Sukses

Gerindra Tak Masalah Ketum Parpol KIB Masih Jabat Menteri

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menyatakan terbentukanya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bukan hal yang perlu diperdebatkan dalam negera demokrasi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menyatakan terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bukan hal yang perlu diperdebatkan dalam negera demokrasi.

“Yang dilakukan oleh ketiga rekan partai Golkar, PPP, PAN saya rasa bukan hal yang perlu di perdebatkan, karena dalam demokrasi berkoalisi adalah sah saja dan tujuannya pasti baik,” kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (17/5/2022).

Dasco justru menyebut koalisi tersebut justru harus diapresiasi karena bertujuan baik. “Tujuannya pasti baik, oleh karena itu apa pun yang dilakukan oleh Golkar, PAN, PPP patut kita apresiasi. Karena berarti 3 partai ini sudah siap dam rangka menuju pemilu legislatif dan presiden,” kata dia.

Sementara itu, terkait Ketum Parpol KIB yang masih menjabat sebagai menteri, Dasco menilai hal itu tidak akan menggangu kinerja Airlangga maupun Ketum PPP Suharso Manoarfa dalam menjalankan tugas di Kementerian masing-masing.

“Saya pikir apa yang dilakukan Pak Airlangga sebagai menteri sekaligus ketum partai saya pikir langkah-langkah politik yang dilakukan mewakili parpolnya, sehingga saya pikir tidak ada hubungannya dengan tugas kementerian dan tidak perlu diperdebatkan,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Berspekulasi

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily meminta semua pihak tidak berspekulasi terkait kesetiaan Golkar, PAN, dan PPP atau Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) terhadap pemerintah atau Presiden Jokowi.

"Jangan salah menduga. Koalisi Indonesia Bersatu tidak mengabaikan tugas-tugas partai politik untuk mendukung kebijakan Pemerintahan Jokowi-Kiai Ma'ruf dalam berbagai kebijakannya,” kata Ace saat dikonfirmasi, Minggu (15/5/2022).

Ace mengklaim, Koalisi Indonesia Bersatu tetap akan bersama untuk mensukseskan program pemerintah hingga 2024. "Koalisi Indonesia Bersatu ini justru ingin menghantarkan Pemerintahan Jokowi hingga 2024," kata dia.

3 dari 3 halaman

Tetap Setia

Selain itu, dia memastikan Golkar tetap setia dengan Presiden Jokowi meski telah terbentuk KIB. "Partai Golkar masih setia kepada Presiden Jokowi. Yang kita rumuskan dalam KIB ini adalah visi, platform, dan gagasan untuk 2024," pungkas Ace.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa melakukan pertemuan di Rumah Heritage Jakarta, Kamis malam 12 Mei 2022.

Usai pertemuan yang berlangsung satu setegah jam itu, Airlangga menyatakan bahwa ketiga partai politik ini sepakat koalisi untuk Pemilu 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.