Sukses

Polisi Bubarkan Pengunjung Wisata di Depok Usai Insiden Balita Tenggelam di Kolam Renang

Polsek Bojongsari, Depok memasang garis polisi pascabalita berinisial MI (4) tenggelam di kolam renang.

Liputan6.com, Jakarta - Polsek Bojongsari, Depok memasang garis polisi pascameninggalnya balita berinisial MI (4) tenggelam di kolam renang. Namun, pengelola wisata Taman Herbal Insani sempat membandel dengan menerima pengunjung untuk berwisata.

Kapolsek Bojongsari Kompol Muhammad Syahroni membenarkan pihak pengelola Taman Herbal Insani menerima pengunjung. Padahal pihaknya masih melakukan penyelidikan dan telah memberikan garis polisi di lokasi wisata tersebut.

"Iya betul ada pengunjung, makanya saya langsung bubarkan. Berani bandel saya akan tindak tegas demi tegaknya hukum," ujar Syahroni, Minggu (8/5/2022).

Syahroni menegaskan, pihak pengelola tidak diperkenankan untuk membuka area wisata atau melintas yang telah diberi garis polisi. Menurutnya, apabila hal tersebut tetap dilanggar akan ada sanksi yang diberikan.

"Iya jelas pelanggaran, police line itu dipasang oleh kami Polsek Bojongsari, kalau tetap membandel kita tindak," tegas dia.

Syahroni mengungkapkan, Polsek Bojongsari telah meminta kepada pihak pengelola untuk mempekerjakan pegawai yang telah memiliki sertifikasi lifeguard. Selain itu, pihak pengelola dapat memberikan pelatihan lifeguard kepada pegawainya yang belum memiliki sertifikasi.

"Saya minta kepada pengelola wisata air supaya lifeguardnya diberikan pelatihan, kita dari Polsek siap memberikan fasilitas atau mendatangkan pelatih," ungkap dia.

Sementara, Manager Pengembang dan Pengawas Taman Herbal Insani, Hendro mengakui sempat menerima pengunjung yang datang ke Taman Herbal Insani. Hal itu dikarenakan belum melakukan koordinasi dengan Polsek Bojongsari.

"Memang kami belum berkoordinasi dengan pihak Polsek Bojongsari, namun saat ini kami sudah berkoordinasi," kata Hendro.

Hendro menuturkan, Taman Herbal Insani telah dilakukan penutupan sementara dan tidak menerima pengunjung. Namun pihaknya belum mengetahui secara pasti untuk pembukaan kembali Taman Herbal Insani.

"Untuk sementara ini kita tutup hingga kapan kami belum tahu ya," tutup Hendro.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bocah 4 Tahun Tewas Tenggelam

Balita erinisial MI (MI) tewas akibat tenggelam saat berwisata di kolam renang Taman Herbal Insani, Bojongsari, Depok, Jawa Barat.

Kapolsek Bojongsari Kompol Muhammad Syahroni mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada Jumat 6 Mei 2022. Korban ditemukan tenggelam di kolam renang dewasa sedalam 1,2 meter.

"Korban dinyatakan meninggal yang sebelumnya sempat dilakukan pertolongan pertama dan dibawa ke rumah sakit," kata dia dalam keterangannya, Minggu (8/5/2022).

Syahroni menjelaskan, Polsek Bojongsari telah memberikan garis polisi di lokasi wisata Taman Herbal Insani. Selain itu, delapan pegawai lifeguard dilakukan pemanggilan untuk dimintai keterangan.

"Delapan orang lifeguard kita periksa dan alangkah terkejutnya kita bahwa lifeguard tidak punya kompetensi lifeguard," kata dia.

Syahroni mengungkapkan, seharusnya sebuah wisata yang memiliki kolam renang atau wisata air, mempekerjakan lifeguard yang sudah memiliki kompetensi atau sertifikasi. Namun pada faktanya tidak ada lifeguard di lokasi wisata tersebut memiliki sertifikasi atau mengikuti pelatihan.

"Tidak ada satupun dari mereka yang memiliki sertifikasi atau pernah mengikuti pelatihan," ungkap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.