Sukses

Masih Tinggi, Penumpang Kereta Api dari Jakarta ke Jawa Hari Ini Capai 15.900 Orang

Jumlah penumpang kereta api dari Jakarta ke sejumlah wilayah di Jawa masih tinggi pasca-momen arus mudik Lebaran 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Arus penumpang kereta api dari Jakarta menuju sejumlah wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur masih terpantau tinggi. Hal ini terlihat dari jumlah keberangkatan kereta api (KA) di dua stasiun Jakarta.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, total keberangkatan di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat pada Senin (9/5/2022) berjumlah 36 rangkaian KA.

"Dari jumlah tersebut 8 di antaranya merupakan KA tambahan. Adapun volume penumpang berangkat sebanyak 6.300 orang atau 36 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 17.500," kata Eva dalam keterangan tertulis diterima, Senin (9/5/2022).

Sementara untuk Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, terdapat 29 KA yang beroperasi. Dari total angka tersebut, 3 di antaranya merupakan KA Tambahan.

Adapun volume penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen sebanyak 9.600 orang atau 45 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 21.500. Dengan begitu, maka total penumpang kereta api yang berangkat dari dua stasiun tersebut berjumlah 15.900 orang.

"Dari jumlah tersebut dapat dikatakan volume keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta masih cukup tinggi. Karena itu, bagi calon pengguna yang masih akan mudik pasca-Lebaran dan baru akan memesan tiket dapat melakukan pengecekan ketersediaan jadwal dan bertransaksi melalui aplikasi KAI Access," kata Eva menutup.

Sebagai informasi, total akumulatif tiket yang terjual periode 22 April 2022 hingga 9 Mei 2022 adalag 562.923 tiket. Adapun relasi yang banyak dipilih pengguna diantaranya tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung.

Puncak kepadatan volume penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen terjadi mulai tanggal 27 April 2022 sampai 1 Mei 2022. Pada kurun waktu tersebut, okupansi penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta mencapai 100 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kereta Masih Jadi Angkutan Favorit Pemudik

Pemudik masih menjadikan kereta api sebagai transportasi pilihan favorit untuk kembali ke kampung halaman pada Lebaran 2022.

Pemudik asal Surabaya, Rahayu (45), yang ditemui di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (8/5/2022), mengaku pulang ke Lampung untuk menemui sang ibu. Rahayu bersama empat anggota keluarganya berpindah-pindah transportasi termasuk kereta api.

Dia juga melakukan hal yang sama untuk kembali ke Surabaya, Jawa Timur. Dari Lampung, Rahayu naik travel, kemudian dilanjutkan dengan kapal laut. Lalu, berganti bus menuju Terminal Tanjung Priok, dan terakhir pulang ke rumah dengan kereta api.

"Jauh memang perjalanannya, putus-putus. Berangkat dari kemarin malam, tapi senang bisa ketemu keluarga dan orang tua," kata Rahayu, seperti dilansir Antara.

Rahayu menuturkan, ini merupakan perjalanan mudik pertama setelah dua tahun absen pulang ke kampung halaman di Lampung, karena pandemi COVID-19.

Rahayu berpendapat, harga tiket untuk perjalanan sekeluarga lebih murah apabila dibandingkan dengan memakai jalur transportasi udara.

3 dari 4 halaman

Mudik Naik Transportasi Campuran

Sementara itu, Khoirun (38) yang juga berasal dari Surabaya, mengatakan, ia menempuh perjalanan seperti Rahayu. Bersama ketiga anaknya, Khoirun mudik ke Lampung menggunakan bus, kereta dan kapal laut.

Awalnya, Khoirun mengaku kesulitan mencari tiket ke Lampung. Tapi, kereta menjadi opsi alternatif kendati dia mesti berpindah-pindah moda transportasi.

"Dapat tiketnya lewat kereta, akhirnya mampir Jakarta. Dari Lampung seperti biasa naik bis, dari Kalideres ke sini lewat aplikasi 'online'," ujarnya.

Setelah lima tahun tidak mudik, Khoirun akhirnya punya kesempatan memesan tiket ke kampung halaman. Dia memesan tiket kereta api secara daring atau online. Meski sempat bingung cara memesannya, tapi usai mempelajarinya jadi terbiasa.

"Sekarang mulai terbiasa, lumayan gampang, cuma awalnya saja agak bingung," ucap Khoirun.

Pada Minggu (8/5/2022), PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta mencatat terdapat 36 KA beroperasi di Stasiun Gambir. Dari jumlah tersebut delapan di antaranya merupakan KA tambahan.

Adapun volume penumpang berangkat sebanyak 11.700 atau 67 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 17.700.

Untuk Stasiun Pasar Senen terdapat 29 KA beroperasi, 3 KA di antaranya merupakan KA tambahan. Volume penumpang berangkat sebanyak 12.700 atau 60 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 21.500.

4 dari 4 halaman

543.300 Tiket Kereta Ludes Terjual Saat Arus Balik Lebaran

Sebanyak 543.300 tiket terjual untuk keberangkatan periode 22 April hingga 8 Mei 2022 arus balik Lebaran 2022. Adapun relasi yang banyak dipilih pengguna diantaranya tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung.

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, mencatat puncak kepadatan volume penumpang keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen terjadi mulai tanggal 27 April s.d 1 Mei 2022. Pada kurun waktu tersebut, okupansi penumpang KAJJ yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta mencapai 100 persen.

"Untuk hari ini, Minggu, 8 Mei 2022 di Stasiun Gambir terdapat 36 KA beroperasi, dari jumlah tersebut 8 diantaranya merupakan KA tambahan. Adapun Volume penumpang berangkat sebanyak 11.700 atau 67 persen dari total Tempat Duduk yang tersedia sebanyak 17.700," kata Eva kepada Liputan6.com, Minggu (8/5/2022).

Sementara untuk Stasiun Pasarsenen terdapat 29 KA beroperasi, 3 KA diantaranya merupakan KA Tambahan. Volume penumpang berangkat sebanyak 12.700 atau 60 persen dari total Tempat Duduk yang tersedia sebanyak 21.500.

"Dari jumlah tersebut dapat dikatakan volume keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta masih cukup tinggi," ujarnya.

Bagi calon pengguna yang masih akan mudik pasca Lebaran dan baru akan memesan tiket, dapat melakukan pengecekan ketersediaan jadwal dan bertransaksi melalui aplikasi KAI Access.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.