Sukses

Polisi Panggil Porserosi Terkait Viralnya Pemain Sepatu Roda Ugal-ugalan

Polisi akan memanggil Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) Provinsi DKI Jakarta. Pemanggilan tersebut buntut viralnya video pemain sepatu roda yang ugal-ugalan di jalan raya.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi akan memanggil Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) Provinsi DKI Jakarta. Pemanggilan tersebut buntut viralnya video pemain sepatu roda yang ugal-ugalan di ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menerangkan, pihaknya telah mengantongi komunitas pemain sepatu roda yang terekam kamera melintas di jalan raya protokol. Mereka diminta hadir ke Subdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya pada Selasa, 10 Mei 2022.

"Polda Metro Jaya akan panggil komunitas tersebut pada Selasa di Subdit Gakkum," kata dia di Polda Metro Jaya, Senin (9/5/2022).

Zulpan mengatakan, pihaknya hendak memberikan pemahaman aturan berlalu lintas kepada pemain sepatu roda supaya kejadian serupa tak terulang lagi di kemudian hari.

"Untuk memberikan edukasi terkait kegiatan yang bahayakan keselamatan diri mereka dan orang lain ke depan diharapkan tidak terulang lagi," ujar dia.

Zulpan menyampaikan, tindakan pemain sepatu tidak dibenarkan dan melanggar Undang-Undang Nomer 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Hal ini tentu tidak dibenarkan sesuai UULAJ bahwa jalan raya tidak diperuntukan untuk sepatu roda tapi hanya untuk kendaraan roda empat atau roda dua atau lebih yang digerakan mesin," terang dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sekelompok Warga Bermain Sepatu Roda di Jalan Raya, Wagub DKI: Arogan

Keluhan warga tentang adanya sekelompok orang yang bermain sepatu roda di tengah jalan raya Jakarta, mendapat tanggapan dari Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

Menurut Wagub DKI, warga yang bermain sepatu roda di jalan raya memperlihatkan sikap arogan. Sebab, kegiatan itu mengganggu keselamatan diri dan orang lain.

"Arogansi di jalan merugikan diri dan banyak orang," ucap Wagub Riza Patria melalui akun Twitter @ArizaPatria di Jakarta, Senin (9/5/2022), dikutip dari Antara.

Terdapat lebih dari 10 orang bermain sepatu roda secara beriringan di tengah aktivitas lalu lintas masyarakat, pada salah satu jalan di Jakarta.

Warganet lewat akun Twitter @pativ7, sebelumnya mengunggah video beberapa pemain sepatu roda, yang melintas di tengah jalan raya pada siang hari.

Unggahan video singkat berdurasi 44 detik tersebut kemudian mendapat tanggapan dari sejumlah warganet lainnya. Warga juga meminta petugas terkait menindak pemain sepatu roda tersebut termasuk mendorong pemerintah membuat aturan baru.

"Pak Wagub @ArizaPatria mungkin bisa buat aturan baru buat kaum kelas menengah arogan supaya sepatu mereka tidak mengganggu pengguna jalan lain, membahayakan juga. Nanti kalau ketabrak ojol atau tukang starling yg lagi cari rejeki, mereka marah, orang kecil dituntut penjara lagi," ucapnya melalui Twitter @mazzini_gsp.

3 dari 3 halaman

Dishub Ingatkan Jakarta Punya Fasilitas untuk Roller Skate

Video sekelompok orang bermain sepatu roda di jalan raya sehingga menghalangi dan membahayakan pengendara kendaraan bermotor lainnya, viral di media sosial.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengingatkan warga agar berolahraga di fasilitas-fasilitas yang sudah disediakan. Dia menyebut, salah satu fasilitas olahraga untuk sepatu roda, ada di Jakarta International Roller Track Arena di Kawasan Sunter, Jakarta Utara.

"Kami persilakan mereka untuk beraktifitas roller skate di arena atau lokasi-lokasi yang memang sesuai peruntukkannya," kata Syafrin, Senin (9/5/2022).

Menurut dia, main sepatu roda di jalan raya membahayakan diri sendiri. Juga pengguna jalan lainnya.

"Pemain roller skate kami imbau untuk tidak bermain di jalan karena akan sangat membahayakan keselamatan bagi pemain roller skate juga bagi pengguna jalan lainnya," ujar Syafrin.

Sebelumnya, rombongan pemain sepatu roda terlihat tengah berselancar di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Aksi rombongan pemain sepatu roda itu direkam pengemudi mobil dalam video berdurasi 41 detik hingga viral di media sosial.

Video rombongan pemain sepatu roda itu salah satunya diunggah akun Twitter @pativ7. Dalam video itu terlihat, aksi rombongan pemain sepatu roda di lajur tengah ruas jalan raya hingga menghalangi pengguna jalan lain.

Saat itu, pengemudi mobil merah menyalip rombongan sepatu roda dari sisi sebelah kanan. Pengemudi mobil sempat menegur salah satu pemain sepatu roda. Namun, dia terlihat tak terima dan malah memarahi pengemudi mobil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.