Hadiri Aksi May Day Fiesta, Kapolri: Semoga Buruh Semakin Sejahtera

Oleh Liputan6.com pada 14 Mei 2022, 16:46 WIB
Diperbarui 14 Mei 2022, 16:46 WIB
Kapolri
Perbesar
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menghadiri gelaran acara peringatan hari buruh internasional "May Day Fiesta" yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Sabtu (14/5/2022). (Merdeka.com)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menghadiri gelaran acara peringatan hari buruh internasional "May Day Fiesta" yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Sabtu (14/5/2022).

Ditengah-tengah ribuan massa buruh yang memadati kursi stadion, Sigit turut mengucapkan selamat atas peringatan hari buruh kali ini dan beberapa harapan untuk kesejahteraan buruh.

"Dari lubuk hati yang paling dalam mengucapkan selamat ulang tahun untuk seluruh rekan-rekan buruh baik yang ada di Indonesia maupun di luar negeri. Semoga buruh semakin sejahtera," kata Sigit saat sambutan di acara tersebut.

Tak lupa, Sigit juga mengucapkan terimakasih kepada elemen buruh yang selama pandemi Covid-19 juga ikut andil dengan beragam kontribusinya demi percepatan penanganan covid-19.

"Mulai dari mengikuti aturan prokes, mengikuti aturan-aturan PPKM. Bahkan buruh terlibat langsung dalam kegiatan vaksinasi, dalam kegiatan untuk kepentingan masyarakat," katanya.

"Dan Alhamdulillah hari ini laju vaksinasi kita sudah mencapai 408 juta vaksin dan negara kita menjadi negara nomor 5 terbesar di dunia untuk vaksinasi. Dan ini semua bisa terjadi karena kontribusi, peran serta rekan-rekan buruh seluruh Indonesia," sambungnya.

Disamping itu, Sigit juga turut menyampaikan sejumlah capaian yang telah berhasil dilakukan pemerintah untuk kemudian mulai memberikan kelonggaran -kelonggaran sehingga aktivitas mulai berjalan normal.

"Kegiatan aktivitas rekan-rekan buruh dalam berkarya mulai berjalan normal. Kita bisa bekerja Kembali dan bahkan kemarin semua bisa ikut melaksanakan mudik pada saat Hari Raya Idul Fitri," tuturnya.

 

 


Pertumbuhan Ekonomi Membaik

Meskipun Indonesia ketika pandemi sempat mengalami kontraksi ekonomi namun, kata Sigit, saat ini Indonesia telah kembali ke jalan yang bagus dengan pertumbuhan ekonomi berada di atas lima persen.

"Angka ini jauh di atas pertumbuhan ekonomi negara-negara maju yang lain. Ini semua berkat partisipasi, kerja keras, keringat rekan-rekan uruh semua," ucap mantan Kabareskrim Polri itu.

Oleh sebab itu, ia berjanji pada kesempatan ini untuk berkomitmen dalam mengawal dan menjaga ruang -ruang demokrasi. Salah satunya kebebasan menyampaikan pendapat berdasarkan aturan yang berlaku.

"Tentunya kita selalu minta semua dilaksanakan sesuai aturan UU, sesuai aturan konstitusi dan alhamdulillah hari ini semua bisa ditunjukkan. Buruh yang begitu besar bisa berkumpul dengan khidmat, damai, dan menggembirakan semua itu menunjukkan Indonesia adalah negara demokrasi yang sudah modern," tuturnya.

Akhir kata dalam sambutannya itu, Sigit pun turut memimpin untuk bersama-sama para buruh menyanyikan lagu "Padamu Negeri".

"hidup buruh, hidup buruh," teriak Sigit menutup sambutannya.

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

Infografis Buruh Tuntut Upah Minimum 2022 Naik 10 Persen. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Buruh Tuntut Upah Minimum 2022 Naik 10 Persen. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya