Sukses

Lily Wahid Akan Disemayamkan di Cibubur Sebelum Dimakamkan di Tebu Ireng

Adik Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Lily Wahid meninggal dunia pada Senin (9/5/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Adik Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Lily Wahid meninggal dunia pada Senin (9/5/2022) di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta pada pukul 16.28 WIB.

Kabar berpulangnya Lily dibenarkan oleh keponakan Lily yakni Ipang Wahid. Ipang menyebut Lily akan disemayamkan di Cibubur sebelum besok dimakamkan di Tebu Ireng, Jombang.

"Telah berpulang Rahmatullah, ‎Ibu Hj Lily Khodijah Wahid binti KH A Wahid Hasyim ‎pada hari Senin, 9 Mei 2022 pukul 16:28. ‎Jenazah akan disemayamkan di West Covina Blok SH 6/31, Kota Wisata Cibubur," kata Ipang, Senin (9/5/2022).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyatakan, adik Gus Dur itu akan dimakamkan di kampung halamannya di Jombang, Jawa Timur.

"Innalillahi Wa Inna Illaihi Rojiun. Telah meninggal dunia, Ibu Lily Chadijah Wahid binti KH Abdul Wahid Hasyim hari ini Senin 9 Mei 2022," tulis Cak Imin di akun twitter @cakiminnow, Senin (9/5/2022).

"Jenazah akan dimakamkan di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang," sambung Cak Imin.

Lily adalah politikus PKB dan anggota DPR RI periode 2009-2014 dari Jawa Timur. Ia sempat menjalani perawatan intensif di RSCM sebelum dinyatakan meninggal dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Lily Wahid

Lili Chodidjah Wahid atau yang akrab dipanggil Lily Wahid ini adalah adalah adik kandung Gus Dur. Dia lahir Jombang 4 Maret 1948. 

Namanya baru mulai dikenai publik ketika mendukung kepengurusan PKB hasil Muktamar Ancol awal 2008 yang melahirkan Muhaimin Iskandar dan Lukman Edy, masing-masing sebagai ketua umum dan sekjen.

Kala itu, Lily berseberangan dengan kakaknya, Gus Dur. Karena jasanya itulah Lily Wahid selanjutnya ditempatkan sebagai Wakil Ketua Dewan Syuro DPP PKB. Dari posisi itu, Lily makin dikenal publik.

Dan pada Pemilu 2009, Lily selanjutnya melenggang ke DPR setelah memenangkan pertarungan di daerah pemilihan (Dapil) Jawa Timur II. Di DPR, ibu beranak tiga ini kritis terhadap berbagai kebijakan pemerintah yang dianggap bisa merugikan masyarakat.

Bersama politisi perempuan dari partai lain, Lily menjadi inisiator koalisi politisi perempuan di parlemen.

Saat skandal Bank Century mencuat, Lily bersama delapan anggota DPR dari lintas fraksi berinisiatif membentuk Tim Sembilan. Tim inilah yang menggagas usulan penggunaan hak angket DPR untuk mengusut kasus pengucuran dana Rp 6,7 triliun ke Bank Century.

3 dari 3 halaman

Lily Wahid Dirawat Intensif Usai Dipasang Ring Jantung

Sebelumnya, kondisi kesehatan Lily Chodidjah Wahid alias Lily Wahid menurun. Adik kandung Presiden Keempat Abdurrahman Wahid alias Gus Dur ini dirawat di rumah sakit.

Terkait kondisi kesehatan Lily yang menurun itu disampaikan ketiga anak Lily Wahid, yakni Nungki, Vivi, dan Yanti. Ketiganya menceritakan kondisi kesehatan mantan anggota Komisi I DPR RI itu melalui sebuah pesan.

"Izinkan kami berbagi kabar tentang Ibu Lily Wahid. Akhir April (2022) Ibu menjalani pemasangan stent (ring jantung) di Jakarta Heart Center, Matraman, dan Alhamdulillah telah berlangsung dengan baik. Namun setelah menjalani proses pemasangan stent tersebut, Ibu mendapatkan komplikasi sepsis," tulis Nungki dalam pesannya dikutip Liputan6.com, Jumat (6/5/2022).

Nungki mengatakan, saat ini sang ibu sudah dipindahkan ke Pusat Jantung Terpadu di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Menurut Nungki, ibunya sudah mendapatkan perawatan intensif dari tim dokter yang lebih lengkap dan kompeten.

"Alhamdulillah kondisi Ibu relatif stabil. Membutuhkan penanganan komprehensif dan kondisi psikologis yang positif agar dapat melampaui pengobatan dan pemulihan penyakit ini," kata Nungki.

Nungki juga meminta kepada para sahabat agar tak melihat langsung kondisi Lily Wahid lantaran masih pandemi Covid-19. Lagipula, menurut Nungki, sang ibu membutuhkan waktu lebih untuk istirahat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.