Sukses

Akhiri Kunjungan ke AS, Jokowi dan Iriana Pulang ke Indonesia

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi dan rombongan bertolak ke Indonesia dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GIA-1 dari Pangkalan Militer Andrews, Washington DC sekitar pukul 17.38 waktu setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menyelesaikan rangkaian kunjungan kerjanya di Amerika Serikat (AS). Setelah lima hari kunjungannya di AS, Jokowi dan Ibu Negara Iriana bertolak menuju Indonesia pada Sabtu, 14 Mei 2022.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi dan rombongan bertolak ke Indonesia dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GIA-1 dari Pangkalan Militer Andrews, Washington DC sekitar pukul 17.38 waktu setempat. Tampak melepas Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di tangga pesawat yaitu Duta Besar RI Rosan Roeslani beserta istri.

Jokowi dan rombongan direncanakan akan singgah di Bandar Udara Internasional Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab pada Minggu (15/5/2022) waktu setempat. Dia akan menyampaikan duka cita kepada pemerintah, masyarakat, dan keluarga atas wafatnya Yang Mulia Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan pada Jumat, 13 Mei 2022 yang lalu.

Jokowi dan Iriana beserta rombongan diperkirakan akan tiba di Tanah Air pada Senin, 16 Mei 2022 pagi.

Selama kunjungan ke AS, Jokowi melakukan sejumlah pertemuan. Mulai dari, menerima kunjungan Chairman dan CEO Air Products Seifi Ghasemi hingga menghadiri jamuan santap siang pemimpin negara-negara ASEAN oleh Ketua Dewan Perwakilan AS Nancy Pelosi dan Anggota Kongres AS di Capitol Hill.

Selain itu, menghadiri KTT Global Covid-19 Summit secara virtual, bertemu para pengusaha Amerika Serikat di Intercontinental the Willard Hotel dan menghadiri jamuan santap malam antara pemimpin negara-negara ASEAN dengan Presiden Joe Biden. Jamuan santap malam ini diadakan di Gedung Putih.

Kedatangan Jokowi ke Gedung Putih ini langsung disambut oleh Presiden Biden. Mereka kemudian bersalaman, berfoto bersama, dan menandatangani buku tamu kenegaraan.

Dalam jamuan santap malam tersebut, Jokowi mendapatkan kehormatan untuk membalas toast Presiden Biden. Jokowi juga menghadiri sejumlah rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-AS yang dihadiri oleh para pemimpin negara-negara ASEAN serta Presiden AS Joe Biden.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertemuan dengan Elon Musk

Terakhir, Jokowi bertemu CEO Tesla Inc. Elon Musk di Space X, Boca Chica Amerika Serikat (AS), Sabtu, (14/5/2022). Jokowi berdiskusi dan meninjau pabrik produksi roket Space X bersama Founder Space X, Elon Musk.

Elon Musk menyampaikan sangat tertarik dengan masa depan Indonesia. Indonesia terlihat sangat optimistis terhadap masa depan dan memiliki energi positif.

"Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar, dan saya rasa kita melalui Tesla dan Space X akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia," ujar Elon.

Lebih lanjut, Elon juga menyampaikan ketertarikannya untuk bekerja sama dengan Indonesia. Dia menilai Indonesia memiliki banyak potensi.

"Kita akan melihat dari dekat bentuk kerja sama di banyak hal, karena Indonesia memiliki banyak potensi. Apalagi Indonesia memiliki jumlah populasi dan terus berkembang. Ini bagus karena kita membutuhkan banyak orang di masa depan," jelas Elon.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.