Sukses

Anies Ungkap 8 Perusahaan Inggris yang Minat Berinvestasi di MRT Jakarta

Anies Baswedan membuka diskusi tersebut diikuti penjelasan potensi kerja sama untuk fase 3 dan fase 4 MRT oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar.

Liputan6.com, Jakarta - Peluang investasi pada proyek MRT East-West Line yaitu fase 3 koridor timur-barat dan fase 4 Fatmawati-TMII tengah dijajaki Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan delapan perusahaan swasta asal Inggris

Dalam keterangan yang dirilis MRT Jakarta pada Minggu (15/5/2022), Anies menjelaskan soal rencana pembangunan Jakarta dalam roundtable discussion "Building Sustainable MRTJ East West Corridor" difasilitasi Departemen Perdagangan Internasional Inggris yang digelar di London pada Jumat (13/5/2022).

Anies Baswedan membuka diskusi tersebut diikuti penjelasan potensi kerja sama untuk fase 3 dan fase 4 MRT oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar.

Selain itu, Anies juga mengungkapkan rencana masa depan pembangunan Jakarta, yang berbasis transportasi publik dan berorientasi transit.

"Persoalan utama selama bertahun-tahun di Jakarta, ialah pembangunannya selalu berorientasi pada mobil (car oriented development). Saat ini, dan ke depannya, kami akan mengubah paradigma tersebut menjadi transit oriented development," ujar Anies dalam keterangan itu, seperti dilansir Antara.

Dia menuturkan, Pemprov DKI Jakarta juga merestrukturisasi ulang transportasi publik di Jakarta, peraturan zona pembangunan, dan tata kota untuk merefleksikan pendekatan berbasis kawasan berorientasi transit.

"Semua itu telah kami lakukan empat tahun terakhir. Kami ingin membangun sistem transportasi publik yang dapat mencakup seluruh area di Jakarta yang terintegrasi satu sama lain serta terjangkau," terangnya.

Selepas pembukaan dari Gubernur DKI Jakarta dan paparan dari Direktur Utama MRT Jakarta, secara bergiliran delapan perwakilan perusahaan Inggris memaparkan kapasitas dan dukungan yang dapat berikan untuk akselerasi pembangunan MRT Jakarta fase 3 dan 4.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kunjungan Mendag Inggris

Pertemuan ini merupakan komitmen tindak lanjut atas kunjungan Menteri Perdagangan Internasional Inggris Rt Hon Anne-Marie Trevelyan MP pada Februari 2022 lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Trevelyan berjanji akan memfasilitasi pertemuan antara Pemprov DKI Jakarta dan pelaku industri perkeretaapian di Kerajaan Inggris untuk mengeksplorasi perusahaan Inggris agar berkontribusi dalam perkembangan industri perkeretaapian di Kota Jakarta.

"Tidak kurang dari delapan perusahaan sektor perkeretaapian Inggris telah mendengarkan langsung rencana pengembangan MRT Jakarta, khususnya fase 3 koridor timur-barat dan fase 4 koridor Fatmawati-TMII," ucap William.

Lebih lanjut lagi, tambah William, pertemuan yang dihadiri oleh direktur delapan perusahaan besar Inggris, yaitu Crossrail International, XRail Group, Arup, Colas Rail, BDP, Alstom, Mott MacDonald, dan Standard Chartered Bank yang turut didampingi oleh UK Export Finance dan Departemen Perdagangan Internasional Inggris ini, juga membuka kesempatan kerja sama lainnya.

"Seperti pengembangan kawasan berorientasi transit, kawasan integrasi antarmoda sesuai fungsi MRT Jakarta seperti city regenerator," tutur William.

Sumber: Antara

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.