Sukses

Panitia Klaim Sirkuit Formula E Jakarta Punya Keunggulan Dibandingkan Negara Lain

Sirkuit Formula E di Ancol memiliki attack mode yang memungkinkan terjadinya overtake atau menyalip. Manuver overtake ini menurut Irawan, tidak mudah dilakukan oleh pebalap.

Liputan6.com, Jakarta - Vice President Infrastructure and General Affairs Organizing Committee Formula E, Irawan Sucahyono mengklaim desain sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara berbeda dengan desain di negara-negara lain.

Letak perbedaan sirkuit di Ancol yaitu memiliki attack mode yang memungkinkan terjadinya overtake atau menyalip. Manuver overtake ini menurut Irawan, tidak mudah dilakukan oleh pembalap.

"Kalau pembalap masuk ke Attack Mode, dia akan dapat tenaga tambahan sehingga akan terjadi overtaking. Tapi overtake tak bisa terjadi jika mobil di depan pembalap ada di racing line yang benar," kata Irawan, Rabu (11/5/2022).

Menurut Irawan, hal itulah yang membuat sirkuit Formula E di Ancol menjadi andalan dan berbeda dengan sirkuit di negara-negara lain.

“Balapan ini untuk tontonan. Bagaimana agar tontonan ini menarik? Harus ada banyak overtake, harus ada banyak kompetisi di antara pembalap,” katanya.

Dia menambahkan, karena bentuk sirkuit di Ancol memungkinkan adanya overtaking, maka acara balap dipastikan akan menarik sekali.

Irawan bahkan mengatakan desain sirkuit Formula E di Jakarta sulit diikuti oleh negara lain.

“Karena geometri jalan yang mereka (negara lain) pakai tidak memungkinkan membuat dimensi yang lebih besar pada saat mau masuk tikungan. Biasanya kalau overtake kan dapatnya selalu di trek lurus agak panjang. Nah, di sini kita melibatkan banyak sekali posisi-posisi itu," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tiket Sudah Bisa Dibeli

Masyarakat yang hendak menyaksikan langsung balapan Formula E 2022 di Jakarta sudah bisa membeli tiketnya mulai hari ini (1/5/2022).

Panitia penyelenggara mengumumkan bahwa pembelian tiket Formula E 2022 Jakarta bisa dilakukan lewat situs jakartaeprix.goersapp.com.

Terdapat empat kategori tiket Formula E yang disediakan panitia untuk penonton. Harga tiket Formula E tersebut juga tergantung pada masing-masing kategori.

Berdasarkan situs jakartaeprix.goersapp.com, kategori VIP dan VVIP dengan sub kategori Jakarta Royal Suite 1 A harga tiket mencapai Rp10 juta. Nilai itu mencakup hiburan, makanan dan minuman bintang 5 yang ditawarkan oleh Hotel Borobudur, dua kali coffee break, prasmanan makan siang dan makan malam.

Pembeli Tiket kategori VVIP juga memperoleh keuntungan dengan mendapatkan pemandangan padang rumput lounge ambiens dengan suite lremium ber-ac, tersedia tempat duduk khusus, akses Allianz E-Village, melihat area sirkuit secara langsung, layar LED.

Selain itu, bisa mendapatkan akses Ancol Festival, Dufan, pantai festival-festival rekreasi Ancol kecuali faunaland dan gondola, tempat penurunan VIP khusus di gerbang Ancol. Tidak termasuk akses ke lokasi terlarang dan zona yang tidak termasuk di tiket. 

Kemudian untuk sub kategori Jakarta Deluxe Suite 1B seharga Rp7,5 juta dengan fasilitas hiburan, makanan dan minuman bintang 4 yang ditawarkan oleh Hotel Borobudur, dua kali coffee break, prasmanan makan siang dan makan malam. Tempat penurunan khusus di pintu masuk JIExpo, untuk mobil pribadi tempat parkir khusus VIP di JIExpo, shuttle khusus dari parkir area JIExpo ke lokasi sirkuit.

Sementara untuk tiket Formula E Jakarta seharga Rp3 juta merupakan sub kategori Segarra Suite 1C, dengan fasilitas makanan dan minuman di outdoor area dengan pemandangan pantai, dua kali coffee break.

Jimbaran Suite 1D juga bisa didapat dengan harga Rp3 juta. fasilitas yang diberikan yakni hiburan, fasilitas makanan dan minuman di outdoor area dengan pemandangan pantai, 2 kali coffee break. 

3 dari 3 halaman

Termasuk Wahana Ancol

Vice President Communication Organizing Committee Jakarta E-Prix Iman Syafei memastikan, harga tiket Formula E sudah termasuk wahana yang ada di seluruh kawasan Ancol.

"Tiket semua kelas sudah termasuk semua wahana Ancol, kecuali Faunaland dan Gondola," kata Iman, Selasa (10/5/2022).

Namun, Iman belum bisa menyampaikan jumlah tiket yang sudah terjual. Dia memastikan pembangunan trek dan kelengkapan pemasangan grandstand dan jembatan penyeberangan terus dikerjakan.

"Pembangunan dan persiapan masih on the track, kelengkapan seperti grandstand dan jembatan penyeberangan masih proses pemasangan. Infrastruktur pendukung lain juga masih terus dirapikan," ucap Imam.

Panitia penyelenggara telah menjual tiket Formula E pada Minggu 1 Mei 2022. Warga dapat melakukan pembelian tiket melalui situs jakartaeprix.goersapp.com.

Berdasarkan situs tersebut ada empat kategori yang disediakan panitia. Harga tiket tergantung dengan masing-masing kategori.

Untuk kategori VIP dan VVIP dengan sub kategori Jakarta Royal Suite 1 A harga tiket sebesar Rp 10 juta. Nilai ini mencakup hiburan, makanan dan minuman bintang 5 yang ditawarkan oleh Hotel Borobudur, dua kali coffee break, prasmanan makan siang dan makan malam.

Pengunjung yang membeli tiket ini juga mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan pemandangan padang rumput lounge ambiens dengan suite lremium ber-AC, tersedia tempat duduk khusus, akses Allianz E-Village, melihat area sirkuit secara langsung, layar LED, mendapatkan akses Ancol Festival, Dufan, pantai festival-festival rekreasi Ancol kecuali faunaland dan gondola, tempat penurunan VIP khusus di gerbang Ancol. Tidak termasuk akses ke lokasi terlarang dan zona yang tidak termasuk di tiket.

Reporter: Yunita Amalia/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.