Pagi-pagi, Wapres Ma'ruf Amin Jemput Presiden Jokowi di Bandara usai dari AS

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 16 Mei 2022, 08:11 WIB
Diperbarui 16 Mei 2022, 08:11 WIB
Wapres Ma'ruf Amin Jemput Presiden Jokowi di Bandara usai dari AS
Perbesar
Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Iriana tiba di tanah air pada Senin (16/5/2022), selepas melakukan rangkaian kunjungan kerja di Washington DC, Amerika Serikat (AS). Adapun Wapres Ma'ruf Amin menjemputnya. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Iriana tiba di tanah air pada Senin (16/5/2022), selepas melakukan rangkaian kunjungan kerja di Washington DC, Amerika Serikat (AS).

Berdasarkan keterangan dari Istana, Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama Ibu Wury Ma'ruf Amin menjemput Presiden Jokowi dan rombongan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

"Pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa Kepala Negara dan rombongan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, sekitar pukul 05.15 WIB, setelah menempuh perjalanan selama lebih kurang delapan jam dari Bandara Internasional Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab," demikian siaran pers resmi Kantor Sekretariat Presiden, Senin (16/5/2022).

Selain Wapres Ma'ruf Amin, juga tampak hadir menjemput yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Pj Gubernur Banten Almuktabar, dan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

Diketahui, selama di Amerika Serikat, Presiden Jokowi menghadiri serangkaian kegiatan KTT Khusus ASEAN-AS di Washington DC, hingga mengunjungi Space X di Boca Chica sekaligus bertemu dengan pendirinya, Elon Musk.

"Dari Amerika Serikat, Presiden menyempatkan singgah di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab, untuk bertakziah atas wafatnya Yang Mulia Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan," jelas siaran pers.

Kunjungan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana kali ini turut didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

 


Temui Elon Musk

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akhirnya bertemu CEO Tesla Inc. Elon Musk di SpaceX, Boca Chica Amerika Serikat (AS), Sabtu, (14/5/2022). Dalam pertemuan itu, Jokowi berdiskusi dan meninjau pabrik produksi roket Space X bersama Founder SpaceX, Elon Musk.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di Gedung Stargate SpaceX sekitar pukul 10.30 waktu setempat dan disambut langsung oleh Elon Musk. Jokowi dan Elon Musk sempat melakukan pertemuan sebelum berkeliling melihat fasilitas produksi roket SpaceX.

Setelah peninjauan, Jokowi mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan tindak lanjut perintahnya kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk berbicara dengan Elon.

"Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang," kata Jokowi.

Elon Musk menyampaikan bahwa dia sangat tertarik dengan masa depan Indonesia. Indonesia terlihat sangat optimistis terhadap masa depan dan memiliki energi positif.

"Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar, dan saya rasa kita melalui Tesla dan SpaceX akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia," ujar Elon.

 

 

 


Potensi Indonesia Menurut Elon Musk

Lebih lanjut, Elon juga mengungkapkan ketertarikannya untuk bekerja sama dengan Indonesia. Dia menilai Indonesia memiliki banyak potensi.

"Kita akan melihat dari dekat bentuk kerja sama di banyak hal, karena Indonesia memiliki banyak potensi. Apalagi Indonesia memiliki jumlah populasi dan terus berkembang. Ini bagus karena kita membutuhkan banyak orang di masa depan," jelas Elon.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Duta Besar RI untuk AS Rosan Roeslani.

 


Berencana ke Indonesia pada November 2022

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu CEO Tesla Inc. Elon Musk di SpaceX, Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu, 14 Mei 2022. Dalam kesempatan ini, Jokowi mengundang Elon Musk untuk datang ke Indonesia.

"Saya kira, dia sangat tertarik sekali untuk segera datang ke Indonesia dan tadi saya sudah sampaikan untuk bisa datang di Indonesia," kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Minggu (15/5/2022).

Elon Musk pun menjawab undangan Presiden Jokowi. Dia menyampaikan berencana datang ke Indonesia pada bulan November tahun ini.

"Mudah-mudahan di Bulan November, terima kasih atas undangannya," ucap Elon.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya