merasa puas dengan kerja pemerintah pusat menangani Covid-19. Yang kurang atau tidak puas sekitar 22 persen, dan yang tidak tahu atau tidak menjawab sekitar 3 persen.

Abbas menjelaskan bahwa sentimen positif atas kinerja Pemerintah Pusat menangani COVID-19 pada survei terakhir 10-12 Mei 2022 (75 persen) mengalami kenaikan dibanding hasil survei sebelumnya dalam setahun terakhir yang rata-rata di bawah 70 persen.

“Warga yang merasa puas dengan kinerja pemerintah dalam menangani wabah COVID-19 dan penyelengaraan mudik cenderung merasa puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Begitupun sebaliknya,” pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Metode Survei

Adapun survei ini dilakukan melalui telepon dengan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD).

Sampel sebanyak 1245 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara pada 10–12 Mei 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.