Top 3 News: Wapres Ma'ruf Amin Rela Pagi-Pagi Jemput Presiden Jokowi dari AS

Oleh Devira PrastiwiMuhammad Radityo Priyasmoro pada 17 Mei 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 17 Mei 2022, 08:00 WIB
Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.
Perbesar
Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersilaturahmi secara langsung dengan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden).

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait pulangnya Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Iriana pada Senin 16 Mei 2022 usai menyelesaikan rangkaian kunjungan kerja di Washington DC, Amerika Serikat (AS).

Berdasarkan keterangan dari Istana, Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama Ibu Wury Ma'ruf Amin menjemput Presiden Jokowi dan rombongan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Tak hanya Wapres Ma'ruf bersama Ibu Wuri, terlihat pula Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Pj Gubernur Banten Almuktabar, dan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

Kemudian, sebelum kembali ke Indonesia, Presiden Jokowi bersama rombongan menyempatkan diri singgah di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

Hal itu dilakukan untuk menyampaikan duka cita atas wafatnya Yang Mulia Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan pada Jumat 13 Mei 2022 lalu.

Kedatangan Jokowi disambut oleh Yang Mulia Mohamed bin Zayed, presiden pengganti Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahya. Jokowi kemudian menyampaikan rasa belasungkawanya.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait skema aturan penerapan ganjil genap di jalanan Jakarta masih terus diberlakukan.

Namun, pada Senin 16 Mei 2022, aturan ganjil genap tersebut tidak berlaku, mengapa? Karena diketahui, Senin 16 Mei 2022 merupakan libur nasional Hari Raya Waisak. Maka dengan begitu, ganjil genap ditiadakan di Jakarta.

Seperti diketahui, jadwal ganjil genap di jalanan Jakarta terbagi dalam dua sesi. Pada pagi hari dimulai pada pukul 06.00 WIB-10.00 WIB. Sementara sore hari berlaku pada pukul 16.00 WIB-21.00 WIB.

Sedangkan pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional, pembatasan pelat nomor ganjil genap kendaraan roda empat tersebut tidak diberlakukan.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin 26 Mei 2022:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Pagi-Pagi, Wapres Ma'ruf Amin Jemput Presiden Jokowi di Bandara usai dari AS

Wakil Presiden (wapres) Ma'ruf Amin
Perbesar
Wakil Presiden (wapres) Ma'ruf Amin usai memimpin rapat koordinasi pelaksanaan desain besar olahraga nasional (DBON) bersama sejumlah menteri, Kamis (12/5/2022). (Foto: Delvira Hutabarat/Liputan6.com).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Iriana tiba di tanah air pada Senin 16 Mei 2022, selepas melakukan rangkaian kunjungan kerja di Washington DC, Amerika Serikat (AS).

Berdasarkan keterangan dari Istana, Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama Ibu Wury Ma'ruf Amin menjemput Presiden Jokowi dan rombongan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

"Pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa Kepala Negara dan rombongan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, sekitar pukul 05.15 WIB, setelah menempuh perjalanan selama lebih kurang delapan jam dari Bandara Internasional Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab," demikian siaran pers resmi Kantor Sekretariat Presiden, Senin 16 Mei 2022.

Selain Wapres Ma'ruf Amin, juga tampak hadir menjemput yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Pj Gubernur Banten Almuktabar, dan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

Diketahui, selama di Amerika Serikat, Presiden Jokowi menghadiri serangkaian kegiatan KTT Khusus ASEAN-AS di Washington DC, hingga mengunjungi Space X di Boca Chica sekaligus bertemu dengan pendirinya, Elon Musk.

 

Selengkapnya...


2. Singgah di Abu Dhabi, Jokowi Sampaikan Dukacita untuk Almarhum Presiden Sheikh Khalifa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana beserta rombongan singgah di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) untuk menyampaikan duka cita atas wafatnya Yang Mulia Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan.
Perbesar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana beserta rombongan singgah di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) untuk menyampaikan duka cita atas wafatnya Yang Mulia Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan. (Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana beserta rombongan singgah di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) saat bertolak dari Amerika Serikat ke Indonesia, demi menyampaikan duka cita atas wafatnya Yang Mulia Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan.

Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan meninggal dunia pada Jumat 13 Mei 2022. Diketahui, Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahya merupakan Presiden UEA yang wafat pada usia 73 tahun.

"Setelah menempuh penerbangan kurang lebih selama 14 jam dari Washington DC, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana beserta rombongan tiba di Bandar Udara Internasional Abu Dhabi, UEA pada Minggu, 15 Mei 2022, sekitar pukul 15.50 waktu setempat," tulis siaran pers Kantor Sekretariat Presiden, seperti dikutip Minggu malam 15 Mei 2022.

Kedatangan Jokowi disambut oleh Yang Mulia Mohamed bin Zayed, presiden pengganti Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahya. Jokowi kemudian menyampaikan rasa belasungkawanya. Jokowi mengatakan, Indonesia berduka atas berpulangnya Almarhum Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahya. Jokowi mendoakan agar almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT.

"Innalillahi wa innalillahi rajiun. Atas nama pemerintah, atas nama masyarakat Indonesia, saya menyampaikan ucapan duka cita yang mendalam atas wafatnya Yang Mulia Sheikh Khalifa dan semoga beliau diberikan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT," ucap Jokowi usai Takziah.

 

Selengkapnya...


3. Jangan Lupa, Ganjil Genap di Jakarta Tak Berlaku Hari Ini Senin 16 Mei 2022

Ganjil Genap di DKI Jakarta Kembali Diberlakukan
Perbesar
Kendaraan melintas di ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (9/5/2022). Pembatasan kendaraan roda empat dengan sistem Ganjil Genap (GaGe) di wilayah DKI Jakarta mulai Senin, 9 April 2022, seiring dengan berakhirnya cuti bersama libur Lebaran 2022 atau Idul Fitri 1443 H. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Hingga saat ini, skema aturan penerapan ganjil genap di jalanan Jakarta masih terus diberlakukan.

Penerapannya juga sejalan dengan kembali diperpanjangnya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali dan seluruh wilayah Indonesia. PPKM diperpanjang terhitung sejak 10-23 Mei 2022.

Lantas, bagaimana dengan hari ini, Senin 16 Mei 2022? Pada hari ini merupakan libur nasional Hari Raya Waisak. Maka dengan begitu, ganjil genap ditiadakan di Jakarta.

Seperti diketahui, jadwal ganjil genap di jalanan Jakarta terbagi dalam dua sesi. Pada pagi hari dimulai pada pukul 06.00 WIB-10.00 WIB. Sementara sore hari berlaku pada pukul 16.00 WIB-21.00 WIB.

Sedangkan pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional, pembatasan pelat nomor ganjil genap kendaraan roda empat tersebut tidak diberlakukan.

Aturan penerapan gage tersebut juga dikabarkan olah Traffic Management Center atau TMC Polda Metro Jaya melalui akun Twitter resminya @TMCPoldaMetro.

"Kebijakan pembatasan kendaraan dengan sistem Ganjil-Genap (GAGE) di 13 ruas titik DKI Jakarta diberlakukan kembali mulai hari ini," dikutip Liputan6.com dari Twitter TMC Polda Metro Jaya @TMCPoldaMetro, Senin 9 Mei 2022.

 

Selengkapnya...

Infografis Kritik Jokowi, Megawati Tetap Dukung Penanganan Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Kritik Jokowi, Megawati Tetap Dukung Penanganan Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya