Sukses

Dirlantas Polda Metro Jaya Cek Kesiapan Street Race di Meikarta

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengecek kesiapan trek untuk dijadikan arena balapan. Adapun, Street Race Polda Metro Jaya dihelat pada Juni 2022 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengecek kesiapan trek untuk dijadikan arena balapan. Adapun, Street Race Polda Metro Jaya dihelat pada Juni 2022 mendatang.

Kali ini, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Sambodo Purnomo Yogo menyebut, memanfaatkan fasilitas yang tersedia di Meikarta.

"Street Race Meikarta akan dilaksanakan Juni setelah formula E di Meikarta," kata dia dalam keterangan, Rabu (11/5/2022).

Sambodo mengatakan, ia bersama tim akan bertolak ke Meikarta guna melihat lokasi. Sambodo mengatakan, secara umum kondisi Meikarta sangat mendukung untuk mengadakan event-event skala besar.

"Hari ini saya dan tim akan meninjau ulang Meikarta. Tapi secara umum kondisi baik. Karena itu kami akan buat gebyar lebih besar dan digabungkan dengan festival seni dan musik dan sebagainya," ujar dia.

Sambodo menerangkan, pihaknya akan mempertimbangkan dimasukkan kategori mobil pada ajang Street Race Polda Metro Jaya kali ini. Namun, keputusan tergantung hasil kajian pada saat survei nanti.

"Kita lihat apakah dengan kondisi Meikarta memungkinkan atau tidak. Kita lihat dari survey nanti," ujar dia.

Street Race yang dicetuskan Polda Metro Jaya untuk minimalisir balapan jalanan. Karena itu dalam ajang ini tidak ada sang juara.

"Kami sediakan lahan wadah untuk adu kecepatan di lokasi," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Street Race Polda Metro Jaya di BSD Akan Diikuti 657 Pembalap Liar

Polda Metro Jaya bakal menggelar street race atau balap jalanan di Jalan Grand Boulevard, Bumi Damai Serpong (BSD), Tangerang Selatan (Tangsel). Street Race BSD akan digelar mulai tanggal 22 hingga 24 April 2022.

Pantauan di lapangan sehari jelang pelaksanaan Street Race BSD, jajaran Polda Metro Jaya melakukan pemantauan terakhir pada lintasan balap yang akan digunakan oleh sekitar 600 pembalap liar.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, total ada 657 pembalap liar yang akan adu kecepatan di ajang Street Race BSD.

"Sampai hari ini sudah sekitar 657 pembalap yang ikut hadir dalam sreet race. Jadi memang dibatasi satu hari hanya untuk 300 pembalap," kata Sambodo di lokasi Street Race BSD, Tangerang Selatan, Kamis (21/4/2022).

Berbeda dari gelaran balap jalanan sebelumnya yang diadakan di Ancol, Jakarta Utara, Street Race BSD kali ini akan diselenggarakan selama tiga hari. Bukan hanya melibatkan kendaraan roda dua, mobil bermesin besar juga akan adu kecepatan di BSD.

"Kenapa mobil dilibatkan? ini karena memang ada desakan keinginan komunitas balap mobil juga ikut berpatisilasi ajang street race," ujar Sambodo.

Sebagai informasi, sebanyak 300 pembalap akan berlaga pada hari pertama Street Race BSD. Kemudian 300 pembalap lainnya akan berlaga di hari kedua. Hari pertama dan kedua hanya digelar untuk kelas motor yang terbagi dalam sembilan kelas.

"Kemudian hari terakhir untuk mobil dan motor gede yang biasa sanmori (sunday morning ride)," kata Sambodo.

3 dari 3 halaman

Digelar pada Waktu Ngabuburit

Sementara itu, Rifat Sungkar yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum IMI Mobilitas mengatakan, pembalap motor dan mobil juga akan dibagi dari beberapa klasemen. Untuk motor mulai dari kelas 2 tak, 4 tak, bebek, motor sanmori dan lain sebagainya.

Kemudian untuk mobil dibagi menjadi empat klasemen mulai dari 1.300cc, 1.500cc, 2.000cc, sampai 3.000cc.

"Di kelas 2 tak dibagi 2 kelas, 4 tak dibagi 2 kelas, kemudian hari selanjutnya fokus kepada para pembalap sanmori, karena ini kelas motor yang biasa di jalan yang biasa ikutan sanmori kelas rileks kita bagi juga," papar Rifat.

Ada juga scooter 150cc dan 250cc, plus moge di atas 400cc. Dia juga menjelaskan, bahwa Street Race BSD akan diselenggarakan mulai pukul 14.00 WIB sampai 17.30 WIB atau waktu ngabuburit menjelang azan Maghrib.

Maka dari itu, pesta rakyat yang menghadirkan berbagai makanan juga akan disuguhkan untuk pembalap dan masyarakat.

"Bukan hanya balapan saja, tapi ada pesta rakyat di sini. Karena kita tahu ini lagi bulan puasa karena berakhir menjelang Maghrib, jadi ada berbuka puasa juga," kata Rifat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.