Sukses

Antisipasi Pemudik Pulang Dini Hari, Terminal Kampung Rambutan Siapkan Andini

Kepala Terminal Kampung Rambutan, Jaktim telah mengantisipasi pemudik yang tiba pada malam hari maupun dini hari.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Terminal Kampung Rambutan, Jaktim telah mengantisipasi pemudik yang tiba pada malam hari maupun dini hari.

Angkutan khusus yang diberinama Andini atau angkutan dini hari disiapkan sejak arus balik yang mulai meningkat pada H+1 Lebaran 2022.

Komandan Regu Terminal Kampung Rambutan Mulyono menerangkan, pihaknya terus berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi pemudik yang kembali ke Jakarta dan sekitarnya melalui Terminal Kampung Rambutan terutama pada dini hari.

Mulyono mengatakan, petugas di lapangan selalu berkoordinasi dengan operator Transjakarta, Jak Lingko dan armada angkutan dalam kota agar pemudik bisa mendapatkan akses pulang ke kediaman masing-masing.

"Jadi yang antisipasi penumpang yang tiba di Terminal Kampung Rambutan pada dini hari, kami kordinasi supaya yang tiba bisa terlayani," kata dia di Terminal Kampung Rambutan, Senin (9/5/2022).

Mulyono mengatakan, arus balik mulai terlihat sejak H+1 Lebaran 2022. Hingga kini, penumpang yang tiba di Kampung Rambutan masih didominasi pemudik.

Merujuk pada data yang dihimpun dari pukul 14.00 WIB, Minggu (8/5/2022) sampai Senin, (9/5/2022) pukul 07.00 WIB setidaknya 9.037 pemudik kembali ke Jakarta melalui Terminal Kampung Rambutan.

"Saya belum bisa memprediksi apakah itu punya atau tidak. Tapi sampai sekarang masih banyak saudara yang tiba. Mayoritas penumpang dari beberapa kota di Jawa Barat disamping Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sumatera," ujar dia.

Mulyono memastikan situasi di Terminal Kampung Rambutan sampai saat ini masih kondusif. Pengamanan mendapat dukungan dari aparat TNI, Polri, Satpol PP dan Damkar.

"Untuk keamanan alhamdulillah sampai saat ini sangat kondusif," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Petugas Terminal Kampung Rambutan Siaga 24 Jam

Kepala Terminal Kampung Rambutan, Yulza Ramadhoni, mengatakan puluhan petugas akan bersiaga selama 24 jam sebagai langkah antisipasi lonjakan arus balik Lebaran yang diprediksi puncaknya terjadi pada Sabtu (7/5).

"Setiap harinya sekitar 60 personel gabungan dari Kepolisian, Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta akan bertugas," kata Yulza kepada Antara.

Jumlah pemudik yang kembali ke Jakarta melalui Terminal Kampung Rambutan terus mengalami peningkatan sejak 4 Mei atau H+1. Puncaknya pun diprediksi terjadi pada Sabtu (7/5) atau H+4 Lebaran.

Dari data yang dihimpun, kata Yulza, pada 4 Mei ada 3.862 penumpang yang tiba Terminal Kampung Rambutan dengan menggunakan 326 bus.

Satu hari kemudian, jumlah tersebut bertambah menjadi 5.272 penumpang dengan menggunakan 5.272 bus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.