Sukses

Polisi Pastikan Lalu Lintas di Tol Lancar Sebelum Hentikan Rekayasa Lalin Arus Mudik-Balik

Skema rekayasa lalu lintas di ruas tol resmi dihentikan terhitung mulai Senin (9/5/2022) dini hari. Polisi menyebut, situasi arus lalu lintas telah kembali normal.

Liputan6.com, Jakarta Skema rekayasa lalu lintas (lalin) di ruas tol selama arus mudik dan balik resmi dihentikan terhitung mulai Senin (9/5/2022) dini hari. Polisi menyebut, situasi arus lalu lintas telah kembali normal.

"Analisa dan evaluasi dari hasil pengamatan melalui peta digital dan CCTV serta laporan dari anggota di lapangan bahwa arus lalin telah berkurang dan pada posisi normal harian," kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Firman Shantyabudi, dalam keterangan tertulisnya soal penghentian rekayasa lalin, Senin (9/5/2022).

Firman menerangkan, pemudik yang kembali ke Jakarta melalui ruas jalan tol semakin berkurang jumlahnya.

Oleh karena itu, pada hari ini Senin 9 Mei 2022 pukul 00.30 WIB, pelaksanaan rekayasa lalu lintas Lebaran 2022 dinyatakan selesai.

Pihaknya kemudikan melakukan proses normalisasi pada pukul 00.30 WIB sampai 02.30 WIB guna memastikan jalur dan rest area dalam keadaan aman.

"Setelah itu tepat pukul 02.30 bahwa pelaksanaan one way dinyatakan selesai dan arus dibuka untuk kedua arah," terang dia.

Sementara itu, Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Gatot Repli Handoko melaporkan pada pukul 07.00 WIB arus lalu lintas di ruas tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 47 tol Cikampek Arah Jakarta dan Jawa ramai lancar.

"Arus lalu lintas ramai lancar," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ganjil Genap dan One Way Dihentikan

Sebelumnya, Korlantas Polri mengakhiri rekayasa lalu lintas one way dan ganjil genap saat arus balik mudik lebaran 2022 dari Tol Kalikangkung sampai Tol Jakarta-Cikampek.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Firman Shantyabudi, menjelasakan pertimbangannya yakni situasi arus lalu lintas yang sudah mulai lancar.

"Kami melaporkan kepada pimpinan bahwa kami akan menyelesaikan menutup penerapan ganjil-genap yang sudah kami terapkan sejak tanggal 5, kemudian diperpanjang sampai dengan tanggal 6," kata Firman dalam keterangan tertulis, Senin (9/5/2022).

"Ini juga sekaligus menandakan bahwa jam 00.30 WIB tadi pagi, kami memastikan dengan rombongan menyisir jalan dari arah Jakarta menuju KM 70 ini, kantor yang juga penuh sejarah tempat kami terus berkoordinasi selama ini dari jam ke jam memantau melayani masyarakat yang akan balik," sambung dia.

 

3 dari 3 halaman

Evaluasi

Firman mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat selama arus mudik dan balik. Menurut dia, peran aktif masyarakat membuat sukses pelaksanaan arus mudik dan arus balik Lebaran 2022.

"Sebagai indikator bahwa suksesnya operasi ini juga adalah karena peran serta seluruh masyarakat yang terus memberikan masukan kepada kami selama melayani kegiatan operasi ini," ujarnya.

Menurut Firman, selama operasi ini, pihaknya berupaya bekerja maksimal. Selain itu, Polri akan terus melakukan evaluasi jika ada hal yang kurang terkait pelaksanaan pengamanan mudik lebaran tahun ini.

"Alhamdulillah seluruhnya bisa kita selesaikan dengan baik. Tentunya masih ada catatan-catatan yang akan kita jadikan bahan evaluasi ke depan," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.