Sukses

Komisi VI DPR: Kunjungan Presiden ke AS Bakal Berdampak Positif bagi Investasi

Kunjungan Presiden Jokowi ke Amerika Serikat beberapa hari lalu diyakini akan berdampak positif bagi pertumbuhan investasi di Indonesia. Lobi-lobi Presiden tentu harus ditindaklanjuti kementerian.

Liputan6.com, Jakarta Kunjungan Presiden Jokowi ke Amerika Serikat beberapa hari lalu diyakini akan berdampak positif bagi pertumbuhan investasi di Indonesia. Lobi-lobi Presiden tentu harus ditindaklanjuti kementerian.

Anggota Komisi VI DPR Deddy Yevri Hanteru Sitorus mengatakan ada beberapa hal penting terkait keberangkatan Presiden ke Negeri Paman Sam yang harus masyarakat lihat.

Pertama, agenda resmi menghadiri KTT ASEAN-US yang membahas berbagai masalah di kawasan di bidang ekonomi, perdagangan, keamanan dan terutama stabilitas wilayah. 

Kedua, Presiden bertemu dengan kalangan pebisnis utama Amerika Serikat untuk mengundang partisipasi dalam rangka investasi di Indonesia. Agar pertemuan tersebut bisa mendatangkan investasi ke Indonesia, perlu ada tindak lanjut dari kementerian terkait.

"Pemerintah melalui kementerian terkait seperti Kemenko Marvest, Kemenko Ekuin, Kementerian Investasi, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekraf, Kementerian BUMN serta pelaku-pelaku bisnis menindaklanjuti komunikasi yang lebih intensif di tataran teknis," kata Deddy kepada wartawan, Selasa (17/5/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dorong Penyelesaian Perang Rusia-Ukraina

Selain investasi, menurut Deddy, dampak dari kunjungan Presiden tersebut adalah dorongan kepada Amerika dan dunia untuk segera menyekesaikan konflik Rusia-Ukraina yang berdampak pada ekonomi dunia. Presiden secara tegas menyatakan bahwa Indonesia berdiri netral dalam konflik itu dan meminta penyelesaian segera.  

"Sikap ini tentu menjadi perhatian dunia dan mengangkat posisi Indonesia dalam konstalasi diplomasi global," ujar dia.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan kunjungan Presiden ke Amerika Serikat berujung pada komitmen CEO Air Products & Chemicals Seifi Ghasemi menambah investasi di Indonesia sebesar US$3 miliar atau Rp 43,78 triliun. Air Products & Chemicals akan membangun hidrogen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Amerika Serikat adalah salah satu negara republik konstitusional federal di Benua Amerika
    Amerika Serikat adalah salah satu negara republik konstitusional federal di Benua Amerika

    Amerika Serikat