Sukses

Momen Prabowo Ziarah ke Mausoleum Ho Chi Minh di Vietnam

Menhan Prabowo Subianto menyempatkan diri berziarah ke Mausoleum Ho Chi Minh di sela-sela kunjungan kerjanya ke Vietnam.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyempatkan diri untuk berziarah ke Mausoleum atau monumen makam tokoh revolusi Vietnam, Ho Chi Minh di sela-sela kunjungan kerjanya di Vietnam.

Kedatangan Prabowo ke Mausoleum disambut secara resmi sebagai tamu kenegaraan Vietnam, Sabtu (15/5/2022).

Setibanya di Mausoleum, Prabowo Subianto menuju ke makam Presiden Ho Chi Minh, menaruh karangan bunga, dan memberikan penghormatan.

Mantan Danjen Kopassus ini mengenang sosok Ho Chi Minh yang merupakan pahlawan melawan kolonialisme serta ketidakadilan.

"Presiden Ho Chi Minh adalah inspirasi dan contoh yang baik untuk semua orang yang mencintai kebebasan di dunia. Ia adalah pahlawan besar dalam perjuangan melawan kolonialisme, imperialisme, dan ketidakadilan," tulis Prabowo dalam buku tamu mausoleum yang dituliskannya saat berkesempatan mengunjungi ruang kerja Presiden Ho Chi Minh.

Menhan Prabowo Subianto mengisi buku tamu saat berziarah di Mausoleum Ho Chi Minh di sela-sela kunjungan kerjanya ke Vietnam. (Foto: Istimewa)

Prabowo menuturkan Ho Chi Minh adalah pemimpin perjuangan kemerdekaan Vietnam melawan Jepang, Prancis, dan Amerika Serikat.

Kata Ketua Umum Partai Gerindra ini, Ho Chi Minh menggelorakan pembebasan Vietnam dan menjadi simbol kemerdekaan negara tersebut.

Setelah kematian Ho Chi Minh, Vietnam mengabadikan namanya dengan mengubah Kota Saigon menjadi Ho Chi Minh City, yang merupakan kota terbesar di Vietnam.

 

Reporter: Intan Umbari P

Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyaksikan Langsung Pencak Silat Sea Games Vietnam

Sebelumnya diberitakan, Menhan Prabowo Subianto menyempatkan diri menyaksikan pertandingan pencak silat dalam perhelatan SEA Games 2021 di sela-sela kunjungan kerjanya di Hanoi, Vietnam, Sabtu 14 Mei 2022.

Prabowo hadir dalam kesempatan tersebut sebagai Ketua umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) sekaligus Presiden Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat). Kedatangan Prabowo adalah untuk memberikan dukungan dan motivasi kepada atlet timnas RI.

Prabowo berpesan kepada para atlet pencak silat Indonesia untuk membawa harum nama Indonesia di mata dunia. Ketua Umum Gerindra ini ingin, pencak silat nantinya bisa hadir di kancah Olimpiade.

"Terus berjuang pencak silat Indonesia. Pencak silat adalah budaya bangsa. Kita harus kerja keras. Goal kita adalah membawa pencak silat ke Olimpiade," ujar Prabowo dalam siaran pers yang diterima pada Minggu (15/5/2022).

Indonesia telah mendapatkan tambahan medali emas SEA Games 2021 dari cabang olahraga pencak silat. Emas disumbang dari dua atlet pencak silat putri andalan RI, Riska Hermawan dan Ririn Rinasih.

Mereka menyumbangkan medali emas pertama dari cabang olahraga pencak silat pada ajang SEA Games 2021 setelah mengalahkan pasangan tuan rumah Vietnam di Bac Tu Liem Stadium, Hanoi, pada Rabu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.