Sukses

Street Race Polda Metro Jaya di Meikarta, Ada Keseruan Apa Saja?

Polisi kembali menghelat lomba balapan bertajuk Polda Metro Jaya Street Race. Kali ini, acara digelar di Meikarta pada 11 Juni 2022 sampai 12 Juni 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi kembali menghelat lomba balapan bertajuk Polda Metro Jaya Street Race. Kali ini, acara digelar di Meikarta pada 11 Juni 2022 sampai 12 Juni 2022.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, telah meninjau area yang dipersiakan untuk kegiatan Street Race Polda Metro Jaya. Adapun panjang lintasannya sekitar 201 meter.

Mengingat panjang trek, maka kategorinya hanya diperuntukkan bagi sepeda motor dan tidak bisa melibatkan komunitas mobil.

"Kemarin kami sudah tinjau lintasan di sana, kita sudah ukur cukup pendek jadi kita hanya melombakan untuk kelas sepeda motor," kata dia di Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022).

Sambodo nenerangkan, konsep Street Race sedikit mengalami berubah daripada sebelumnya. Baik dari segi waktu maupun rangakaian acaranya. Sambodo mengatakan, ia berencana menggadakan pada malam hari.

Di samping itu, pihaknya juga menyediakan lahan bagi UMKM sehingga bisa dimanfaatkan sebagai untuk menjual spare part yang lucu dan unik. Ada pula panggung pentas seni dan area kuliner.

"Ada yang berbeda saat ini ada balapan malam hari karena saya lihat ada penerangannya di sana cukup baik. Kita mulai hari pertama itu siang mungkin selesainya agak malam kemudian minggunya kita mulai selesai sore jadi nanti akan ada kita padukan dengan semacam festival band SMA, pasar murah mungkin untuk spare part otomotif," papar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hilangkan Balapan Liar

Sambodo menerangkan, Street Race Polda Metro dicetuskan dengan tujuan menghilangkan balap liar. Ia mengklaim, kegiatan ini berhasil meminimalkan balap liar.

Menurut dia, beberapa titik yang selama ini ditengarai sering terjadi balap liar sudha hilang.

"Walaupun masiH ada 1, 2 volume dan frekuensinya sudAH tidak seperti dilu lagi," ujar dia.

Selain itu, polisi merangkul komunitas-komunitas sepeda motor balap liar ini melalui kegiatan Street Race Polda Metro Jaya

"Jadi tidak liar lagi jadi mereka sekarnag sudah bisa bergabung dengan kita, kita sudah ada komunitasnya, kita punya WhatsApp grupnya," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Cari Lahan

Sambodo bahkan sedang mencari lahan untuk dijadikan tempat bagi komunitas balap menyalurkan hobinya.

"Kita cari lah nanti lokasi mana yang bisa digunakan setiap saat. Jadi mereka kalau mau balapan tinggal bawa mobil atau motornya balapan di situ nanti kita evaluasi lokasi mana yang memungkinkan untuk kita adakan semacam ajang mereka balapan," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.