Anies Beri Kuliah Umum di Oxford, Pamer Transformasi Transportasi Jakarta

Oleh Winda Nelfira pada 18 Mei 2022, 10:37 WIB
Diperbarui 18 Mei 2022, 10:38 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan kuliah umum di University of Oxford, Inggris. (Foto: akun Instagram @aniesbaswedan)
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan kuliah umum di University of Oxford, Inggris. (Foto: akun Instagram @aniesbaswedan)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mendapat kesempatan memberikan kuliah umum saat mengunjungi University of Oxford, Inggris. Dalam kesempatan itu, dia bercerita tentang pencapaian tranformasi tranportasi Jakarta dalam lima tahun terakhir.

"Kami berbagi pengalaman Jakarta melakukan transformasi transportasi selama 5 tahun terakhir melalui JakLingko," kata Anies Baswedan melalui akun Instagramnya, @aniesbaswedan, Selasa, 17 Mei 2022.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengaku senang berkesempatan menyampaikan gagasannya kepada para akademisi di Oxford yang berasal dari berbagai belahan dunia. Terlebih, Oxford dikenal sebagai salah satu kampus terbaik di dunia.

"Senang sekali bisa diberi kesempatan berbagi gagasan dengan para akademisi di salah satu kampus tertua dan terbaik di dunia (didirikan tahun 1096). Di kampus ini berkumpul orang-orang terbaik dari seluruh dunia yang memiliki budaya akademik, termasuk rasa ingin tahu dan belajar, yang sangat tinggi," ujar Anies.

Tak lupa, Anies juga menitipkan pesan kepada mahasiswa Indonesia yang sedang berkuliah di luar negeri. Dia ingin agar mahasiswa jangan buru-buru pulang ke kampung halaman. Pengalaman dan bangun jejaring internasional jadi saran Anies untuk mahasiswa.

"Pesan untuk teman-teman yang sedang kuliah di luar, setelah tamat nanti, jangan langsung pulang ke Indonesia cepat-cepat. Tambahkan pengalaman bekerja, bangun jejaring internasional baru. Sehingga saat pulang nanti membawa ilmu, pengalaman dan jejaring, siap untuk ikut menjawab tantangan-tantangan bangsa," kata Anies.


Bahas Potensi Asia Tenggara

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat berkunjung ke Universitas Oxford. (Instagram @aniesbaswedan)
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat berkunjung ke Universitas Oxford. (Instagram @aniesbaswedan)

Sebelumnya diberitakan, Anies Baswedan mengunjungi University of Oxford, Inggris, Senin 16 Mei 2022. Anies berdiskusi tentang sejumlah hal, salah satunya terkait potensi Asia Tenggara.

Pada kunjungan itu, Anies disambut oleh Head of Social Sciences Division Oxford University, Professor Tim Power, yang merupakan teman baik dosen pembimbingnya saat S3 di Northern Illinois University, Amerika Serikat.

"Kami diterima di Delegates Room yang berusia lebih dari 300 tahun, ruangan ini dulunya adalah lokasi Oxford University Press, Tempat Oxford English Dictionary pertama kali dibuat," kata Anies melalui akun resmi Instagram @aniesbaswedan.

Dia membahas banyak hal seputar potensi Asia Tenggara yang dapat menarik bagi perkembangan dunia akademik maupun profesional.

Selain itu, Anies menyatakan sudah menjajaki kerja sama dengan Blavatnik School of Government untuk pengembangan kebijakan publik Jakarta.

"Di agenda terpisah, Pemprov DKI Jakarta juga menjajaki kerja sama dengan Blavatnik School of Government, khususnya mengenai pengembangan kebijakan publik Jakarta," kata Anies   

Infografis Jabatan Gubernur Anies Baswedan Berakhir di 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Jabatan Gubernur Anies Baswedan Berakhir di 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya