Sukses

Viral Main Sepatu Roda di Jalan, Dishub Ingatkan Jakarta Punya Fasilitas untuk Roller Skate

Video sekelompok orang bermain sepatu roda di jalan raya sehingga menghalangi dan membahayakan pengendara kendaraan bermotor lainnya, viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Video sekelompok orang bermain sepatu roda di jalan raya sehingga menghalangi dan membahayakan pengendara kendaraan bermotor lainnya, viral di media sosial.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengingatkan warga agar berolahraga di fasilitas-fasilitas yang sudah disediakan. Dia menyebut, salah satu fasilitas olahraga untuk sepatu roda, ada di Jakarta International Roller Track Arena di Kawasan Sunter, Jakarta Utara.

"Kami persilakan mereka untuk beraktifitas roller skate di arena atau lokasi-lokasi yang memang sesuai peruntukkannya," kata Syafrin, Senin (9/5/2022).

Menurut dia, main sepatu roda di jalan raya membahayakan diri sendiri. Juga pengguna jalan lainnya.

"Pemain roller skate kami imbau untuk tidak bermain di jalan karena akan sangat membahayakan keselamatan bagi pemain roller skate juga bagi pengguna jalan lainnya," ujar Syafrin.

Sebelumnya, rombongan pemain sepatu roda terlihat tengah berselancar di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Aksi rombongan pemain sepatu roda itu direkam pengemudi mobil dalam video berdurasi 41 detik hingga viral di media sosial.

Video rombongan pemain sepatu roda itu salah satunya diunggah akun Twitter @pativ7. Dalam video itu terlihat, aksi rombongan pemain sepatu roda di lajur tengah ruas jalan raya hingga menghalangi pengguna jalan lain.

Saat itu, pengemudi mobil merah menyalip rombongan sepatu roda dari sisi sebelah kanan. Pengemudi mobil sempat menegur salah satu pemain sepatu roda. Namun, dia terlihat tak terima dan malah memarahi pengemudi mobil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langgar Aturan

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan menyebut, pemain sepatu roda telah melanggar aturan. Menurut dia, jalur yang dilalui tak diperuntukkan bagi pemain sepeda roda.

"Itu tentu tidak boleh dilakukan di tengah jalan seperti itu karena bukan track buat sepatu roda. Tentu akan mengganggu pengguna jalan yg lain, selain itu berbahaya bagi keselamatan para pelaku sepatu roda tersebut," kata dia dalam keterangan tertulis, Minggu (8/5/2022).

Zulpan menyampaikan, pihaknya akan mengusut terkait viralnya video tersebut. Dalam hal ini, bakal mencari pemain sepatu roda yang terekam kamera bermain di ruas jalan Gatot Subroto. 

Zulpan menyebut, mereka akan diberikan sanksi berupa teguran.

"Kami menegur dan menertibkannya. Ya (sanksi lain) bila mereka mengulangi lagi perbuatan yang sama. Tapi kita kedepankan tindakan persuasif dengan teguran saja dulu," tandas dia.

3 dari 3 halaman

Arogan

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berterima kasih kepada warga yang telah mengirimkan video tersebut. Dia berjanji akan menindak gerombolan orang yang bermain roller skate di jalan raya.

"Kami tindak lanjuti," kata Riza dikutip dari akun Twitter resmi miliknya.

Riza menyayangkan peristiwa itu terjadi saat Pemprov DKI telah memiliki tempat untuk bermain sepatu roda. Dia mengatakan arogansi di jalan raya tak hanya dapat merugikan diri sendiri tapi juga banyak orang.

"Fasilitas umum harus sesuai peruntukkan dan ketentuan. Sudah ada tempat bersepatu roda. Arogansi di jalan merugikan diri dan banyak orang," ungkap Riza.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.