Sukses

KPU Rentan Digugat, Menko Polhukam: Harus Tegas dan Hati-Hati

Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan, pemerintah siap mendukung seluruh kebutuhan KPU dalam menyelenggarakan Pemilu 2024, termasuk di antaranya soal peraturan dan dana.

Liputan6.com, Jakarta - Menko Polhukam Mahfud MD berpendapat bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) rentan digugat oleh peserta pemilu. Oleh karena itu, Mahfud mengingatkan komisioner dan pegawai KPU agar berhati-hati ketika bertugas.

"Saya katakan kepada (komisioner) KPU hati-hati, apa pun yang Anda lakukan pasti ada yang menggugat. Saya katakan KPU harus firm (tegas, red.) dan bekerja dengan tanggung jawab," ujar Mahfud MD setelah menerima kunjungan ketua dan komisioner KPU di Kantor Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) di Jakarta, Rabu (11/5/2022), seperti dilansir Antara.

Dia menegaskan, pemerintah siap mendukung seluruh kebutuhan KPU dalam menyelenggarakan Pemilu 2024, termasuk di antaranya soal peraturan dan dana.

"Kalau perlu fasilitas-fasilitas administrasi termasuk aturan yang perlu dikeluarkan oleh pemerintah nanti kita fasilitasi. Keuangan dan sebagainya kan tentu harus lewat pemerintah, nanti kita perlancar semuanya itu," jelas Mahfud sebagaimana disiarkan kanal YouTube Kemenko Polhukam.

Lalu, Mahfud juga membahas soal tahapan Pemilu 2024 yang dimulai pada 14 Juni 2022. Dia menambahkan, tahapan pemilu itu sudah sesuai dengan undang-undang.

"Dari pertemuan tadi ada beberapa hal yang dipastikan. Jadi, kalau sudah jalan itu sulit untuk ditarik lagi, 14 Juni itu sebentar lagi, satu bulan lagi kira-kira akan dimulai," ucap Mahfud.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Laporan Persiapan KPU

Sementara itu, Ketua KPU Hasyim Asy'ari, mengatakan, lembaganya bertemu dengan Mahfud MD untuk berkonsultasi dan bersilaturahmi. Menko Polhukam sendiri membawahi sejumlah kementerian dan lembaga yang terkait secara langsung dan tidak langsung dengan penyelenggaraan pemilu dan pemilihan kepala daerah (pilkada).

"Kami silaturahim ke sejumlah menteri yang berkaitan dengan Pemilu yang di bawah koordinasi beliau (Menko Polhukam, red.) dalam rangka untuk memberikan dukungan kepada KPU khususnya kepada penyelenggara Pemilu dan Pilkada 2024 supaya Pemilu bisa berjalan dengan tepat waktu, kemudian berjalan secara demokratis dan integritas," kata Hasyim.

Laporan mengenai persiapan dan sejumlah langkah antisipasi pelaksanaan pemilu dan pilkada juga disampaikan Ketua KPU dalam pertemuan dengan Mahfud MD.

Sumber: Antara

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.