Pabrik Plastik di Bekasi Terbakar, 14 Mobil Damkar Diterjunkan

Oleh Bam Sinulingga pada 16 Mei 2022, 19:48 WIB
Diperbarui 16 Mei 2022, 19:48 WIB
Ilustrasi Kebakaran. (Freepik/ArthurHidden)
Perbesar
Ilustrasi Kebakaran. (Freepik/ArthurHidden)

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran melanda sebuah pabrik plastik di kawasan industri Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (16/5/2022). Sebanyak 14 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan api.

Insiden kebakaran tersebut terekam video amatir warga. Dari rekaman terlihat kobaran api menimbulkan asap hitam dan tebal yang membumbung tinggi.

Berdasarkan informasi, kebakaran terjadi sekira pukul 10.00 WIB, saat proses produksi sedang berlangsung. Api diduga berasal dari gudang produksi yang menyambar dengan cepat ke bangunan lain.

"Penyebabnya PT sendiri belum tahu, karena tadi ditanya karyawannya tiba-tiba api sudah membesar, seperti itu," kata seorang warga.

Para karyawan pabrik sempat berupaya memadamkan api menggunakan apar, namun sia-sia. Api justru semakin membesar lantaran banyaknya bahan baku plastik.

"Cuma ditangani dengan apar, nggak sanggup. Ditelepon pemadam, pemadam datang api sudah besar," tambah warga tersebut.

Sebanyak 14 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Luasnya bangunan yang terbakar, membuat petugas kewalahan memadamkan api.

"Kalau seluruhnya hampir 14 unit, Jababeka, Lisindo, Lipo, Damkar Kabupaten Bekasi," ujar Kabid Pemadaman dan Penyelamatan Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, M Basir.

 


Kerugian

Ilustrasi kebakaran
Perbesar
Ilustrasi kebakaran. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Api pun akhirnya bisa dipadamkan beberapa jam kemudian. Sementara untuk penyebab kebakaran sendiri, Basir mengaku masih belum mengetahui.

"Sementara ini belum tahu, itu ada timnya, kami hanya memadamkan saja," ucapnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah. Saat ini kasus ditangani Polsek Cikarang Utara dan Polres Metro Bekasi.

Infografis Kebakaran Hebat Gedung Kejaksaan Agung. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Kebakaran Hebat Gedung Kejaksaan Agung. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya