Kapolri Apresiasi Buruh yang Telah Berjuang Bersama Hadapi Pandemi Covid-19

Oleh Nanda Perdana Putra pada 14 Mei 2022, 18:44 WIB
Diperbarui 14 Mei 2022, 18:44 WIB
Kapolri Sapa Massa May Day Fiesta di GBK
Perbesar
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat menyapa para buruh dalam perayaan puncak Hari Buruh Indonesia bertajuk May Day Fiesta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Sabtu (14/5/2022). Pada kesempatan itu, Kapolri juga mengucapkan selamat ulang tahun bagi seluruh buruh di Tanah Air, bertepatan dengan Hari Buruh Internasional pada 1 Mei 2022. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendatangi langsung massa aksi demo buruh May Day Fiesta di Stadium Gelora Bung Karno (GBK) di Senayan, Jakarta. Dia pun menyampaikan selamat Hari Buruh kepada seluruh peserta aksi.

"Tentunya saya selaku Kapolri mewakili seluruh institusi Polri, dari lubuk hati yang paling dalam mengucapkan selamat ulang tahun untuk seluruh rekan-rekan buruh, baik yang ada di Indonesia mau pun di luar negeri. Semoga buruh semakin sejahtera," tutur Listyo di Stadium GBK Senayan, Jakarta, Sabtu (14/5/2022).

Listyo mengapresiasi seluruh buruh yang telah berjuang bersama dalam menghadapi pandemi Covid-19. Elemen buruh terbukti bekerja keras bersama pihak terkait dalam melaksanakan berbagai macam kegiatan.

"Mulai dari mengikuti aturan prokes, mengikuti aturan-aturan PPKM, bahkan buruh terlibat langsung dalam kegiatan vaksinasi, dalam kegiatan untuk kepentingan masyarakat," jelas dia.

Listyo bersyukur, hingga hari ini laju vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 408 juta vaksin dan Indonesia menjadi negara nomor 5 terbesar di dunia untuk penyebaran vaksin. Bahkan pemerintah sudah mulai memberikan kelonggaran sehingga aktivitas masyarakat bisa mulai kembali berjalan normal.

"Kegiatan aktivitas rekan-rekan buruh dalam berkarya mulai berjalan normal. Kita bisa bekerja kembali dan bahkan kemarin semua bisa ikut melaksanakan mudik pada saat Hari Raya Idul Fitri. Dan kerja keras rekan-rekan di masa sulit, saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin membaik," kata Listyo.

Sejauh ini, lanjutnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di atas 5 persen. Angka itu pun disebutnya jauh di atas pertumbuhan ekonomi negara maju lainnya.

"Oleh karena itu kami mewakili pemerintah mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan buruh. Tentunya dalam kesempatan ini kami berkomitmen untuk terus mengawal, menjaga, memanfaatkan ruang-ruang demokrasi yang digunakan oleh rekan-rekan buruh untuk menyampaikan kebebasan ekspresi, menyampaikan aspirasi, untuk kesejahteraan buruh ke depan," ujarnya.

 


Dijalankan Sesuai Undang Undang

Listyo mengingatkan agar peserta aksi demo buruh dapat selalu memahami bahwa pelaksanaan unjuk rasa dan segala unsur terkait mesti dijalankan sesuai aturan Undang-Undang dan konsitutusi. Sementara dia mengakui dengan massa demonstrasi yang begitu banyak, buruh masig dapat berkumpul dengan damai dan menggembirakan.

"Dalam kesempatan ini, sekali lagi saya ucapkan selamat ulang tahun bagi seluruh rekan2 buruh, teruslah berjuang, teruslah bergerak untuk mewujudkan harapan rekan-rekan buruh yang sejahtera. Pembangunan akan terus berjalan dan dukungan buruh menjadi faktor utama. Indonesia saat ini sedang bergerak meninggalkan posisi dari negara konsumen menjadi negara produsen. Berbagai macam kegiatan, imunisasi, investasi, terus dilakukan untuk membuka lapangan kerja baru dan tentunya itu butuh support, andil, butuh rekan-rekan buruh untuk ikut berkontribusi di dalamnya," Listyo menandaskan.

Partai Buruh bersama Gerakan Buruh Indonesia akan membawa sebanyak 18 tuntutan dalam aksi yang bertajuk 'May Day Fiesta' di Gedung DPR/MPR RI dan Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (14/5/2022).

"Dalam perayaan May Day baik di depan gedung DPR maupun di GBK mengusung 18 isu perburuhan," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam keterangannya, dikutip Sabtu (14/5).

Selain 18 isu, kata Said, serangkaian aksi kali ini juga akan turut diramaikan orasi dari sejumlah tokoh buruh internasional, seperti Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Buruh Sedunia Sharan Burraw.

 


Dihadiri Serikat Buruh Sedunia

"May Day Fiesta juga akan diisi pidato sekjen KSB Sedunia Sarah Burraw melalui live streaming yang akan disiarkan di GBK," kata Said.

Selain itu akan ada pula sambutan dari Presiden Konfederasi Serikat Buruh Jerman Reiner Hoffman, Presiden Konfederasi Serikat Buruh Australia Michele O'neil, Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Buruh Internasional - Asia Pasifik (ITUC-AP) Shoya Yoshida, serta dari Konfederasi Serikat Buruh Brasil.

"Selain dari tamu atau sahabat Partai Buruh dan Gerakan Buruh Indonesia dari unsur Serikat Buruh Sedunia juga akan ada pidato live streaming dari Partai Buruh Brasil Trabalhadores dan juga Partai Buruh Australia," kata dia.

Adapun, Said mengatakan aksi kali ini juga bakal dilakukan di beberapa kota secara serentak, seperti Surabaya dengan masa 25 ribu. Lalu Medan, Banda Aceh, Makassar, NTT, Papua, Ternate, dan 50 kota industri yang bakal menggelar Aksi May Day, dengan membawa 18 tuntutan.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto mendatangi massa demo buruh May Day Fiesta di depan Gedung DPR MPR, Jakarta. Keduanya sempat menyapa para pedagang yang berjualan di sepanjang jalan mengarah ke lokasi aksi.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (14/5/2022), Fadil dan Untung merogoh kocek untuk para pedagang dan meminta jualannya dibagikan secara gratis ke seluruh peserta demo buruh May Day Fiesta.


Ditraktir Kapolda dan Pangdam

 

Beberapa lembar uang Rp 100 ribu diberikan ke para pedagang. Tak ayal, pedagang pun diserbu massa aksi yang turut mengucapkan terima kasih.

Tidak hanya saat kedatangan, ketika selesai pun keduanya menyapa massa demo buruh May Day Fiesta dan kembali menghampiri pedagang dan memborong seluruh makanan dan minuman untuk dibagikan ke peserta unjuk rasa.

Usai menyuarakan tuntutan di Gedung DPR/MPR, massa buruh mulai membubarkan diri sekitar pukul 12.00 WIB, lalu bergerak menuju ke Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Sebelumnya, saat Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto datang ke tengah masa aksi, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyambut keduanya dan mempersilakan untuk memberikan sambutan ke peserta aksi.

"Kami hadir dalam kesempatan ini, saya mengucapkan Selamat Hari Buruh Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Mei, bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri, sehingga presiden KSPI bersama yang lainnya melaksanakan kegiatan di hari ini. Yang kedua, kami mengapresiasi pelaksanaan May Day Fiesta ini berjalan dengan tertib dan berjalan dengan aman, berjalan dengan lancar," tutur Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di depan Gedung DPR MPR, Jakarta.

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya