Sukses

3 Fakta Terkait Persiapan Pernikahan Adik Jokowi, Idayati dengan Ketua MK Anwar Usman

Adik Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang bernama Idayati akan segera menikah dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman.

Liputan6.com, Jakarta - Adik Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang bernama Idayati akan segera menikah dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman.

Idayati akan melangsungkan akad nikah dengan Ketua MK Anwar Usman pada Kamis 26 Mei 2022 mendatang di gedung pernikahan milik keluarga Presiden Jokowi, Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah.

Sebelum melaksanakan akad nikah, Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari, Solo menyatakan semua berkas pernikahan Idayati dan Anwar Usman telah rampung dan diserahkan.

Menurut Ketua KUA Banjarsari Arbain Basyar, kedua calon mempelai telah melengkapi semua berkas persyaratan untuk pernikahan. Adapun berkas yang dimaksud di antaranya persyaratan pernikahan yang dikeluarkan oleh masing-masing kelurahan tempat domisili calon pengantin.

"Alhamdulillah semua berkas-berkas pernikahan beliau, Ibu Idayati sudah lengkap sehingga tinggal pelaksanaan akad pernikahan pada tanggal 26 Mei 2022. Jadi sudah ready semuanya, tinggal pelaksanaannya," ujar dia di Solo, Rabu 11 Mei 2022.

Selain itu ditegaskan Arbain, Presiden Jokowi lah yang akan menjadi wali nikah sang adik. Pasalnya, ayahanda dari Idayati telah meninggal dunia sehingga digantikan oleh saudara kandung laki-lakinya, yakni Presiden Jokowi.

"Untuk yang menjadi wali karena Ibu Ida itu salah satu saudaranya Bapak Ir H Jokowi jadi selaku wali itu beliau," ujar Arbain.

Karena seperti diketahui Jokowi merupakan satu-satunya putra lelaki dari pasangan Notomiharjo dan Sujiatmi Notomiharjo. Mantan Wali Kota Solo itu juga memiliki tiga adik kandung yang semuanya perempuan.

Berikut 3 fakta mengenai persiapan pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati dengan Ketua MK Anwar Usman dihimpun Liputan6.com:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Berkas Pernikahan Sudah Lengkap dan Diserahkan ke KUA

Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari, Solo menyatakan semua berkas pernikahan adik Jokowi, Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman telah lengkap. Semua berkas pernikahan tersebut telah diserahkan ke KUA Banjarsari pada Senin 9 Mei 2022.

Ketua KUA Banjarsari Arbain Basyar mengungkapkan kedua calon mempelai telah melengkapi semua berkas persyaratan untuk pernikahan.

Adapun berkas yang dimaksud di antaranya persyaratan pernikahan yang dikeluarkan oleh masing-masing kelurahan tempat domisili calon pengantin.

"Alhamdulillah semua berkas-berkas pernikahan beliau, Ibu Idayati sudah lengkap sehingga tinggal pelaksanaan akad pernikahan pada tanggal 26 Mei 2022. Jadi sudah ready semuanya, tinggal pelaksanaannya," ujar dia di Solo, Rabu 11 Mei 2022.

Arbain mengatakan berkas persyaratan penikahan adik Presiden Jokowi dan Ketua MK itu tidak diserahkan langsung oleh calon mempelai tetapi melalui utusan keluarga besar Presiden Jokowi. Berkas tersebut diserahkan ke KUA Banjarsari pada hari pertama masuk kerja setelah libur Lebaran.

"Diserahkan habis Lebaran kemarin tanggal 9 Mei. Semua berkas persyaratan telah diserahkan. Sedangkan, yang membawa ini biasa utusannya," ucap Arbain.

 

3 dari 4 halaman

2. Acara Nikah di Graha Saba Buana, Jokowi Jadi Wali Nikah

Terkait lokasi pernikahan Idayat dan Ketua MK Anwar Usman, Arbain mengungkapkan bakal dilaksanakan di gedung pernikahan milik keluarga Presiden Jokowi, Graha Sabha Buana yang terletak di Jalan Letjen Suprapto, Sumber, Banjarsari, Solo pada Kamis 26 Mei 2022. Sedangkan akad pernikahan akan digelar pada Kamis pagi di tempat yang sama.

"Insya Allah nanti pelaksanaannya di Graha Sabha. Untuk jamnya ya jam 09.00 WIB," dia menyebutkan.

Arbain memastikan Presiden Jokowi yang bakal menjadi wali dalam pernikahan adik Jokowi, Idayati dengan Ketua MK Anwar Usman. Pasalnya, ayahanda dari Idayati telah meninggal dunia sehingga digantikan oleh saudara laki-lakinya, yakni Presiden Jokowi.

"Untuk yang menjadi wali karena Ibu Ida itu salah satu saudaranya Bapak Ir H Jokowi jadi selaku wali itu beliau," ujar Arbain.

Seperti diketahui Jokowi merupakan satu-satunya putra lelaki dari pasangan Notomiharjo dan Sujiatmi Notomiharjo. Mantan Wali Kota Solo itu juga memiliki tiga adik kandung yang semuanya perempuan. Adapun nama adik-adiknya, yakni Iit Sriyantini, Idayati, dan Titik Ritawati.

 

4 dari 4 halaman

3. Akan Dinikahkan Penghulu Langganan Keluarga Presiden Jokowi

Menurut Arbain, dirinya bakal melaksanakan tugasnya sebagai penghulu saat akad pernikahan adik Jokowi, Idayati dengan Anwar Usman.

Penghulu tersebut ternyata bukan sembarang penghulu karena sudah menjadi "langganan" keluarga Presiden Jokowi.

Arbain mengaku bakal bertugas sebagai penghulu pada saat akad nikah Idayati adik Jokowi dengan Ketua MK Anwar Usman yang akan digelar di Graha Saba Buana pada Kamis 26 Mei 2022 mendatang. Ia pun sangat bersyukur karena akan menjalankan tugasnya sebagai penghulu langsung di hadapan Presiden Jokowi.

"Insya Allah, Insya Allah (saya yang menjadi penghulunya)," kata Arbain semringah.

Menjadi penghulu di depan Presiden Jokowi yang nanti bakal menjadi wali nikah, ia merasa biasa saja dan tidak ada persiapan khusus. Pasalnya, tugas menikahkan pasangan telah menjadi pekerjaan sehari-harinya sehingga sudah menjadi pekerjaan rutinnya.

"Oh, enggak ada, biasa saja. Ini sudah biasa untuk pelaksanaan acara-acara pernikahan itu," dia menegaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.