Sukses

Melihat Momen Keakraban Jokowi dengan Elon Musk

Jokowi tiba di Gedung Stargate SpaceX sekitar pukul 10.30 waktu setempat. Saat itu, Elon Musk langsung mengajak Jokowi berkeliling melihat fasilitas produksi roket SpaceX.

Liputan6.com, Jakarta - Usai bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyempatkan waktunya untuk bertemu pendiri SpaceX, Elon Musk di Boca Chica, Sabtu, 14 Mei 2022.

Keakraban keduanya terlihat dalam foto yang diterima Liputan6.com dari biro pers Sekretariat Presiden. Saat bertemu dengan Jokowi, Elon Musk terlihat santai dengan hanya memakai atasan kaus oblong berwarna hitam bergambar Planet Bumi.

Sementara, Jokowi mengenakan kemeja berwarna putih dengan sepatu hitam bergaris putih. 

Jokowi tiba di Gedung Stargate SpaceX sekitar pukul 10.30 waktu setempat. Saat itu, Elon Musk langsung mengajak Jokowi berkeliling melihat fasilitas produksi roket SpaceX sebelum mereka menggelar pertemuan. 

Untuk diketahui, Elon Musk sebelumnya juga menjamu Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, pada April lalu. Pertemuan tersebut membahas kerja sama soal potensi industri nikel di Tanah Air.

"Selama kurang lebih satu jam, saya menyampaikan potensi bahan baku baterai kendaraan listrik yang saat ini sedang kami eksplorasi terus lewat program hilirisasi mineral," tulis Luhut sebagai caption dalam unggahannya, dilihat Rabu, 27 April 2022.

Ya, kunjungan Jokowi kali ini merupakan tindak lanjut terkait arahannya kepada Menteri Luhut Binsar Pandjaitan terkait menjalin kerja sama dengan orang terkaya di dunia itu.

"Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang," kata Jokowi usai berkeliling melihat fasilitas produksi roket SpaceX, dikutip dalam keterangan pers, Minggu (15/5/2022).

Berikut sederet momen keakraban antara Jokowi dan bos Tesla dan SpaceX, Elon Musk dihimpun dari Liputan6.com: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Elon Musk, Temui Jokowi Hanya Pakai Kaus Oblong

Pertemuan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan Pendiri SpaceX, Elon Musk berlangsung di Markas SpaceX, Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu 14 Mei 2022.

Melalui foto dari biro pers Sekretariat Presiden, terlihat keduanya sangat akrab dan santai menikmati pertemuan tersebut.

Saat diajak Elon berkeliling Gedung Stargate SpaceX, Jokowi juga tampak membawa sebuah botol minum hitam berlogo SpaceX. Keduanya juga tampak berjabat tangan dalam sebuah ruang rapat dengan senyum merekah di wajah Elon Musk.

Uniknya, meskipun yang dijamu Elon kali ini adalah seorang kepala negara, dia tetap mengenakan pakaian santai yakni kaus bergambar Planet Bumi dan celana panjang hitam.

Bergaya santai memakai kaus juga bukan hal baru bagi Elon saat menemui pejabat Indonesia. Sebelumnya, saat menjamu Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan rombongan, pria berusia 50 tahun itu juga mengenakan pakaian santai berupa kaus.

3 dari 5 halaman

2. Tinjau Pabrik Produksi Roket Space X

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di Gedung Stargate SpaceX sekitar pukul 10.30 waktu setempat dan disambut langsung oleh Elon Musk.

Jokowi dan Elon Musk sempat melakukan pertemuan sebelum berkeliling melihat fasilitas produksi roket SpaceX.

Setelah peninjauan, Jokowi mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan tindak lanjut perintahnya kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk berbicara dengan Elon.

Elon Musk menyampaikan bahwa dia sangat tertarik dengan masa depan Indonesia. Indonesia terlihat sangat optimistis terhadap masa depan dan memiliki energi positif.

"Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar, dan saya rasa kita melalui Tesla dan SpaceX akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia," ujar Elon.

 

4 dari 5 halaman

3. Potensi Indonesia Menurut Elon Musk

Lebih lanjut, Elon juga mengungkapkan ketertarikannya untuk bekerja sama dengan Indonesia. Dia menilai Indonesia memiliki banyak potensi.

"Kita akan melihat dari dekat bentuk kerja sama di banyak hal, karena Indonesia memiliki banyak potensi. Apalagi Indonesia memiliki jumlah populasi dan terus berkembang. Ini bagus karena kita membutuhkan banyak orang di masa depan," jelas Elon.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Duta Besar RI untuk AS Rosan Roeslani.

5 dari 5 halaman

4. Elon Berencana ke Indonesia

Elon Musk juga menjawab undangan Presiden Jokowi untuk datang ke Indonesia. Dia menyampaikan berencana datang ke Indonesia pada bulan November tahun ini.

"Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar, dan saya rasa kita melalui Tesla dan SpaceX akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia," ujar Elon.

Dia juga tertarik untuk bekerja sama dengan Indonesia. Alasannya, lantaran Tanah Air memiliki potensi di banyak bidang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Elon Musk adalah salah satu miliarder dunia yang berasal dari AS.

    Elon Musk

  • SpaceX adalah salah satu perusahaan transportasi luar angkasa swasta Amerika Serikat.

    SpaceX